10 akhir Ramadhan menunjukkan tingkat keimanan kita, sudahkah khatam Al Qur'an ? atau Ramadhan kali inipun berlalu seperti tahun lalu..

Suara

Forum Lobi Fraksi Sepakat PT 3,5%

Jakarta, SUARA PEMBANGUNAN

Hasil lobi pimpinan fraksi terkait pembahasan RUU Pemilu sudah menemui titik terang. Namun masih ada beberapa poin yang masih mengalami kebuntuan yakni sistem penghitungan suara dan sistem pemilu.

"Kita berusaha keras untuk tidak voting, tapi masih ada satu lagi mengenai konversi suara, itu masalah webster dan kuota," ujar Wakil Ketua DPR dari Fraksi PKS, Anis Matta di usai forum lobby pimpinan fraksi, di Gedung DPR, Senayan, Rabu (11/4/2012).

Anis mengatakan, PKS sendiri berharap nantinya dalam pengambilan keputusan di paripurna DPR seluruh anggota menyepakati poin-poin krusial tadi. Sehingga sistem pengambilan keputusan secara voting bisa dihindari.

Lebih lanjut, Anis mengatakan, dalam hasil forum lobi pimpinan fraksi, sudah menemui kesepakatan mengenai beberapa poin, namun hal itu masih belum tuntas diselesaikan dan akan dilempar pada sidang paripurna malam ini.

"Hasil rapat lobi Sementara, Setuju terbuka untuk sistem Pemilu, 3,5 persen hanya tinggal webster dan kuota yang bakal mau disatukan lagi. PDIP dan PKS mau tertutup. Golkar sudah mau PT 3,5 persen," jelasnya.

Sumber : inilah.com
Posting : This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it

Sidang Paripurna : RUU PKS Sah Jadi UU

Jakarta, SUARA PEMBANGUNAN

Rancangan Undang-Undang Penanganan Konflik Sosial (RUU PKS) akhirnya disahkan oleh DPR menjadi Undang-Undang (UU).

Penetapan RUU PKS menjadi UU ini telah melalui perjalan yang panjang. Sebab, sebelumnya RUU PKS ini harus batal disahkan setelah banyaknya kontroversi. Yang menjadi perdebatan sebelumnya adalah pelibatan TNI yang dinilai melanggar UU No 34 tahun 2004 tentang TNI.

Selain itu, ada poin yang melibatkan pihak asing dalam penanganan konflik sosial. Setelah dikoreksi, akhirnya point tersebut dihapus. Sebelum disahkan sempat terjadi perdebatan panjang hingga akhirnya dilakukan lobi selama dua jam.

Hasilnya, diputuskan bahwa pelibatan TNI yang sebelumnya harus melalui pertimbangan forum koordinasi pimpinan daerah kabupaten atau kota dihapus. Pelibatan TNI harus berdasarkan UU No 34 tahun 2004 tentang TNI yaitu melalui persetujuan pemerintah yaitu Presiden setelah melalui DPR RI.

Pimpinan sidang, Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso menanyakan kepada anggota DPR, "Saya tanyakan kembali apakah RUU Penanganan Konflik Sosial ini bisa kita sahkan menjadi Undang-Undang?" Semua anggota setuju hingga akhirnya RUU PKS diketok dan sah menjadi UU.

Sumber : inilah.com
Posting : This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it

DPR Setujui Ratifikasi Konvensi Buruh Migran

Jakarta - SUARA PEMBANGUNAN

Komisi IX DPR menyetujui Ratifikasi Konvensi Internasional tentang Perlindungan Hak-Hak Seluruh Pekerja Migran dan Anggota Keluarganya dan melanjutkan pembahasan RUU menjadi UU.

Persetujuan tersebut disampaikan dalam rapat kerja yang dilakukan bersama Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Menteri Luar Negeri serta Menteri Hukum dan HAM di Gedung DPR, Jakarta, Senin.

"Ini merupakan bentuk nyata dari dukungan dan keberpihakan DPR RI dalam memberikan perlindungan kepada para pekerja migran Indonesia," kata Menakertrans Muhaimin Iskandar usai rapat kerja.

Diharapkan, perlindungan terhadap buruh migran dari Indonesia baik sebelum pemberangkatan, selama masa kerja hingga kembali ke Indonesia dapat meningkat dibandingkan sebelum meratifikasi "International Convention on the Protection of the Rights of All Migrant Workers and members of Their Families" tersebut.

Dalam rapat kerja yang dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi IX DPR Irgan Chairul Mahfiz dan dihadiri Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar, Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa dan Dirjen Peraturan Perundang-undangan Kementerian Hukum dan HAM, Wahiduddin Adams itu disetujui Rancangan Undang-undang tentang pengesahan Konvensi Internasional Mengenai Perlindungan Hak-hak seluruh pekerja migran dan anggota keluarganya dan selanjutnya RUU akan diajukan ke sidang paripurna DPR.

"Ratifikasi ini upaya penting dalam penggalangan dukungan internasional dalam upaya perlindungan tenaga kerja kita di luar negeri. Ratifikasi ini merupakan langkah awal tapi sangat strategis. Ini menegaskan komitmen pemerintah untuk melindungi buruh migran," ujar Menakertrans.

Sedangkan Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa menyebut, ratifikasi tersebut diperlukan dalam rangka mempertegas komitmen untuk perlindungan buruh migran termasuk pemenuhan HAM, memperkuat landasan hukum bagi perlindungan buruh migran serta memperkuat mekanisme perlindungan pekerja migran yang telah ada.

Menakertrans menyebut pihaknya akan segera menyesuaikan UU dan peraturan yang ada agar selaras dengan RUU tersebut, misalnya Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dan Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2004 tentang Penempatan dan Perlindungan TKI di Luar Negeri.

Konvensi Pekerja Migran disahkan oleh Majelis Umum PBB pada tanggal 18 Desember 1990 melalui Resolusi Nomor 45/158 yang disambut baik oleh masyarakat internasional terutama oleh negara-negara pengirim tenaga kerja migran, sebagai kerangka perlindungan internasional yang lebih solid bagi pekerja migran beserta keluarganya.

Konvensi Pekerja Migran mulai berlaku efektif tanggal 1 Juli 2003 dan telah diratifikasi oleh 20 neqara pada bulan Maret 2003 dan merupakan perjanjian dengan kekuatan hukum mengikat.

Sampai dengan tahun 2011, Konvensi tersebut telah diratifikasi oleh 45 negara sedangkan 16 negara lain termasuk Indonesia telah menandatangani, namun belum meratifikasi konvensi tersebut.

Sumber: www.antaranews.com
Posting: This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it t
Artikel Lainnya...

Follow Us

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday234
mod_vvisit_counterYesterday158
mod_vvisit_counterThis week392
mod_vvisit_counterLast week842
mod_vvisit_counterThis month2560
mod_vvisit_counterLast month3527
mod_vvisit_counterAll days1153763

We have: 60 guests online
Your IP: 23.20.162.200
 , 
Today: Nov 20, 2017