10 akhir Ramadhan menunjukkan tingkat keimanan kita, sudahkah khatam Al Qur'an ? atau Ramadhan kali inipun berlalu seperti tahun lalu..

Artikel

4 Tip Agar Tidak Bertengkar Saat Mudik

Lebaran tiba dan waktunya pulang ke kampung halaman untuk bertemu keluarga besar. Namun bagi beberapa pasangan, mudik justru bisa memulai pertengkaran suami-istri. untuk menghindari masalah-masalah yang bisa terjadi ketika pulang kampung, lihat dulu beberapa tips yang dirangkum dari The Sun berikut ini:

1. Tentukan Pulang ke Kampung Halaman Siapa
Kebanyakan pertengkaran suami istri disebabkan karena tekanan keluarga masing-masing untuk pulang ke kampung halaman. Sebelum mudik, bicarakan dari jauh-jauh hari dan putuskan terlebih dahulu kemana Anda akan pergi. Apakah kampung halaman suami atau ke tempat Anda. Berikan pula alasan logis kenapa Lebaran tahun ini harus dihabiskan disana. Jika kesepakatan sudah didapat, hubungin orangtua masing-masing jika Anda atau pasangan tidak bisa menghabiskan hari raya di sana.

2. Biaya yang Dikeluarkan
Saat hari raya apalagi di kampung halaman dengan keluarga besar, Anda akan tanpa sadar mengeluarkan uang untuk hal-hal yang kurang penting seperti pergi ke tempat wisata atau belanja. Apalagi Anda dan suami juga harus menyisihkan uang untuk keponakan-keponakan yang masih kecil. 

Banyaknya pengeluaran tak terduga tersebut dapat memicu pertengkaran sepulangnya Anda ke rumah. Untuk itu, lebih baik Anda memperkirakan pengeluaran, siapkan bujet dan jangan mengeluarkan lebih banyak lagi dari uang yang ada di dompet Anda. Hindari menggunakan kartu kredit atau ke mesin ATM agar tetap pada bujet Anda.

3. Hubungan dengan Keluarga Pasangan
Tidak bisa dipungkiri masuk ke dalam keluarga pasangan adalah hal yang tidak mudah. Untuk pasangan pengantin baru, tiga hari di kediaman keluarganya bisa terasa sangat lama jika Anda tidak pintar mengambil hati keluarga. Untuk memulai hubungan baik, Anda bisa mencoba membuka percakapan dengan bahasan ringan kepada anggota keluarganya. 

Jika Anda dalam situasi dimana mertua berselisih paham dengan Anda, lebih baik mengalah dan setuju dengan pendapatnya untuk menghindari suasana yang tidak enak selama Anda di sana. Hindari asyik sendiri dengan handphone atau gadget Anda yang lainnya untuk memberi kesan menghormati keluarga suami.

4. Waktu Berdua dengan Pasangan
Ketika sedang kumpul keluarga, waktu Anda dan suami akan tersita dengan rangkaian acara yang telah disiapkan. Apalagi jika anak tidak mau jauh-jauh dari Anda. Untuk itu, ajak anak untuk bermain dengan para sepupunya dan berikan anak-anak kesibukan dengan aktifitas permainan yang seru. Sehingga ketika malam hari, Anda dan suami mempunyai waktu berdua tanpa gangguan.

Sumber : wolipop.com

Tip Mudik Dengan Sepeda Motor

Jakarta, SUARA PEMBANGUNAN.

Tradisi pulang kampung menjelang hari raya Lebaran menjadi rutinitas tahunan masyarakat Indonesia. Tahun ini pemerintah DKI Jakarta memperkirakan jumlah pemudik dari Ibu Kota ke sejumlah tempat di Nusantara meningkat menjadi 8,3 juta orang dari 7,2 juta orang pada tahun lalu.

Yang menarik, meski jumlahnya bertambah, pemudik lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi dibanding angkutan umum. Menurut Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Udar Pristono, gejala ini sudah terlihat sejak Lebaran tahun lalu. »Tahun kemarin, banyak bus kosong karena pemudik memilih menggunakan sepeda motor.”

Tahun ini, diperkirakan jumlah pemudik yang menggunakan bus turun 9,27 persen, kereta api turun 7,48 persen, dan kapal laut melorot 19 persen bila dibandingkan dengan tahun lalu. Sebaliknya, dibanding pada 2011, jumlah pengguna mobil pribadi yang akan merayakan hari raya tahun ini naik 17,15 persen, dan sepeda motor bertambah 27,79 persen.

Khusus sepeda motor, Kementerian Perhubungan memperkirakan jumlah pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua tahun ini menjadi 2,5 juta unit dari 2,3 juta unit pada tahun lalu. Bagi pemudik dengan sepeda motor, tentu saja butuh persiapan matang dan tenaga ekstra agar selama sampai tujuan.

Menurut pembalap sepeda motor Indonesia, Doni Tata Pradita, dua hal yang perlu dipersiapkan pemudik sepeda motor. »Yaitu fisik pemudik dan motor itu sendiri,” ujarnya kepada Tempo. Apa saja yang perlu diperhatikan pemudik, berikut tips dari juara nasional Supersport 600 cc ini:

1. Perawatan

Lakukan perawatan tujuh hari sebelum mudik. Alasannya, kata Doni, sebagai langkah antisipasi apabila sepeda motor harus mengalami perbaikan lama sehingga perlu ditinggal di bengkel.

2. Wajib Ganti Oli

Pemilik sepeda motor wajib mengganti oli kendaraan. Hal ini dilakukan untuk mengoptimalkan kinerja mesin saat perjalanan jarak jauh.

3. Perhatikan Rantai

Rantai motor harus disesuaikan pada posisi yang pas, idealnya tingkat ketegangan pada posisi 5-25 milimeter. Penggantian gear dan rantai, kata Doni, harus dilakukan jika gigi gear sudah tajam dan rantai terlalu renggang.

4. Roda

Pastikan roda termasuk pelek pada kondisi prima. Ganti ban dalam dan luar sangat disarankan sebelum menempuh perjalanan jauh. Langkah ini dilakukan, kata Doni, untuk mengurangi risiko kecelakaan akibat jalan licin.

Perhatikan juga tekanan udara ban. Tekanan ideal untuk ban depan ialah 28 psi dan belakang 30 psi. Untuk jenis tekanan angin, Doni menyarankan, menggunakan yang banyak dijumpai di pinggir jalan atau bengkel. Alasannya, lebih mudah mengganti ban yang bocor atau menambah tekanan udara. Jika menggunakan nitrogen tidak semua bengkel menyediakan tekanan udara jenis ini.

4. Rem

Ganti kanvas rem untuk memaksimalkan fungsi pengereman agar risiko kecelakaan bisa diminimalkan.

5. Lampu

Cek kembali lampu depan, rem, dan sign apakah berfungsi normal atau tidak.

Jika kendaraan siap menempuh perjalanan jauh, kini giliran pemudik yang harus menyiapkan fisiknya. Kepada pemudik yang menempuh perjalanan jauh, Doni menyarankan agar beristirahat setiap empat jam selama 30 menit. »Jangan sampai dilupakan pemudik adalah surat-surat berharga, kenakan helm standar nasional, tidak ugal-ugalan, intinya safety riding,” ujarnya.

Untuk biaya perawatan sebelum menempuh perjalanan jauh, Alim, pemilik bengkel Karya Motor, di Jalan Palmerah Utara, Jakarta Selatan, mengatakan tak lebih dari Rp 100 ribu untuk servis ringan. »Itu hanya untuk membersihkan karburator, posisi rantai, dan ganti oli,” ujarnya.

Tapi untuk perawatan menyeluruh, termasuk ganti ban dan cek kondisi mesin, kata Alim, biaya sekitar Rp 500 ribu. Menurut dia, perawatan kendaraan mulai ramai tujuh hari sebelum Lebaran.

ALI NY | SYAILENDRA   Sumber : tempo.co

7 Petunjuk Untuk Membuat Sperma Super

Jakarta, SUARA PEMBANGUNAN.

Kesuburan pria dikaitkan dengan kejantanan dan seksualitas, sehingga sangat penting bagi pria untuk memiliki sperma yang tangguh dan mampu membuahi sel telur wanita. Anda perlu meningkatkan kualitas sperma dengan menjalankan pola hidup sehat.Perhatikan 7 petunjuk agar pria dapat menghasilkan sperma berkualitas super, sebagai berikut:

1. Hindari Penggunaan Obat Pencegah Rambut Rontok dan Antidepresan
Sebuah bahan aktif dalam obat-obatan pencegah rambut rontok dan antidepresan dapat mengurangi aktivitas hormon pria. FDA bahkan menyarankan kepada produsen obat-obatan tersebut agar menyertakan efek semping menyebabkan buruknya kualitas air mani pada labelnya.
Obat antidepresan, termasuk Paxil dan Prozac, juga dapat mempengaruhi kesuburan dan berpotensi merusak DNA. Hindari penggunaan obat-obatan ini agar memiliki sperma kualitas super.

2. Jangan Terlalu Sering Bersepeda
Letak testis yang menggantung adalah untuk menjaga sperma pada suhu 2,8 derajat lebih dingin dari suhu tubuh. Bersepeda dapat menekan dan membuat testis menempel ke tubuh pria. Suhu testis yang lebih panas dapat memperburuk kualitas sperma. Tekanan yang berkepanjangan dari sadel sepeda juga dapat berpotensi merusak arteri dan vena reproduksi.
Olahraga baik untuk meningkatkan kualitas sperma, tetapi pilihlah olahraga yang tidak menimbulkan tekanan pada testis. Pastika juga testis tetap dalam keadaan menggantung agar suhunya tetap stabil.

3. Batasi Waktu Berendam di Bak Mandi Air Panas
Berendam di bak mandi air panas dapat meringankan nyeri otot, mengatasi kelelahan dan meningkatkan suasana hati. Tetapi terlalu sering berendam di air panas dapat mempengaruhi produksi sperma karena suhu testis yang terlalu panas.

4. Minumlah Kopi dalam Dosis yang Rendah
Sejumlah kafein dalam dosis yang rendah bermanfaat bagi kecepatan gerak sperma, tetapi dosis kafein yang terlalu tinggi dapat berakibat sebaliknya. Selain itu, kecanduan kopi dapat meningkatkan masalah kesehatan lain yang lebih besar. Batasi konsumsi kopi agar tidak melebihi dua sampai tiga cangkir per harinya.

5. Jangan Menunda Kehamilan Terlalu Lama
Bukan hanya wanita saja yang kesulitan untuk hamil ketika usianya semakin tua, tetapi pria juga memiliki jam biologis tertentu. Kualitas sperma juga akan menurun seiring bertambahnya usia.

6. Jauhi Rokok dan Minuman Beralkohol
Alkohol dan nikotin dalam rokok adalah kombinasi pembunuh sperma yang dua kali lipat lebih berbahaya dari faktor lainnya. Nikotin juga telah terbukti dapat menurunkan jumlah produksi dan kualitas sperma berdasarkan berbagai penelitian.

7. Hindari Stres
Pria sebenarnya sama tertekannya dengan wanita atau bahkan lebih ketika dihadapkan pada tuntutan dan keinginan untuk mempunyai anak. Tetapi tuntutan tersebut dapat menjadi tekanan bagi pria dan menyebabkan stres,
Stres juga salah satu faktor yang dapat membuat kualitas sperma buruk. Atasi stres dengan membicarakan masalah ini dengan pasangan dan saling memberi semangat untuk meningkatkan percaya diri.

Artikel Lainnya...

Follow Us

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday106
mod_vvisit_counterYesterday114
mod_vvisit_counterThis week106
mod_vvisit_counterLast week842
mod_vvisit_counterThis month2274
mod_vvisit_counterLast month3527
mod_vvisit_counterAll days1153477

We have: 38 guests online
Your IP: 54.224.121.67
 , 
Today: Nov 19, 2017