10 akhir Ramadhan menunjukkan tingkat keimanan kita, sudahkah khatam Al Qur'an ? atau Ramadhan kali inipun berlalu seperti tahun lalu..

Kesehatan

9 Makanan Super untuk Wanita

Jakarta, SUARA PEMBANGUNAN.

Wanita juga membutuhkan asupan makanan yang tepat. Berikut ini beberapa jenis makanan yang sangat baik untuk kesehatan wanita.

1. Brokoli = Brokoli adalah sayuran hijau yang memberikan banyak manfaat untuk wanita, karena bisa melawan kanker, penuaan dini, serta menyehatkan kondisi jantung. Brokoli juga kaya akan vitamin C, A, serta beta-karoten, yang berfungsi untuk mencegah terbentuknya keriput pada kulit.

2. Aprikot Kering = Makanan ini bisa dijadikan sebagai kudapan sehat yang menambahkan energi, karena mengandung glukosa kompleks dari pemanis alami yang terkandung di dalamnya. Aprikot kering juga kaya akan zat besi, yang berfungsi untuk menguatkan tulang.

3. Ikan Salmon = Bila Anda bukan penganut vegetarian, konsumsilah ikan salmon. Salmon merupakan sumber asam lemak omega 3 yang berguna untuk melawan penyakit kanker, mengurangi kadar kolesterol jahat, dan mengurangi risiko serangan jantung. Salmon juga bisa mencegah penyakit kanker payudara, penyakit alzheimer dan melawan depresi.

4. Bunga Kol  = Bunga kol atau kembang kol adalah jenis sayuran hijau lain yang mengandung vitamin B1 (tiamin), B2 (riboflavin), dan B9 (asam folat), yang sangat dibutuhkan oleh wanita, khususnya wanita hamil. Sayuran ini juga mengandung banyak mineral seperti; fosforus, potasium, dan protein. Kembang kol adalah sayuran yang mudah dicerna sehingga berfungsi sebagai anti-inflamasi, dan baik untuk jantung.

5. Buah Beri  = Buah-buah seperti strawberry, blueberry, cranberry, dan raspberry, juga sangat baik untuk kesehatan perempuan. Buah-buah beri ini mengandung fitokimia yang melawan tumor. Selain itu, buah ini juga mengandung antioksidan yang berfungsi untuk mengurangi risiko kanker payudara, melawan penuaan dini, dan menambah bobot tubuh untuk yang terlalu kurus.

6. Semangka   = Kandungan sitrulin dan arginin pada semangka bermanfaat untuk melancarkan saluran kencing, menyehatkan ginjal dan melembabkan usus. Semangka juga mengandung lycopene, senyawa antioksidan pada tanaman yang terkenal mampu melawan penyakit jantung dan kanker.

7. Bayam  = Berada dalam jajaran sayuran yang kurang disukai, sebenarnya bayam kaya akan vitamin, mineral dan magnesium yang tinggi. Bila Anda sering mengalami tanda-tanda pra menstruasi atau PMS seperti peradangan, nyeri pada payudara, kembung, peningkatan berat badan dan mood yang tidak stabil, maka mengonsumsi bayam bisa bantu mengurangi gejalanya.

8. Biji Gandum  = PMS, pemulihan tubuh selama dan setelah melahirkan adalah masalah-masalah ‘khas’ wanita yang dapat diatasi dengan bahan alami seperti biji gandum. Ia memiliki nutrisi yang kaya akan vitamin B6 dan asam folat. Biji gandum juga baik untuk kesehatan jantung, pencernaan dan tekanan darah.

9. Yoghurt = Jenis makanan terakhir yang sangat baik untuk wanita adalah yoghurt. Produk turunan susu ini, kaya akan kalsium, zat besi, vitamin B, koenzim. Koenzim sendiri sangat bagus untuk meningkatkan pencernaan dan membersihkan sistem pencernaan. Yoghurt juga baik untuk membuat kulit tampak bersih dan lebih berkilau.

*sumber : duniafitnes.com

KANDUNGAN DAN MANFAAT NANAS BAGI KESEHATAN

Jakarta, SUARA PEMBANGUNAN.

Buah dari keluarga bromeliaceae ini merupakan buah yang sudah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Buah ini biasa digunakan sebagai buah utama pada es campur dan banyak dijadikan selai untuk menambah variasi rasa pada roti atau kue. Buah ini memiliki kulit bersisik dan disetiap sisiknya terdapat lingkaran berdiameter kurang lebih 2-3 mm. Buah nanas menyukai ditanam di daerah dengan genangan air tinggi.

Pada artikel kali ini, kami akan mengulas mengenai kandungan dan manfaat buah nanas bagi kesehatan tubuh. Buah ini cukup ditakuti oleh ibu-ibu hamil karena diyakini dapat menimbulkan keguguran.

Namun, terlepas benar dan tidaknya persepsi tersebut, buah nanas memiliki kandungan gizi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Tetapi, hingga kini belum banyak masyarakat yang menyadari besarnya manfaat buah nanas bagi kesehatan tubuh.

Beberapa orang bahkan beranggapan bahwa buah nanas berpotensi menyebabkan keputihan, sehingga tidak heran jika banyak wanita yang menghindari mengonsumsi buah nanas. Anggapan tersebut tidak benar, bahkan beberapa penelitian mengungkapkan bahwa buah nanas memiliki kandungan antioksidan dan fitokimia yang tinggi, sehingga berkhasiat untuk mengobati berbagai gangguan kesehatan, seperti kanker, serangan jantung, wasir, pencegah penuaan dini, hingga mengurangi resiko stres. Setiap 100 gram buah nanas mengandung vitamin C sebesar 24 mg dan vitamin A sebesar 39 mg. Vitamin C dan vitamin A diketahui memiliki peran sebagai antioksidan, sehingga berkhasiat untuk mencegah serangan kanker, jantung koroner, dan penuaan dini.

Antioksidan dari vitamin C dan vitamin A ini juga mampu menghambat oksidasi molekuler target yang dapat mencegah terjadinya reaksi berantai radikal bebas. Jika reaksi berantai radikal bebas tersebut tidak dihambat, maka sangat berpotensi untuk menghasilkan radikal bebas baru.

Jika radikal bebas di dalam tubuh jumlahnya terus bertambah, maka tubuh menjadi rentan terhadap serangan berbagai penyakit. Penghambat laju reaksi radikal bebas tersebut juga diperankan oleh senyawa fenolik yang juga terkandung dalam buah nanas. Kandungan antioksidan asam askorbat dan betakarotenoid dalam buah nanas juga mampu melindungi mata dari penyakit katarak. Sementara itu, kandungan bromelin dapat mempercepat penyembuhan luka dan penyakit nyeri persendian.

Selain itu, bromelin juga dapat menghentikan pendarahan, dan serat dalam buah nanas dapat memperlancar buang air besar, sehingga bagi penderita ambeien atau penyakit wasir, disarankan mengonsumsi buah nanas secara rutin setiap hari.

Pada penelitian yang dilakukan Wen dan Wrolstad dikemukakan bahwa sari buah dari 100 gram buah nanas mengandung serotonin sebesar 1,7-3,15 mg. Serotonin selain beperan untuk mencegah penyakit kanker juga berkhasiat untuk mengurangi stres akibat kerja otak yang berlebihan. Sementara itu, mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan serotonin rendah akan mempengaruhi kandungan serotonin dalam otak. Jika kandungan serotonin di dalam otak rendah, seriko stres akan meningkat, dan jika seseorang mengalami stres maka akan menimbulkan berbagai reaksi kimia, hormonal dan enzimatik. Jika rekasi tersebut berlebihan, maka akan mempengaruhi denyut jantung menjadi lebih cepat, terganggunya sistem pernapasan, serta ternjadinya reaksi pengubahan gula dan lemak menjadi energi. Jika stres yang dialami seseorang berlangsung lebih lama, maka akan membahayakan sistem saraf.

Dengan demikian, agar tubuh kita mampu menghadapi persoalan-persoalan yang berpotensi menimbulkan stres, maka disarankan untuk mengonsumsi serotonin dalam jumlah yang cukup.

Paling tidak kebutuhan serotonin tersebut bisa dipenuhi dengan mengonsumsi buah nanas sebanyak 200 gram setiap hari secara teratur. Selain itu, kebutuhan vitamin C yang diperlukan oleh tubuh juga bisa terpenuhi. Namun, dalam mengonsumsi buah nanas juga harus terukur, karena disamping memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, buah nanas juga memiliki pengaruh negatif atau efek samping jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan, diantaranya adalah dapat menyebabkan keguguran pada wanita hamil, meningkatkan kadar gula darah, berpotensi menimbulkan penyakit reumatik, serta dapat mengakibatkan sakit kepala.
Sumber : http://www.tanijogonegoro.com

9 Tip Merawat Kesehatan Mata

Jakarta, SUARA PEMBANGUNAN.

Mata adalah salah satu organ tubuh yang penting, lewat mata kita bisa berjalan, belajar, menonton, mengagumi keindahan Sang Pencipta.  Keseharian hidup kita sangat banyak mengandalkan mata, buat melindunginya supaya mencegah dari kerusakan atau penyakit ada 9 cara yang dapat kita kerjakan.

1. Konsumsi sayuran berdaun hijau tua.

Sayuran yang mempunyai daun hijau tua saling melengkapi bayam, atau sayuran brokoli mengandung lutein lain dan zeaxanthin, yaitu doa type karotenoid yang diketahui dapat mengurangi aneka tambang tbk berkembangnya katarak dan penurunan penglihatan disebabkan gangguan di pusat retina. cobalah buat mengonsumsinya doa porsi 1 hari, umpamanya satu porsi bayam waktu makan siang dan satu porsi brokoli waktu makan malam.

2. Berhenti merokok.

Merokok amat akrab hubungannya melacak google artikel perubahan penyakit paru-paru saling melengkapi. tetapi, rutinitas merokok juga mempunyai jalinan langsung melacak google artikel problem mata. bila nama dan kembali seorang perokok, lantas nama dan kembali ada pada aneka tambang tbk terkena sebanyak penyakit mata terhitung katarak, degenerasi makula, dukungan hidup kering mata, kerusakan saraf optik, dan retinotherapy apalagi diabetes.

3. Konsumsi antioksidan.

Makanan saling melengkapi berry, jeruk, plum dan ceri menolong meminimalkan kerusakan disebabkan yang dibikin radikal bebas ( saling melengkapi bahasa dari sinar matahari dan polusi ), dan mengurangi aneka tambang tbk pengerasan lensa yang bisa memicu katarak. mengonsumsi antioksidan sekurang-kurangnya 2 porsi didalam 1 hari.

4. Konsumsi asam lemak omega-3.

Bukti tunjukkan asam lemak omega-3 bahasa dari ikan spesifik saling melengkapi salmon, halibut dan tuna dapat melindungi saluran udara mata, melindungi lensa, meminimalkan mata kering dan menghindar katarak. mengonsumsi ikan 2-3 porsi seminggu dan mengurangi daging merah, sebab dapat diduga menambah aneka tambang tbk gangguan mata di usia tua.

5. Konsumsi wortel.

Sayuran garing suami mengandung senyawa beta karoten, yaitu satu karotenoid yang bisa membantu melindungi mata supaya terus sehat. senyawa suami juga dapat ditemukan pada labu kuning.

6. Memakai kacamata.

Sinar uv adalah salat satu penyebab utama pengerasan lensa, katarak dan penurunan penglihatan disebabkan gangguan di pusat retina. penggunaan kacamata melacak google artikel lensa gelap dapat menyaring sinar uv sampai 100 % terutama waktu ada di luar ruangan. bila media nusantara ada kacamata, juga dapat melacak google artikel baru memakai topi buat mengurangi tuturan sinar uv.

7. Lakukan olahraga.

Lebih dari satu studi menjabarkan sudah tunjukkan bahwa latihan aerobik dapat menurunkan tekanan didalam mata hingga mengurangi aneka tambang tbk glaukoma. olahraga yang dikerjakan dapat berjalan sepanjang 30 menit sejumlah 3 kali seminggu, jogging, treadmill atau mengambil kelas kesehatan.

8. Konsumsi multivitamin.

National eye institute tunjukkan bahwa vit. antioksidan c dan e, vit. b6 b12 dan, beta karoten dan mineral seng tembaga dan dapat memperlambat perubahan penurunan penglihatan disebabkan gangguan di retina pusat dan katarak. sebelum saat konsumsi suplemen, semakin baik penuhi asupannya bahasa dari bahan-bahan alami terlebih cipta putra.

9. Kontrol tensi dan kolestrol.

Tekanan darah tinggi ( hipertensi ) seandainya diobati bisa mempengaruhi media nusantara penglihatan dan apalagi mengakibatkan retinotherapy hipertensi. tetapi kabar baiknya keadaan inisial bisa dicegah melacak google artikel melindungi tekanan darah terus normal. tak hanya itu, penting juga buat melindungi kandungan kolesterol terus sehat. pasalnya, tingkat kolesterol tinggi didalam darah bisa menyebabkan oklusi vena retina ( penyakit mata vaskular ).

*sumber : drhealth.net

9 Fakta Tentang Sayur Bayam

Jakarta, SUARA PEMBANGUNAN.

Tokoh kartun Popeye, menjadikan bayam sebagai ikon “kekuatan”. Digambarkan dalam setiap filmnya, Popeye  akan memiliki kekuatan yang esktra untuk melawan musuhnya setelah mengonsumsi bayam.

Setiap 100 gram bayam terkandung 2,3 gram protein; 3,2 gram karbohidrat; 3 gram besi dan 81 gram kalsium. Bayam juga kaya akan berbagai macam vitamin dan mineral, yakni vitamin A, vitamin C, niasin, thiamin, fosfor, riboflavin, natrium, kalium dan magnesium. Selain itu, bayam juga mengandung antioksidan esensial dan fitokimia yang membantu melindungi tubuh terhadap berbagai penyakit. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari bayam, seperti dikutip dari healthonlinezine.

  1. Melawan Sel Kanker Vitamin A dan C serta serat, asam folat dan 13 flavonoid dalam bayam sangat bermanfaat dalam memerangi sel kanker. Sebuah penelitian menunjukkan, kandungan tersebut pada bayam menurunkan risiko kanker sebesar 34% terutama pada kanker payudara, kanker rahim, kanker prostat, kanker kulit dan kanker perut.
  2. Sumber Anti-inflamasi. Bayam mengandung sifat alkalinitas yang tinggi sehingga membuat sayur ini pilihan yang sempurna bagi penderita penyakit inflamasi, seperti rheumatoid arthritis dan osteoarthritis.
  3. Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Bayam merupakan sumber folat yang baik, yang dapat mengurangi homosistein, asam amino yang ditemukan dalam darah. Tingginya tingkat homosistein dalam darah menyebabkan tingginya risiko penyakit jantung. Bayam juga mengandung choline dan inositol, yang membantu mencegah pengerasan pembuluh darah.
  4. Menurunkan tekanan darah tinggi. Bayam kaya akan kalium dan rendah sodium. Tingkat mineral yang seimbang ini sangat bermanfaat bagi pasien dengan tekanan darah tinggi. Selain itu, folat dalam bayam juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan melemaskan pembuluh darah, dengan demikian mempertahankan kelancaran aliran darah.
  5. Mencegah Osteoporosis Secangkir daun bayam segar memenuhi 200% kebutukan nilai harian akan vitamin K. Vitamin ini amat penting dalam pencegahan keropos tulang. Selain itu, mineral lainnya seperti magnesium, seng, tembaga dan fosfor dalam bayam juga membantu penguatan tulang.
  6. Mencegah Diabetes. Bayam sangat berguna bagi orang yang menderita diabetes juga. Magnesium ditemukan dalam bayam membantu untuk mencegah komplikasi yang terjadi setelah diabetes. Konsumsi rutin bayam membantu menstabilkan gula darah dan mencegah dari berfluktuasi terlalu banyak.
  7. Mencegah Anemia. Bayam adalah sumber zat besi yang diperlukan dalam mencegah anemia.
  8. Zat besi membantu meregenerasi atau memperbanyak sel darah merah, yang membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh. Meningkatkan kualitas penglihatan. Bayam merupakan sumber lutein, karotenoid yang dikenal membantu melindungi mata terhadap katarak. Bayam juga kaya akan vitamin A, yang membuatnya sangat bermanfaat untuk penglihatan.
  9. Mengobati Pendarahan Gusi. Campuran bayam dan jus wortel sangat membantu dalam   mengobati gusi berdarah yang disebabkan oleh kekurangan vitamin C.

Dengan memperbanyak konsumsi bayam, segudang manfaat yang telah dijelaskan di atas akan Anda raih dengan mudah dan murah. Oleh sebab itu, dari sekarang mulailah untuk banyak mengonsumsi bayam karena selain mudah

Sumber : http://www.healthonlinezine.com

5 Manfaat Donor Darah

Jakarta, SUARA PEMBANGUNAN.

Simbiosis mutualisme. Itulah yang akan kita rasakan jika kita melakukan donor darah, sebab setiap tetes darah yang kita sumbangkan tidak hanya dapat memberikan kesempatan hidup bagi yang menerima tetapi juga memberikan manfaat kesehatan bagi pendonornya.

Anggapan yang menyatakan mendonorkan darah bisa membuat kita menjadi lemas adalah salah. Saat kita mendonorkan darah, maka tubuh akan bereaksi langsung dengan membuat penggantinya. Jadi, kita tidak akan mengalami kekurangan darah. Selain membuat tubuh memproduksi darah-darah baru, ada lima manfaat kesehatan lain yang bisa kita rasakan:

1. Menjaga kesehatan jantung

Tingginya kadar zat besi dalam darah akan membuat seseorang menjadi lebih rentan terhadap penyakit jantung. Zat besi yang berlebihan di dalam darah bisa menyebabkan oksidasi kolesterol. Produk oksidasi tersebut akan menumpuk pada dinding arteri dan ini sama dengan memperbesar peluang terkena serangan jantung dan stroke. Saat kita rutin mendonorkan darah maka jumlah zat besi dalam darah bisa lebih stabil. Ini artinya menurunkan risiko penyakit jantung.

2. Meningkatkan produksi sel darah merah

Donor darah juga akan membantu tubuh mengurangi jumlah sel darah merah dalam darah. Tak perlu panik dengan berkurangnya sel darah merah, karena sumsum tulang belakang akan segera mengisi ulang sel darah merah yang telah hilang. Hasilnya, sebagai pendonor kita akan mendapatkan pasokan darah baru setiap kali kita mendonorkan darah. Oleh karena itu, donor darah menjadi langkah yang baik untuk menstimulasi pembuatan darah baru.

3. Membantu penurunan berat tubuh

Menjadi donor darah adalah salah satu metode diet dan pembakaran kalori yang ampuh. Sebab dengan memberikan sekitar 450 ml darah, akan membantu proses pembakaran kalori kira-kira 650 kalori. Itu adalah jumlah kalori yang banyak untuk membuat pinggang kita ramping.

4. Mendapatkan kesehatan psikologis

Menyumbangkan hal yang tidak ternilai harganya kepada yang membutuhkan akan membuat kita merasakan kepuasan psikologis. Sebuah penelitian menemukan, orang usia lanjut yang rutin menjadi pendonor darah akan merasakan tetap berenergi dan bugar.

5. Mendeteksi penyakit serius

Setiap kali kita ingin mendonorkan darah, prosedur standarnya adalah darah kita akan diperiksa dari berbagai macam penyakit seperti HIV, hepatitis B, hepatitis C, sifilis, dan malaria. Bagi yang menerima donor darah, ini adalah informasi penting untuk mengantisipasi penularan penyakit melalui transfusi darah. Sedangkan untuk kita, ini adalah “rambu peringatan” yang baik agar kita lebih perhatian terhadap kondisi kesehatan kita sendiri.


Setelah menginjak usia 17 tahun, cobalah untuk membiasakan diri mendonorkan darah setiap tiga bulan sekali. Tidak hanya akan memberikan perasaan yang senang karena dapat membantu sesama, namun bermanfaat positif bagi kesehatan tubuh kita sendiri. Dan usia maksimal untuk melakukan kebiasaan baik ini adalah hingga berusia 65 tahun. Jadi jangan tunggu lama lagi, ayo… jadilah pahlawan dengan cara donor darah!

Sumber : haxims.blogspot.com

Artikel Lainnya...

Follow Us

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday223
mod_vvisit_counterYesterday158
mod_vvisit_counterThis week381
mod_vvisit_counterLast week842
mod_vvisit_counterThis month2549
mod_vvisit_counterLast month3527
mod_vvisit_counterAll days1153752

We have: 56 guests online
Your IP: 23.20.162.200
 , 
Today: Nov 20, 2017