10 akhir Ramadhan menunjukkan tingkat keimanan kita, sudahkah khatam Al Qur'an ? atau Ramadhan kali inipun berlalu seperti tahun lalu..

Kesehatan

Kenapa Anda Migrain ?

Jakarta, SUARA PEMBANGUNAN

Menderita sakit kepala atau migrain mungkin pernah Anda rasakan. Tapi jangan khawatir, Anda tidak sendiri karena banyak orang mengeluh masalah tersebut.

Terlepas dari alasan yang jelas seperti sinusitis, stres, dan ketegangan mental, namun sedikit orang tahu bahwa asupan makanan dan pola hidup juga memiliki peranan munculnya migrain.
Lantas, apa saja hal yang bisa memancing sakit kepala. Berikut uraian laman timesofindia.com

1. Diet
Salah satu alasan paling umum sakit kepala karena adanya perubahan pola makan yang mendadak beralih ke diet kalori sangat rendah. Konsultan ahli gizi Niti Desai setuju bila ini dapat menyebabkan sakit kepala, terutama jika diet mengurangi atau menghilangkan karbohidrat sama sekali. Otak hanya dapat menggunakan karbohidrat sebagai bahan bakar. Selain itu, asupan air yang sangat rendah juga dapat memicu sakit kepala. 

2. Daging olahan dan keju
Tyramine adalah asam amino yang diduga memicu sakit kepala melalui pengurangan kadar serotonin di otak yang mempengaruhi pelebaran pembuluh darah. Karena hubungannya dengan migrain, makanan yang mengandung tyramine menjadi pemicu penting bagi penyakit ini. Zat tersebut terkandung dalam makanan seperti anggur merah, keju, dan daging olahan tertentu.

3. Minuman beralkohol
Dr Dube mengatakan bahwa anggur merah mengandung tyramine, fitokimia yang disebut fenol, yang mungkin menjadi pemicu nyata. Bagi sebagian orang, minum segala jenis alkohol dapat membawa pada migrain. Senyawa lain dalam bir, wiski, dan anggur bisa menguras kadar serotonin -sejenis hormon riang yang ada di otak- yang juga dapat memicu migrain.

Jadi bila Anda ingin tetap jauh dari migrain, kuncinya terapkan pola hidup sehat dan giat berolahraga. Karena mencegah itu lebih baik mengobati bukan?

Sumber : liputan6.com
Posting : This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it

Magisnya Buah Manggis

Jakarta, SUARA PEMBANGUNAN

Manggis (mangosteen) dengan nama latin garcinia mangostana berasal dari Asia Tenggara. Pohon manggis hanya bisa tumbuh di hutan dataran tinggi yang beriklim tropis seperti Indonesia, Filipina, Malaysia, Vietnam, Thailand, Hawaii dan Australia Utara.

Manggis juga dikenal sebagai tanaman budidaya. Manggis merupakan salah satu tanaman yang pertumbuhannya paling lambat, tetapi umurnya paling panjang. Manggis membutuhkan 10-15 tahun untuk mulai berbuah dan tingginya mencapaki 10-30 meter.

Buah Manggis ini rasanya manis, buah berwarna ungu gelap ini konon kaya akan antioksidan. Dan mendapat julukan sebagai “queen of fruit” kenapa buah ini bersanding dengan si “king of fruit” buah dengan bau menyengat Durian. Bukan karena rasanya yang manis membuat manggis bisa menyaingi rasa dari buah durian yang legit. Buah manggis disebut sebagai “queen of fruit” karena memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. Buah manggis dipercayai amat berkhasiat terutama di bagian kulit dalam manggis dan biji buah manggis.

Sebagai buah segar, manggis merupakan sumber mineral dan vitamin yang sangat dibutuhkan oleh manusia dan bermanfaat untuk kesehatan. Setiap 100 gr daging buah manggis mengandung 0,6 g protein, 0,6 g lemak, 15,6 g karbohidrat, 8 mg kalsium, 12 mg fosfor, 0,8 mg besi, 70 gr air dan 53 kalori). Selain kandungan mineral dan vitamin, manggis mengandung komponen kimia bersifat anti oksidan yang kuat yakni xanthone yang memiliki aktivitas anti kanker, anti bakteri dan anti inflammasi.

Manfaat Buah Manggis:

Melindungi dan menyokong jantung yang sehat

Menjaga kesehatan kardiovaskular dan membantu membentuk sel darah merah yang sehat dan sistem saraf yang sehat. Menjaga tahap asid amino homosisteina yang sehat. Melindungi sel dan membantu kandungan kolesterol pada tahap yang sehat. Menyuplai vitamin B pada tahap yang sehat kepada jantung. Merupakan bagian dari diet yang seimbang dengan kandungan lemak jenuh dan kolesterol yang rendah, dan mengandungi asid folik, vitamin B6 dan Vitamin B12 yang dapat mengurangkan risiko penyakit vaskular.

Menjadikan mata, kulit dan rambut lebih sehat

Membantu menjadi kulit, mata , gigi, gusi dan rambut lebih sehat. Membantu meningkatkan kesehatan penglihatan, penglihatan pada malam, dan kesehatan mata.

Meningkatkan stamina/tenaga

Memiliki peran penting dalam penyerapan dan metabolisme protein dan karbohidrat. Membantu dalam menjaga stamina dan tenaga.

Membantu sistem ketahanan tubuh

Membantu sistem ketahanan tubuh (pengimunan) dengan meningkatkan fungsi sistem pengimunan.

Penghapus Radikal Bebas yang kuat

Satu antioksidan yang unggul dengan nilai ORAC yang paling tinggi. Antioksidan membantu badan menentang radikal bebas yang bahaya dan juga menggalakkan panjang umur sel.* Bukti ilmiah menunjukkan bahwa penggunaan vitaman antioksidan boleh mengurangkan risiko penyakit kanker.

Selain buahnya yang dapat dikonsumsi dan dibuat jus buah, kulit buah manggis juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.

1)      Membantu sistem saluran usus yang normal dan sehat.

2)      Sebagai antijamur dan antibakteri penyebab jerawat.

3)      Sebagai antikanker seperti kanker hati, kanker pencernaan, kanker paru-paru dan lain-lain

4)      Sebagai antioksidan untuk mengobati jantung koroner

5)      Ekstrak kulit manggis bersifat antiproliferasi yang bersifat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker.

6)      Kulit manggis juga bersifat apoptosis untuk penghancur sel kanker.

7)      Xanthone dalam kulit manggis juga ampuh mengatasi penyakit tuberculosis (TBC), asma, leukimia, antiinflamasi dan antidiare.

8)      Untuk mengobati sariawan : digunakan kulit dari 2 buah manggis yang masak, dicuci, dan dipotong-potong direbus dengan 3 gelas sampai air sampai volume tinggal 1/2-nya, setelah dingin disaring kemudian dikumur dan terus diminum (3-6 x sehari 2 sendok makan).

9)      Mengobati diare : digunakan kulit dari 2 buah manggis yang masak, dicuci dan dipotong-potong direbus dengan 3 gelas sampai air sampai volume tinggal 1/2-nya, setelah dingin disaring kemudian diminum dengan madu bila perlu (2 x sehari 3/4gelas).

10)   Mengobati disentri: digunakan kulit dari buah manggis, dicuci dan di potong-potong, direbus dengan 4 gelas air sampai volume tinggal 1/2 gelas, setelah dingin disaring lalu diminum dengan madu bila perlu (2 x sehari 3/4 gelas).

(Dari berbagai sumber : This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it )

Pertemanan dan Otak

Jakarta, SUARA PEMBANGUNAN

Ajarilah anak Anda memperluas pertemanan karena hal itu dapat membantu perkembangan otaknya. Demikian kesimpulan tim peneliti dari beberapa universitas terkemuka di Inggris.

Penelitian yang dipimpin Profesor Robin Dunbar dari Universitas Oxford memindai otak (MRI) 40 sukarelawan, mahasiswa pascasarjana, di fasilitas milik Universitas Liverpool.

Selain dipindai, sukarelawan itu juga diwawancarai mengenai hubungan sosial mereka serta kontak sosialnya selama tujuh hari terakhir. Hasilnya, hubungan pertemanan terbukti berpengaruh pada perkembangan otak bagian orbital prefrontal cortex yang terdapat di atas mata.

"Kami dapat mengerti hubungan volume otak seseorang dengan jumlah kawan yang dimilikinya. Ini membantu kami memahami mekanisme yang membantu perkembangan otak manusia," ujar Dunbar.

Sumber: www.metrotvnews.com
Posting: This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it

10 Kebiasaan Buruk yang Membuat Otak Mengecil

 

Jakarta - SUARA PEMBANGUNAN
Otak merupakan organ terpenting dalam tubuh manusia sehinga harus di jaga dengan baik agar otak tidak menjadi rusak, mungkin kamu tidak akan sadar jika kebiasan buruk seperti tidak sarapan kurang tidur hingga jarang bicara dapat membahayakan otak kamu menjadi mengecil, otak mengecil disebabkan  sebagian selnya akan mati atau mulai mengalami kerusakan. Nah kalu sudah banyak sel yang rusak sudah pasti akan mengangu kinerja otak pastinya akan berdampak buruk pada kesehtan kamu. Nah berikut ini ada 10 Kebiasaan Buruk yang Membuat Otak Mengecil sperti di kutip dari detik.com kamu mau tahu kebiasan buruk apa itu simak berikut ini.

1. Tidak sarapan
Sarapan di pagi hari penting untuk menjaga kadar gula darah, yang dibutuhkan agar otak bisa bekerja dengan baik. Kadar gula yang terlalu rendah bisa membuat otak kurang nutrisi lalu lama-kelamaan volumenya akan menyusut.

2. Galak
Emosi yang meledak-ledak karena terlalu mudah bereaksi bisa membuat pembuluh darah mengalami pengerasan. Jika pengerasan itu terjadi di pembuluh darah otak, maka kemampuannya akan menurun dan lama-kelamaan ukuran otak juga mengecil.

3. Merokok
Beberapa jenis penyakit degeneratif atau penyakit yang disebabkan oleh proses penuaan bisa dipercepat oleh racun-racun di dalam asap rokok. Alzheimer atau salah satu jenis kepikunan merupakan satu di antaranya.

4. Terlalu banyak gula

Otak bisa menyusut karena kekurangan gula saat tidak sarapan. Sebaliknya, terlalu banyak gula di dalam darah juga mempengaruhi penyerapan protein sehingga pertumbuhan otak terhambat.

5. Polusi udara
Untuk bisa bekerja dengan optimal, otak butuh suplai oksigen yang cukup dari udara pernapasan. Polusi udara terutama gas karbon monoksida bisa membajak fungsi sel-sel darah merah dalam mendistribusikan oksigen, sehingga fungsi otak mengalami gangguan.

6. Kurang tidur
Otak juga butuh istirahat, karena itu kualitas tidur benar-benar sangat mempengaruhi fungsi otak. Kurang tidur bisa membuat sel-sel otak lebih cepat mengalami kerusakan.

7. Tidur dengan kepala ditutup bantal
Menutupi kepala dengan bantal saat tidur berarti menghalangi pertukaran udara, sehingga gas buang karbon dioksida terhirup kembali ke paru-paru. Ruangan untuk menampung oksigen akhirnya berkurang, sehingga tidak bisa didistribusikan dengan maksimal ke otak.

8. Berpikir keras saat sedang tidak sehat
Selain saat tidur, otak juga perlu diistirahatkan saat tubuh sedang sakit. Memaksakan diri untuk berpikir keras saat sakit akan membuat otak bekerja makin tidak efisien dan akhirnya cepat rusak.

9. Jarang bicara
Percakapan yang cerdas dan berbobot sangat membantu perkembangan otak. Jika jarang digunakan untuk berdiskusi dan saling bertukar pikiran, maka otak akan tumpul dan sel-sel di dalamnya tidak berkembang.

10. Kurang dirangsang
Seperti kata pepatah, otak ibarat pisau yang harus diasah terus menerus agar tidak tumpul. Membaca buku dan mempelajari hal baru merupakan beberapa contoh rangsangan untuk menjaga otak tetap tajam, sehingga lebih awet sampai lanjut usia.Setelah membaca informasi ini alangkah baiknya kamu tidak melakukan kebiasan buruk di atas agar otak kamu tetap sehat.

Posting : This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it

Membaca Melatih Kejeniusan

Jakarta, SUARA PEMBANGUNAN

Membaca adalah jendala dunia mungkin ungkapan seperti itu sering kita dengar atau kita lihat di mading perpustakaan – perpustakaan yang tujuanya mendorong agar siswa senang akan membaca dengan membaca mereka dapat melihat sejarah, pengetahuan, penemuan – penemuan atau tokoh – tokoh terkenal. Banyak siswa yang membaca hanya di waktu – waktu tertentu saja misalnya ketika akan ada ujian, atau ada tugas yang membutuhkan bahan materi yang harus ia baca padahal sebenarnya membaca bukan hanya di jadikan kewajiban siswa dalam belajar tetapi membaca adalah sebuah kebutuhan yang harus di penuhi manakala mengingkan sebuah pencerahan akan pengetahuan baru.

Di Negara – Negara maju semisal jepang membaca adalah sebuah kebudayaan ini terlihat ketika banyak pemuda – pemudanya yang membawa buku kemanapun mereka pergi seperti di dalam kereta mereka membaca, sedang berada di taman mereka membaca bahkan kadang di dalam wc pun mereka membaca.

Hal ini memberikan gambaran  kepada kita bahwa bagi mereka membaca adalah sebuah kebutuhan sehari – hari di samping makan dan minum maka efek dari kebudayaan membaca yang mereka lakukan bangsa jepang terkenal akan kualitas sumber daya manusianya yang kompeten, sejarah telah membuktikan bahwa mereka mampu bangkit dari kehancuran perang dunia kedua hanya kurang dari 50 tahun setelah kota Hiroshima dan Nagasaki di hancur leburkan oleh sekutu. Untuk itu kenapa kita sebagai bangsa Indonesia tidak mencontoh bangsa jepang yang maju akan teknologinya dengan meningkatkan sumber daya manusianya yang berkualitas dengan cara membudayakan membaca?  bila itu terjadi bukan tidak mungkin kita juga akan mampu menjadi bangsa yang unggul di antara bangsa – bangsa yang lain.

Supaya membaca dapat di jadikan sebagai kebutuhan kita sehari – hari . ada beberapa tips yang bisa kita lakukan diantaranya :

1. Bacalah jenis – jenis buku yang paling kita sukai

2. Bawalah buku kemana saja kita pergi

3. Mulailah membaca dengan bacaan yang ringan seperti majalah

4. Rasakan manfaatnya setelah kita membaca

5. Jangan pernah membaca di jadikan beban.

Tips diatas dapat kita coba mudah- mudahan budaya membaca menjadi bagian dari hidup kita.

Sumber : http://reviyanto.blogspot.com
Posting : This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it
Artikel Lainnya...

Follow Us

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday76
mod_vvisit_counterYesterday158
mod_vvisit_counterThis week234
mod_vvisit_counterLast week842
mod_vvisit_counterThis month2402
mod_vvisit_counterLast month3527
mod_vvisit_counterAll days1153605

We have: 38 guests online
Your IP: 54.144.57.183
 , 
Today: Nov 20, 2017