10 akhir Ramadhan menunjukkan tingkat keimanan kita, sudahkah khatam Al Qur'an ? atau Ramadhan kali inipun berlalu seperti tahun lalu..

Kesehatan

Cara Mengingat Cepat

Jakarta, SUARA PEMBANGUNAN

Kendala Saat belajar yang paling dominan adalah kesulitan menghafal. banyak mahasiswa dan murid yang merasa sangat kurang dalam hafalan sehingga nilai hasil ujian kurang memuaskan pagi ini wahw33d bagi-bagi tips Cara Menghafal Dengan Mudah Dan Cepat. Tau tidak? Cara kerja memori otak kita adalah dengan cara menyimpan tiap-tiap memori ditempat masing-masing yang satu dengan lainnya saling dihubungkan. Jadi jika ketika kita membaca atau mencoba memahami sesuatu, otak kita sebenarnya sudah menyimpannya hanya saja tinggal bagaimana mencari dan mengolahnya.
Roger Wolcott Sperry adalah seorang neuropsikolog yang menemukan bahwa akal manusia terdiri atas 2 bagian. Ia menemukan bahwa otak terbagi menjadi 2 bagian sisi yaitu sisi kiri dan sisi kanan.

Otak sisi kiri lebih cenderung memiliki kemampuan analisis, logis, urutan, objektif dan rasional. Dengan kata lain, otak kiri lebih dominan berhubungan dengan angka, kata-kata dan simbol.
Otak sisi kanan lebih cenderung memiliki kemampunya intuitif, subjektif, holistik (secara menyeluruh) dan sintesis. Dengan kata lain otak kanan inilah yang membantu seseorang cenderung lebih kreatif ketimbang orang yang dominan memiliki kemampuan otak kiri.
Berdasarkan sifat, otak kiri cenderung bersifat short term memory (ingatan jangka pendek) dan otak kanan bersifat long term memory (ingatan jangka panjang)
Teknik Menghapal Cepat :

1. Memory Sport
Otak manusia sama seperti otot. Apabila tidak berolahraga, maka otot akan semakin lemah. Tapi jika semakin giat diolahragakan, maka otot akan semakin kuat. Begitu juga halnya dengan otak. Otak akan semakin lemah bila tidak "diolahragakan" dan akan semakin kuat bila "diolahragakan". Maka untuk itu kita perlu "mengolahragakan" otak kita.
Salah satu cara untuk mengolahragakan otak kita adalah dengan cara memory sport. Salah satu cara yang paling gampang adalah sering-seringlah mengisi teka teki. Secara tidak langsung otak anda akan berlatih mengingat dan mengolah kata-kata

2. Relation Sistem
Merupakan salah satu teknik untuk mengingat informasi dengan cara menghubungkan informasi yang satu dengan lainnya secara aksi. Relation sistem ini seringkali dipakai untuk menghapal suatu kalimat yang berpasangan seperti vocabulary, nama negara dan ibu kotanya, nama sungai dan provinsinya, dan lainnya.
Contoh:
Kucing menabrak ember
Doni makan rujak
Menabrak dan makan adalah relation sistem aksi. Aksi tersebut adalah sebagai kalimat utama pemicu untuk menarik dan memperjelas informasi yang ada didepannya sehingga informasi yang ada didepannya tidak lupa.

3. Story Sistem
Adalah teknik untuk dapat mengingat sebuah informasi dengan cara menghubungkan informasi yang satu dengan lainnya menjadi sebuah cerita
Contoh:
Terdapat beberapa kata yaitu burung – baju – awan – coca cola – gunung – kelinci – pistol – buaya – pohon – kawah
Cara menghafal dengan story sistem ini adalah dengan membayangkannya :
Burung memakai baju, terbang ke awan minum coca cola, terbang lagi ke gunung dan bertemu kelinci yang membawa pistol untuk menembak buaya yang tidur dibawah pohon di dekat kawah.

4. Mnemonic
Adalah cara menghapal yang bersifat abstrak. Yaitu dengan cara mengubah kata abstrak menjadi benda nyata yang bisa dibayangkan.
Mnemonic dibagi menjadi 2 tipe sistem, yaitu:
1. Sistem gambaran.
Teknik menghapal informasi yang abstrak dengan cara menggambarkan kata abstrak tersebut menjadi sesuatu yang nyata.
Contoh:
Gembira dapat digantikan dengan menggambarkan orang yang sedang bergembira.
Yogyakarta dapat digambarkan dengan Borobudur.
Jakarta dapat mudah diingat dengan digambarkan menjadi monas.
2. Sistem persamaan bunyi.
Teknik menghapal informasi berdasarkan bentuk persamaan bunyinya.
Contoh :
Singapura dapat lebih mudah diingat dengan mengingat kata singa

Sumber : disarikan dari berbagai info didunia maya
Posting : This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it

7 Manfaat Air Putih Untuk Menurunkan Berat Badan

Jakarta, SUARA PEMBANGUNAN

Air putih sering disebut-sebut sebagai 'cairan ajaib' yang bisa membantu menurunkan berat badan. Salah satu penjelasan logisnya, karena air memberikan efek perut terasa penuh dan kenyang, sehingga hasrat makan pun berkurang. Tapi tak hanya itu saja, ini dia beberapa alasan mengapa Anda membutuhkan asupan air yang cukup agar mendapatkan tubuh langsing dan ideal seperti yang dikutip dari All Women Stalk.

1. Menahan Nafsu Makan

Orang yang banyak minum air terbukti lebih jarang merasakan lapar yang berlebihan. Sebab itu, air putih menjadi substansi yang paling ideal untuk menahan rasa lapar. Jadi ketika Anda merasa lapar, jangan langsung memenuhi mulut dengan makanan. Cobalah minum segelas air putih terlebih dahulu. Jika perut terasa kenyang, itu berarti Anda hanya haus atau dehidrasi, bukan lapar makanan.

2. Mengurangi Kolesterol

Air putih memberikan dampak yang cukup signifikan dalam proses pengurangan kolesterol. Minum cukup air putih, bisa membantu mengurangi kadar kolesterol karena sifatnya yang meluruhkan racun-racun dari tubuh dengan mengeluarkannya lewat urin. Hal tersebut akan membantu Anda menurunkan berat badan lebih cepat.

3. Membantu Membentuk Otot

Jika otot Anda kekurangan cairan, maka jangan harap otot bisa terbentuk dengan sempurna, sekeras apapun olahraga yang Anda lakukan. Saat berolahraga, tingkatkan asupan air dan Anda akan melihat perbedaannya dengan cepat.

4. Penting untuk Kelancaran Sistem Pencernaan

Anda tentunya tahu, jika pencernaan lancar otomatis perut akan merasa nyaman dan ramping. Sebab itu, sistem pencernaan memerlukan jumlah air yang cukup agar dapat bekerja dengan baik. Kekurangan cairan akan membuat Anda merasa bengkak, perut kembung dan lebih mudah lelah.

5. Meningkatkan Fungsi Hati

Hati atau liver berfungsi memetabolisasi lemak (mengatur pelepasan dan penggunaan lemak dalam tubuh), dan itu sangat penting jika Anda ingin mengurangi berat badan. Agar fungsi hati bekerja dengan baik, Anda memerlukan asupan air yang cukup. Jika kekurangan air, hati hanya akan menimbun lemak.

6. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Jika Anda mengalami gangguan pencernaan, misalnya susah buang air besar, cobahlah minum beberapa gelas air lebih banyak dari biasanya. Air biasanya menjadi obat alami yang mujarab untuk melancarkan pencernaan.

7. Jumlah Air yang Cukup Bisa Mencegah Penumpukan Cairan

Saat kekurangan cairan, tubuh akan menahan air agar tidak terjadi dehidrasi. Jika kebiasaan malas minum air dipertahankan terus-menerus, maka akan terjadi penumpukan cairan yang akan menambah berat badan dan membuat Anda terlihat lebih gemuk dan bengkak.

Tips: Para ahli merekomendasikan Anda minum sedikitnya 2,2 liter air per hari, dan bisa lebih banyak bagi wanita yang punya gaya hidup aktif (bekerja, olahraga atau banyak bergerak). Jumlah itu setara dengan 9 gelas air.

Sumber : walipop.com
Posting : This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it

Ini Risiko tak Tidur Semalaman

Jakarta - SUARA PEMBANGUNAN

Mengupas tentang tidur tak akan ada habisnya. Kegiatan isitirahat di malam hari itu memang memiliki banyak kaitan dengan berbagai kondisi kesehatan. Saat ini kebanyakan orang mengeluh tak bisa tidur semalaman atau bahkan sengaja tidak tidur semalaman karena ingin mengerjakan sesuatu, bermain game, atau sekedar berbincang dengan kerabat.

Padahal, risiko tidak tidur semalaman cukup berbahaya bagi kesehatan manusia. Inilah kenapa orang harus tidur cukup. Tidak tidur semalaman dapat menyebabkan resistensi insulin, komponen dari diabetes tipe 2. Dalam studi terbaru, peneliti melibatkan sembilan orang sehat yang sensitivitas insulinnya diukur setelah tidur normal semalam (sekitar delapan jam), dan setelah tidur empat jam dalam semalam.

Menurut dr. Esther Donga dari Leiden University Medical Center di Belanda, data yang mereka hasilkan menunjukkan, sensitivitas insulin tidak tetap pada orang yang sehat. Namun, insulin tergantung pada durasi tidur di malam sebelumnya. Bahkan, menurut Dongan, sangat mudah berspekulasi bahwa efek negatif dari tidur singkat beberapa malam terhadap toleransi glukosa bisa disamakan, setidaknya sebagian, yaitu dengan hanya semalam tak bisa tidur.

Dari fakta itu, tercermin, disarankan Anda memanfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk tidur cukup di malam hari agar tidak terjadi resistensi terhadap insulin. "Tidur dalam durasi yang cukup singkat terjadi dalam masyarakat Barat pada dekade lalu dan secara simultan. Ini yang memicu terjadinya peningkatan prevalensi resistensi insulin dan diabetes tipe 2," ujar Donga.

Menurut Donga, terjadinya peningkatan tidur singkat dan prevalensi diabetes tidak mungkin terjadi secara kebetulan. Hasil studi ini menunjukkan, tidur singkat di malam hari memiliki efek lebih besar pada pengaturan metabolis dari perkiraan sebelumnya.

Untuk itu, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menentukan apakah pengobatan yang dapat memulihkan durasi tidur dapat membantu menstabilkan kadar glukosa pada penderita diabetes. Hasil penelitian ini telah dipublikasikan dalam  Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism.

Sumber: www.metrotvnews.com
Posting: This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it

5 Pemicu Utama Sakit Kepala

Jakarta, SUARA PEMBANGUNAN

Sakit kepala bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Pemicunya bisa jadi banyak hal. Bukan hanya karena penyakit.

Untuk mengatasi atau meredakannya Anda tak harus selalu mengandalkan obat sakit kepala. Ada cara yang lebih baik, yaitu menghindari pemicunya. Berikut lima pemicu utama sakit kepala, seperti dilansir dari Health.com.

1. Dehidrasi
Ini adalah pemicu yang paling umum. Tubuh terdiri dari 60 persen air dan saat kekurangan cairan tentu saja langsung bereaksi. Salah satu reaksinya adalah sakit kepala. Jadi, saat mulai terasa nyeri kepala, minumlah beberapa gelas air putih.

2. Perokok pasif
Asap dari rokok bisa dengan mudah memicu migrain dan sakit kepala. Sebisa mungkin, hindari berada di sekitar perokok. Jika terpaksa berada di lingkungan perokok, hirup aroma lain seperti peppermint untuk mengurangi sakit kepala.

3. Kafein
Meskipun kafein bisa membantu meredakan sakit kepala, tapi terlalu banyak justru bisa berdampak sebaliknya. Malah bisa memunculkan rasa nyeri di kepala. Begitu juga saat Anda mulai terbiasa minum kopi dan tidak minum sama sekali, maka akan sakit kepala sampai tubuh melakukan penyesuaian.

4. Stres
ekanan emosi merupakan faktor psikis yang memicu sakit kepala Salah satu penyebab umumnya adalah lama di depan komputer tanpa istirahat. Berkutat dengan pekerjaan dan tak sempat istirahat akan membuat Anda dengan mudah mengalami stres. 

5. Sinus
Sinus kering atau padat juga menyebabkan sakit kepala. Nyeri akan datang dengan rasa yang dalam dan konstan di dahi, tulang pipi atau jembatan hidung. Rasa sakit biasanya makin parah intensif jika menggerakkan kepala tiba-tiba.

Sumber : berbagai info blogger
Posting : This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it

7 Kesalahan Saat Olahraga Lari

Jakarta, SUARA PEMBANGUNAN

Banyak orang melakukan olahraga lari untuk menambah energi, menjaga kesehatan atau sebagai program menurunkan berat badan. Rutin berlari sesuai jadwal yang telah Anda tentukan memang baik untuk kebugaran. Namun, tidak sedikit orang yang kurang memperhatikan kesalahan saat lari yang bisa menyebabkan cedera pada kaki. Apa saja kesalahannya? Simak kesalahan yang perlu dihindari ketika berlari, dilansir All Women Stalk.

1. Sepatu yang Tidak Nyaman

Sepatu yang sudah usang atau tidak nyaman saat dipakai berlari bisa menjadi penyebab cedera. Kaki merupakan tumpuan Anda saat latihan. Maka dari itu, pilih sepatu yang sesuai dengan kaki Anda. Ingat, penting mengganti sepatu setiap 300-350 mil karena hal ini juga dapat menyebabkan cedera.

2. Terlalu Memaksakan Berolahraga

Olahraga yang terlalu sering bisa mengganggu kesehatan. Mungkin Anda sedang berusaha keras menurunkan berat badan dengan lari, tapi Anda juga harus memperhatikan kondisi tubuh. Jangan memaksakan tubuh ketika sedang lelah karena dapat menyebabkan berbagai jenis cedera, seperti shin plints (nyeri dan inflamasi di area sekitar 6 inchi di atas ankle, yang ada di dalam tulang kering), cedera lutut, atau Iliotibial band (ITB) sindrom (rasa sakit di bagian luar lutut tepat di atas sendi).

Beristirahat yang cukup untuk pemulihan mempunyai pengaruh yang besar terhadap kecepatan dan kekuatan Anda dalam berlari. Lebih baik buat jadwal olahraga ringan, tapi rutin. Batasi waktu, misalnya berlari mengelilingi komplek tidak lebih dari 45 menit dengan jarak yang tidak terlalu jauh. Tambahkan jarak lari secara bertahap.

3. Overstriding

Overstriding artinya Anda memanjangkan langkah ketika berlari sehingga tumit akan mendarat ke tanah terlebih dahulu, diikuti dengan telapak kaki mendarat secara penuh. Cara ini memang bisa menambah kecepatan Anda berlari, tapi overstriding juga dapat menimbulkan cedera kaki. Oleh karena itu, perhatikan cara berlari hingga gerakan Anda menjadi natural. Jaga langkah agar tetap seimbang dan dekat dengan permukaan tanah.

 

4. Tidak Mengatur Kecepatan Lari

Berlari terlalu kencang bisa bikin tubuh tidak terkendali. Hal tersebut bisa menyebabkan Anda mengalami cedera. Untuk pencegahan, berhati-hatilah ketika Anda akan memacu kecepatan. Mulai berlari secara perlahan. Dengan demikian, Anda dapat mengumpulkan energi yang cukup untuk melakukan lari yang lebih kencang.

5. Hanya Fokus pada Kaki

Kebanyakan orang fokus pada ketika sedang berlari. Untuk pelari pemula, kerap kali mengayunkan lengan dari sisi ke sisi setinggi dada. Hal itu bisa menyebabkan sesak dan ketegangan pada bahu serta leher. Untuk mengantisipasinya, coba Anda berkonsentrasi menjaga tangan sejajar dengan pinggang. Jaga lengan agar tetap membentuk sudut 90 derajat yang akan membantu meringankan masalah ini. Tatapan tetap lurus ke depan, biarkan punggung lurus dan tegak. Jika mulai terasa lelah, busungkan dada sehingga dapat mengurangi stres pada tubuh bagian atas dan punggung bagian bawah.

6. Dehidrasi

Semua orang tahu kalau air penting bagi kesehatan. Akan tetapi, banyak yang masih menunda-nunda ketika tubuh dehidrasi atau membutuhkan cairan. Banyak dari Anda yang tidak menyadari berapa banyak cairan hilang ketika sedang berlari. Sebagian orang memilih tidak minum karena khawatir terjadi kram. Terjadinya kram karena minum air hanyalah mitos. Kram bisa diatasi segera dengan cara bernapas dalam-dalam melalui mulut atau melakukan pemanasan yang baik sebelum berlari.

Pastikan Anda mendapatkan cairan yang cukup sebelum, saat, dan sesudah berolahraga. Minum sekitar 16oz atau 480 ml air supaya Anda cukup cairan. Di tengah-tengah latihan, minum kembali setiap 15 hingga 20 menit.

7. Kurang Memperhatikan Asupan Makanan

Asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh sangat penting sebagai penunjang kesehatan Anda. Jangan meremehkan pentingnya gizi, baik sebelum maupun sesudah berolahraga. Oleh karena itu, memakan makanan yang kaya akan karbohidrat, lemak, dan protein, sangat penting guna menjaga tubuh dari sakit dan nyeri otot.

Makanlah 60 atau 90 menit sebelum berlari atau latihan. Setelah olahraga, biarkan tubuh rileks selama 30-45 menit, baru makan. Dengan begitu, tubuh Anda akan memiliki sumber nutrisi yang pas dari sebelum melakukan latihan sampai setelahnya

Sumber : seruu.com
Posting : This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it
Artikel Lainnya...

Follow Us

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday39
mod_vvisit_counterYesterday158
mod_vvisit_counterThis week197
mod_vvisit_counterLast week842
mod_vvisit_counterThis month2365
mod_vvisit_counterLast month3527
mod_vvisit_counterAll days1153568

We have: 2 guests online
Your IP: 54.144.57.183
 , 
Today: Nov 20, 2017