10 akhir Ramadhan menunjukkan tingkat keimanan kita, sudahkah khatam Al Qur'an ? atau Ramadhan kali inipun berlalu seperti tahun lalu..

Kesehatan

5 Cara Berhenti Menjadi Pelupa/Pikun

Jakarta, SUARA PEMBANGUNAN.

Saat dihadapkan tumpukan pekerjaan, orang seringkali menjadi ceroboh dan pelupa. Akibatnya, beberapa tugas terbengkalai karena lupa dikerjakan. Untuk mengatasinya, ada 5 cara mudah seperti yang dikutip dari Prevention International. Simak di sini.

1. Pastikan Anda Sarapan
Dengan memakan makanan yang tepat saat sarapan, Anda dapat menjaga sel-sel otak agar tetap sehat. Selain itu, sarapan yang mengandung omega 3, protein, dan serat juga mencegah risiko pikun karena usia. Beberapa makanan yang bisa dipilih adalah, yogurt dengan buah-buahan atau sandwich berisi telur.

2. Tidur Nyenyak & Berkualitas
"Tidur telah diketahui memainkan peran penting dalam konsolidasi kemampuan persepsi," ujar Pearson. Sebuah penelitian menemukan, orang yang tidak tidur setelah melakukan pelatihan, gagal menunjukkan kemampuannya dalam tugas komputer. Oleh karena itu, tidurlah dengan cukup dan berkualitas jika Anda tak ingin menjadi pelupa.

3. Sering Berolahraga
Sebuah tim penelitian dari University of Illinois' Beckman Institute, baru-baru ini menemukan bahwa latihan aerobik dapat meningkatkan serta mempertajam kecepatan berpikir dan volume aktual jaringan otak. Selain itu, berjalan kaki cepat selama 50 menit sebanyak tiga kali dama seminggu dipercaya dapat meningkatkan kualitas otak seseorang.

4. Hindari Mengunyah Permen Karet
Peneliti dari Cardiff University, Inggris mengungkapkan bahwa mengunyah permen karet sebenarnya dapat merusak memori jangka pendek Anda. Ganti permen karet dengan makan yang dapat meningkatkan memori. Misalnya, buah beri, apel, tofu, bayam dan daging merah.

Ditulis oleh : Eya Ekasari - detikSurabaya

10 Kebiasaan Buruk Pria Dalam Kesehatan

Pria dibalik sifat cekatan, kelelakian dan maskulinitas ternyata menyimpan kebiasan-kebiasan yang sangat buruk bagi kesehatan. Pria secara umum dikenal cuek dan tak menaruh perhatian terhadap hal-hal yang mengancam kesehatan mereka di masa depan.

Berikut ini 10 daftar kebiasan buruk pria bagi kesehatan

1. Minum Minuman Keras.
Meskipun haram secara hukum Islam, namun masih banyak yang melakukan. Bahkan pada tahap tertentu seseorang akan sangat tergantung pada minuman keras. Di negara-negara yang membolehkan minuman keras beredar, kebiasan mabuk seolah menjadi tradisi dan sering melupakan dampak jangka panjang terhadap kesehatan. Alkohol berhubungan dekat dengan kematian dalam banyak kasus selain bisa menyebabkan obesitas dalam waktu cepat.

2. Menghindari Dokter
Penelitian Charity Menís Health Forum menunjukkan pria 20 persen lebih sedikit daripada wanita dalam hal mengunjungi dokter jika mereka sakit. Mengunjungi dokter bagi para pria adalah pengalaman yang tidak menyenangkan.

3. Malas melakukan Check Up
Sama seperti mengunjungi dokter, melakukan†check up terhadap gejala penyakit adalah hal yang menyebalkan. Para Pria takut, tak mau mengetahui penyakit dan bingung apa yang harus dilakukan jika melakukan cek medis.

4. Menyimpan masalah
Secara umum, pria sangat jarang berbicara tentang perasaan mereka dibanding para wanita. Mereka sulit mengekspresikan emosi atau sekedar meminta dukungan dalam sebuah masalah. Karena faktor ini para pria lebih rentah terserang depresi dibanding wanita, dan sekitar 77 persen dari yang depresi ingin mengakhiri hidupnya. Memendam kemarahan sama dengan merugikan kesehatan pria itu sendiri

5. Stres dalam bekerja
Sama sama memiliki tekanan dalam bekerja, namun menurut survei oleh Medicash terhadap 3.000 pekerja, Pria empat kali lebih banyak izin sakit karena stress dibanding pekerja perempuan. Stres dalam pekerjaan bisa berakibat buruk ke jantung dan stroke. Sangat penting untuk mencari cara mengurangi stres para pria dalam pekerjaan

6. Mandi Air Panas
Banyak pria ingin bersantai dengan sering berendam air panas. Peneliti dari University of California menemukan bahwa air panas dapat dengan signifikan menurunkan kesuburan pada pria. Sperma berkembang baik di lingkungan yang dingin, sehingga harus dihindari panas di daerah ini termasuk mandi air panas di jacuzzi atau menggunakan laptop di atas paha.

7. Tidak pernah memakai tabir surya.
Kanker kulit adalah jenis kanker yang sering ditemui di Inggris dan pria dalam studi adalah pasien terbanyak. Dalam penelitian 52 persen wanita rajin menggunakan tabir surya dibandingkan pria yang hanya 37 persen. padahal pria melakukan aktivitas luar lebih banyak dibandingkan para wanita

8. Kamar mandi yang tidak higienis
Apakah para pria mencuci tangan setelah dari kamar mandi? menurut sebuah studi dari assosiasi sabun dan deterjen di Amerika, satu dari tiga pria tidak melakukannya. Lebih jauh, sebuah study di Inggris menyebutkan hanya satu dari tiga pria yang mencuci tangan menggunakan sabun. Tidak mencuci tangan adalah permulaan dari infeksi, jamur dan penyakit lainnya.

9.Tidak gosok gigi!
Dalam sebuah studi oleh asosiasi dokter gigi Amerika, hanya 66 persen dari para pria yang sikat gigi dua kali atau lebih dalam sehari. Bandingkan dengan wanita yang mencapi 86 persen. Selain itu dalam penelitian yang sama, wanita dua kali lebih rajin rutin memeriksakan giginya dibanding para pria.

10. Sering makan 'fast food'
Fast food menjadi budaya di beberapa negara. banyak diantara kita yang bertambah berat badan secara drastis akibat konsumsi fast food berlebihan, sebagian besarnya adalah pria. Dalam survei oleh Pew Research Center, 47 persen pria setidaknya makan fast food sepekan sekali sedang wanita hanya 35 persen diantaranya.

Sumber : republika.co.id

7 Petunjuk Untuk Membuat Sperma Super

Jakarta, SUARA PEMBANGUNAN.

Kesuburan pria dikaitkan dengan kejantanan dan seksualitas, sehingga sangat penting bagi pria untuk memiliki sperma yang tangguh dan mampu membuahi sel telur wanita. Anda perlu meningkatkan kualitas sperma dengan menjalankan pola hidup sehat.Perhatikan 7 petunjuk agar pria dapat menghasilkan sperma berkualitas super, sebagai berikut:

1. Hindari Penggunaan Obat Pencegah Rambut Rontok dan Antidepresan
Sebuah bahan aktif dalam obat-obatan pencegah rambut rontok dan antidepresan dapat mengurangi aktivitas hormon pria. FDA bahkan menyarankan kepada produsen obat-obatan tersebut agar menyertakan efek semping menyebabkan buruknya kualitas air mani pada labelnya.
Obat antidepresan, termasuk Paxil dan Prozac, juga dapat mempengaruhi kesuburan dan berpotensi merusak DNA. Hindari penggunaan obat-obatan ini agar memiliki sperma kualitas super.

2. Jangan Terlalu Sering Bersepeda
Letak testis yang menggantung adalah untuk menjaga sperma pada suhu 2,8 derajat lebih dingin dari suhu tubuh. Bersepeda dapat menekan dan membuat testis menempel ke tubuh pria. Suhu testis yang lebih panas dapat memperburuk kualitas sperma. Tekanan yang berkepanjangan dari sadel sepeda juga dapat berpotensi merusak arteri dan vena reproduksi.
Olahraga baik untuk meningkatkan kualitas sperma, tetapi pilihlah olahraga yang tidak menimbulkan tekanan pada testis. Pastika juga testis tetap dalam keadaan menggantung agar suhunya tetap stabil.

3. Batasi Waktu Berendam di Bak Mandi Air Panas
Berendam di bak mandi air panas dapat meringankan nyeri otot, mengatasi kelelahan dan meningkatkan suasana hati. Tetapi terlalu sering berendam di air panas dapat mempengaruhi produksi sperma karena suhu testis yang terlalu panas.

4. Minumlah Kopi dalam Dosis yang Rendah
Sejumlah kafein dalam dosis yang rendah bermanfaat bagi kecepatan gerak sperma, tetapi dosis kafein yang terlalu tinggi dapat berakibat sebaliknya. Selain itu, kecanduan kopi dapat meningkatkan masalah kesehatan lain yang lebih besar. Batasi konsumsi kopi agar tidak melebihi dua sampai tiga cangkir per harinya.

5. Jangan Menunda Kehamilan Terlalu Lama
Bukan hanya wanita saja yang kesulitan untuk hamil ketika usianya semakin tua, tetapi pria juga memiliki jam biologis tertentu. Kualitas sperma juga akan menurun seiring bertambahnya usia.

6. Jauhi Rokok dan Minuman Beralkohol
Alkohol dan nikotin dalam rokok adalah kombinasi pembunuh sperma yang dua kali lipat lebih berbahaya dari faktor lainnya. Nikotin juga telah terbukti dapat menurunkan jumlah produksi dan kualitas sperma berdasarkan berbagai penelitian.

7. Hindari Stres
Pria sebenarnya sama tertekannya dengan wanita atau bahkan lebih ketika dihadapkan pada tuntutan dan keinginan untuk mempunyai anak. Tetapi tuntutan tersebut dapat menjadi tekanan bagi pria dan menyebabkan stres,
Stres juga salah satu faktor yang dapat membuat kualitas sperma buruk. Atasi stres dengan membicarakan masalah ini dengan pasangan dan saling memberi semangat untuk meningkatkan percaya diri.

Sebaiknya Minum Susu Malam Hari

Jakarta, SUARA PEMBANGUNAN.

Susu, sudah banyak yang mengetahui kandungan gizi di dalamnya banyak memberikan manfaat bagi tubuh. Lantas, kapan waktu yang tepat untuk mengonsumsinya?

Hal ini dibahas dalam diskusi di grup facebook Gerakan Sadar Gizi. Kurnia Ayu melontarkan pertanyaan, "Minum susu itu baiknya pagi atau malam hari ya?

"Dalam diskusi ini, dr Rini Sjoekri menulis susu mengandung asam amino tryptophan suatu prekursor untuk neurotransmitter serotonin. Neurotransmitter ini bersifat menenangkan sehingga membantu proses tidur."

Jadi sebaiknya susu diminum sebelum tidur," kata Rini.Nor Hasanah, dalam diskusi ini menambahkan, kalsium dalam susu merupakan salah satu nutrisi terbaik untuk menjaga kesehatan tulang karena kalsiumnya lebih mudah diserap tubuh. Untuk hasil maksimal sebaiknya susu dikonsumsi pada malam hari.

Pada malam hari osteoklas atau sel-sel penghancur tulang tidak bekerja. Pada malam hari aktivitas kita juga tidak banyak sehingga kalsium susu terserap optimal."Kerja kalsium terutama malam hari. Jadi, jika tujuannya untuk meningkatkan penyerapan kalsium mengkonsumsi susu sebaiknya pada malam hari," tulis Nor Hasanah.

Bunga Daffotil Bisa Mengobati Depresi

Jakarta, SUARA PEMBANGUNAN.

Menurut sebuah penelitian menyatakan bahwa bunga daffodil ternyata kuncinya untuk mengobati depresi. Para ilmuwan telah menemukan bahwa senyawa dalam jenis snowdrops dan bunga daffodil dari Afrika Selatan dapat melewati penghalang darah otak, dan membuat dinding pertahanan yang menjaga otak terisolasi.

Menurut lansiran dari Daily Mail, penghalang adalah masalah utama bagi dokter merawat kondisi otak seperti depresi karena mengandung protein yang dapat mendorong obat keluar segera setelah mereka masuk ke dalam tubuh.
Sembilan dari sepuluh senyawa tidak bisa menembus otak. Tapi Profesor Birger Brodin, yang melakukan penelitian di University of Copenhagen, mengatakan senyawa dari bunga Crinum dan Cyrtanthus dari Afrika Selatan ini mampu melewati penghalang tersebut.
Ini akhirnya dapat digunakan untuk membantu memberikan obat ke otak. Tulisannya dalam Jurnal Farmasi dan Farmakologi, mengatakan bahwa "beberapa senyawa pabrik kami mungkin dapat diselundupkan melewati protein efektif untuk penghalang otak".Kami memeriksa berbagai senyawa untuk pengaruh mereka pada protein penghubung ke otak.
Hasil penelitian kami menjanjikan, dan beberapa senyawa kimia dipelajari oleh karena itu harus diuji lebih lanjut, karena kandidat untuk pengembangan obat jangka panjang.
"Pembuluh darah otak yang bisa ditembus untuk senyawa, satu alasan menjadi protein alat penghubung yang sangat aktif," tambahnya. [fps]

Disarikan dari berbagai sumber
Posting : This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it
Artikel Lainnya...

Follow Us

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday93
mod_vvisit_counterYesterday158
mod_vvisit_counterThis week251
mod_vvisit_counterLast week842
mod_vvisit_counterThis month2419
mod_vvisit_counterLast month3527
mod_vvisit_counterAll days1153622

We have: 54 guests online
Your IP: 54.144.57.183
 , 
Today: Nov 20, 2017