10 akhir Ramadhan menunjukkan tingkat keimanan kita, sudahkah khatam Al Qur'an ? atau Ramadhan kali inipun berlalu seperti tahun lalu..

Kesehatan

7 Kebiasaan Yang Membuat Memori Otak Bagus

Para peneliti Australia menemukan 7 kebiasaan yang bisa membuat kita menyimpan memori dalam otak lebih lama. Dan kebiasaan ini ditemukan dari 29.500 orang yang punya daya ingat luar biasa.Para responden tersebut disebut memiliki daya ingat luar biasa karena mampu memutar ulang memori jangka panjang (mengingat apa yang terjadi sekitar 1,5, dan 20 tahun lalu), memori jangka pendek (apapun yang ada pada daftar belanjaan), hingga kemampuan mengingat wajah, nama, serta jabatan seseorang.
Berdasarkan data yang berhasil dikumpulkan, rata-rata mereka memiliki kesamaan gaya hidup dan aktivitas. Inilah yang kemudian disimpulkan sebagai 7 kebiasaan untuk mengasah daya ingat, yaitu :
1. Kurang mengonsumsi minuman beralkohol.2. Menonton siaran televisi kurang dari 1 jam per hari.3. Membaca novel.4. Mengisi teka-teki silang.5. Mengonsumsi ikan.6. Minum teh atau kopi.7. Memiliki buku harian.

Sumber : seruu.com

3 Tip Awet Muda

Jakarta, SUARA PEMBANGUNAN.

Ingin tampilkan diri anda yang lebih muda, terlihat lebih oke dan lebih sehat? anda mungkin mengambil kekuatan dari tiga kombinasi aktivitas ini, berjalan 10 ribu langkah setiap hari, meditasi dan mengadopsi pola makan Mediterania. 
Memang trio dinamis pilihan sehat itu bisa membuat anda sepuluh tahun lebih muda ketimbang usia anda sesungguhnya.
Namun ada cara-cara lain yang tak kalah ampuh. Kiat ini--juga berjumlah tiga--bisa jadi membuat kehidupan anda di kemudian hari dipenuhi energi kemudaan. Berikut tipsnya seperti yang dilansir oleh RealAge.
Tegakkan dan luruskan badan. Postur tubuh yang baik dan benar setara dengan kesehatan. Penelitian menunjukkan sikap tubuh yang merosot, melembek atau berjalan sambil membungkuk bisa mengurangi pasokan udara dan meningkatkan risiko kematian dini.
Untuk membetulkan postur tubuh anda, coba berjalan dengan tangan di pinggang atau letakkan buku di kepala dan pastikan buku seimbang tak jatuh. Cukup sepuluh menit saja per hari. Anda bisa juga memperkuat otot-otot inti dengan gerakan yoga.
Santap buah beri dan kacang. Ini kabar baik pula bagi mereka yang doyan mengudap. Konsumsilah 1 ons kacang setiap hari. Menu ini jelas lebih baik dari pada mengunyah camilan berjumlah sama namun dengan kalori dan lemak tersaturasi lebih besar.
Dan tahukah anda, kacang dalam asupan yang tepat bisa mengurangi risiko penyakit jantung hingga 45 persen. Walnut menurut saran pakar adalah kacang yang terbaik, meski kacang itu bisa diganti dengan jenis lain.
Lalu untuk mengurangi tekanan darah, gula darah dan lemak perut, campurkan dengan blueberri dan buah berri-berrian yang lain. Nikmati manfaat sehat dari kombinasi duo tersebut.
Ketiga, lakukan hobi dan aktivitas yang anda sukai bersama teman atau partner anda. Sistem dukungan sosial yang kuat konon bisa membuat anda terlihat 2,8 tahun lebih 
Tentu masih ada deretan cara lain untuk membuat anda tampil muda secara alami dan sehat. Beberapa di antaranya, nikmati tidur malam, mengunyah coklat gelap--asal tak berlebihan dan hindari stress.

Sumber : realage.com

7 Gejala Nyeri Jangan Dianggap Remeh

Dalam banyak kasus, nyeri bisa disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Nyeri juga bisa memberikan sinyal adanya ketidakberesan pada kesehatan Anda. 
Menurut beberapa ahli, kondisi nyeri berikut ini harus patut Anda berikan perhatian khusus. Apa saja sih? Ini dia yang dilansir melalui msn (11/9).

Nyeri dada.

Nyeri dada seperti ditusuk-tusuk, sesak nafas dan sakit di bagian tubuh atas, menjadi pertanda adanya masalah pada jantung Anda. Parahnya, wanita berisiko lebih tinggi dibanding pria.

Nyeri kepala berat.

Bisa saja itu migrain. Namun, bila tidak disertai dengan gejala migrain lainnya, dan tiba-tiba terserang nyeri kepala hebat, kemungkinannya Anda mengalami aneurisma otak. Aneurisma otak merupakan sebuah kelainan pembuluh darah otak akibat pecahnya aneurisma, dapat menyebabkan kerusakan otak dalam beberapa menit.

Gigi nyut-nyutan.

Sakit gigi bisa disebabkan saraf gigi yang rusak, karena enamel retak atau busuk. Jika dibiarkan, bakteri mulut akan menyerang saraf. Ini waktunya Anda melakukan kontrol ke dokter gigi.
Pegal pinggang belakang.Jika pinggang kanan Anda terasa ditusuk-tusuk dan disertai muak dan demam, bisa menjadi pertanda Anda memiliki usus buntu. Bagi wanita, bisa juga sinyal adanya kista ovarium.

Nyeri perut disertai kembung.

Perut kembung tak hanya pertanda Anda salah makan, tetapi bisa menunjukkan gejala kanker ovarium. Di tahun 2007, Gynecologic Cancer Foundation merilis gejala awal bentuk kanker: kembung, nyeri panggul atau perut dan susah makan. Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut hampir setiap hari lebih dari dua atau tiga minggu, siap-siap cek ke dokter.
Nyeri punggung disertai jari-jari kaki kesemutan.

Ini bisa menjadi sinyal adanya masalah pada saraf tulang belakang Anda. Cincin pelindung tulang belakang Anda mungkin menekan saraf tulang belakang, sehingga menyebabkan nyeri punggung yang parah. Segera temui dokter ahli saraf, karena bila dibiarkan bisa berisiko kerusakan saraf permanen.

Nyeri kaki disertai bengkak.

Jika betis Anda terlihat bengkak, merah atau terasa hangat saat disentuh, Anda mungkin mengalami trombosis vena (DVT) atau dikenal sebagai gumpalan darah. Waspadai, karena gumpalan bisa menghambat pembuluh darah di betis. Parahnya, gumpalan tersebut bisa masuk ke dalam paru-paru dan mengancam nyawa Anda.

Sumber : yahoo news

CARA AMAN MAKAN MIE INSTAN

Oleh: Marmi Panti Hidayah

Mi instan merupakan makanan yang paling simpel dikonsumsi. Mudah dan praktis. Namun perlu diingat bahayanya. Misalnya, endapan zat pewarna yang sangat berbahaya bagi tubuh.

Ahli gizi Afrinia Ekasari menuturkan, mi instan terbuat dari bahan dasar tepung, terigu, telur, air dan mineral, serta dilengkapi bumbu dan minyak sayur. Memang ada kandungan vitamin, tapi pada faktanya, jauh dari standar untuk memenuhi angka kebutuhan gizi. Terutama bagi anak-anak. 

Ada beberapa kandungan berbahaya pada mi instan, yakni bahan pengawet dan pewarna yang tidak dapat diurai di dalam tubuh, sehingga cenderung tidak dapat dikeluarkan. Jadi, apabila zat-zat tersebut terlalu sering dikonsumsi, dapat mengendap dalam tubuh dan bersifat karsinogenik atau merusak.

“Karena itu, untuk memenuhi zat gizi, sebaiknya mi instan ditambahkan sayuran dan protein hewani seperti telur, ayam, udang,” ujar wanita yang lama berkarir di perusahaan makanan tersebut. Afrinia menyarankan jangan terlalu sering mengonsumsi mi instan.

Sementara Andi Imam Arundhana, ahli gizi dari Universitas Hasanuddin menguraikan bahwa dalam prinsip-prinsip makanan seimbang, apa yang dikonsumsi harus beraneka ragam, memiliki kandungan gizi. “Tidak hanya mengandung karbohidrat, tapi juga lemak, protein dan vitamin. Tidak cukup dengan kenyang saja,” ujarnya.

Sebagai gambaran, lanjut Andi, saat sarapan, seseorang membutuhkan sekitar 15-25 persen dari kebutuhan zat gizinya. Sementara kandungan mi instan baru memenuhi sekitar 16 persen kebutuhan karbohidrat dan lemak seseorang (kebutuhan 2.000 kkal).

Terkait dengan bahan pengawet, Andi mengungkapkan, kendati bisa hilang, memang sangat sulit. “Melalui sistem sekresi manusia, setidaknya sekitar empat hari kemudian,” ujarnya.

Karena itulah, dia mengatakan, kalaupun terpaksa harus mengonsumsi mi instan, durasi paling banyak 4-5 hari sekali. “Misalkan hari ini kita sudah konsumsi mi instan, empat hari sampai lima hari kemudian baru bisa konsumsi lagi,” jelasnya. 

Andi dan Afrinia sependapat bahwa cara memasaknya harus diperhatikan, selain menambah bahan makanan lain saat mengonsumsi mi instan, demi kesehatan.  Keduanya menyarankan agar ketika memasak mi instan, air rebusan pertamanya dibuang. Hal itu perlu dilakukan untuk membuang pengawetnya. 

“Barulah mi instan dimasukkan ke dalam air mendidih yang baru, sehingga kadar pengawetnya keluar,” jelas Andi. 

Cara lainnya yang bisa ditempuh adalah tidak menggunakan bumbu bawaan dari mi. “Kita bisa mengolah bumbunya sendiri seperti saat memasak,” kata Andi. Atau, minimal kurangi penggunaan bumbu mi instan. Ini untuk meminimalisasi masuknya pengawet ke dalam tubuh kita. 

“Jika sudah terasa cukup, buang saja sisa bumbunya. Bila ingin lebih asin, ada baiknya ganti dengan menambahkan garam,” katanya. “Berbagai cara tadi bisa ditempuh, bila memang kita tidak bisa menghindari konsumsi mi instan.”

Bagian lain yang perlu diperhatikan, yaitu ketika membeli. Kata Afrinia Ekasari, selain melihat tanggal kedaluwarsa, komposisi, logo halal, pastikan juga kemasan tidak cacat atau robek. Sebab dalam kondisi cacat atau robek, berbagai macam serangga dapat mengontaminasi mi instan tersebut.

Sumber : yahoonews.com

Manfaat Air Kelapa

Banyak jenis air dari buah yang bisa kita konsumsi namun tidak semua mengandung obat. Air kelapa misalnya, selain efek kesegaran mengusir dahaga juga mengandung elektrolit alami yang sangat baik untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang. Apalagi pada saat sekarang dengan cuaca yang sangat panas sehingga orang-orang mengonsumsi air kelapa muda untuk memulihkan cairan dalam tubuhnya.

Manfaat air kelapa sungguh sangat tidak kita duga. Air kelapa yang biasa kita  buang jika kita hanya bermaksud mengambil buahnya saja tenyata memiliki manfaat yang luar biasa. Berikut 8 manfaat air kelapa sebagai berikut:

  1. Air kelapa banyak dikonsumsi sebagai minuman elektrolit mengandung natrium, kalium, kalsium dan magnesium.
  2. Air kelapa bergizi dan sehat bagi tubuh karena rendah lemak dan kalori, sehingga mencegah dari kelebihan berat badan.
  3. Segelas air kelapa dalam proses pencernaan memberikan bantuan dari peradangan dan keasaman. Hal ini dikarenakan air kelapa memiliki asam laurat yang menyembuhkan gangguan pencernaan saluran.
  4. Air kelapa tidak hanya menyegarkan, tapi juga memberikan efek pendinginan untuk tubuh Anda dan saluran pencernaan. Sistem kerja pada lambung dapat menyebabkan peradangan dan ini dapat disembuhkan dengan air kelapa. Ini juga mengontrol suhu tubuh.
  5. Air kelapa juga dikenal sebagai minuman isotonik karena merehidrasi tubuh. Jadi, teguklah dua hingga tiga gelas air kelapa saat tubuh Anda dehidrasi.
  6. Salah satu manfaat kesehatan terbaik dari air kelapa itu rendah gula yang membuatnya menjadi minuman bergizi bagi pasien jantung dan diabetes. Hal ini juga membantu dalam penurunan berat badan.
  7. Ini adalah minuman energi dengan enzim bioaktif yang meningkatkan metabolisme Anda dan meredakan rasa lelah. Manfaat air kelapa pada sistem pencernaan seperti membersihkan racun dari tubuh.
  8. Air kelapa adalah obat alami untuk menyembuhkan infeksi urin. Hal ini tentu berlaku  pada kesehatan ginjal dan batu uretra.

Selain itu ada juga yang memanfaatkan air kelapa muda untuk ibu yang sedang hamil katanya bila rajin minum air kelapa muda terutama di trimester ketiga kehamilan maka air ketuban akan bersih dan bayi yang dilahirkan juga bersih kulitnya, lebat rambutnya, dan bening matanya. Air kelapa bagus juga buat penderita rematik dan stroke.

Air kelapa bisa juga untuk mengatasi obat luka bakar. Caranya air kelapa muda dicampur dengan sejumput bubuk kunyit dan air kapur sirih dalam ukuran sama. Air kelapa tidak hanya bermanfaat jika diminum tetapi juga penting bagi kesehatan kulit, seperti kulit yang kering. Manfaat air kelapa selain diminum adalah dapat untuk mengobati luka, telapak kaki pecah-pecah, bahkan eksim. Caranya yakni dengan membuat obat oles yang terbuat dari beras dan air kelapa. Untuk membuatnya sangat mudah sediakan kira-kira segenggam beras, lalu rendamlah beras tersebut dalam air kelapa muda bersama tempurungnya sampai beras terasa asam karena peragian, lalu beras ditumbuk hingga halus.

Cara pakainya yaitu dengan cara mengoleskan tepung beras tersebut pada bagian yang sakit secara rutin setiap hari selama 3-4 hari. Untuk mengobati luka bakar caranya air kelapa muda dicampur dengan sejumput bubuk kunyit dan air kapur sirih dalam ukuran sama gunakan ramuan tersebut pada yang sakit. Obat alami ini bisa menghilangkan rasa panas pada telapak kaki dan tangan, sedangkan untuk kulit muka air kelapa bisa untuk mengatasi jerawat caranya yaitu dengan mencuci muka setiap hari secara kontinu dengan air kelapa. Selain bisa untuk menyembuhkan jerawat bisa juga untuk mengatasi noda-noda hitam, kerutan pada wajah, kulit kering, dan wajah bisa tampak menjadi berseri.

Sumber : info kesehatan

Artikel Lainnya...

Follow Us

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday81
mod_vvisit_counterYesterday158
mod_vvisit_counterThis week239
mod_vvisit_counterLast week842
mod_vvisit_counterThis month2407
mod_vvisit_counterLast month3527
mod_vvisit_counterAll days1153610

We have: 43 guests online
Your IP: 54.144.57.183
 , 
Today: Nov 20, 2017