10 akhir Ramadhan menunjukkan tingkat keimanan kita, sudahkah khatam Al Qur'an ? atau Ramadhan kali inipun berlalu seperti tahun lalu..

Kesehatan

6 Cara Alami Meringankan Sinusitis

Jakarta, SUARA PEMBANGUNAN.

Sinusitis, yaitu peradangan yang terjadi pada rongga sinus. Atautersumbatnya lubang kecil yang menghubungkan saluran hidung dengan sinus oleh sekumpulan kotoran yang menumpuk di dalam sinus. Pada waktu yang bersamaan, gumpalan itu mengundang bakteri dan akhirnya menimbulkan rasa nyeri di sekitar pangkal hidung hingga kepala terasa pening.

Berikut adalah beberapa pengobatan alami yang dapat Anda lakukan di rumah untuk mengobati gejala gangguan sinus, seperti dilansir onlymyhealth, Selasa, 13/12/2012.

1. Biji jintan hitam
Untuk membantu melancarkan pernapasan yang terganggu karena sinus, ambillah beberapa biji jintan hitam dan ikat dengan kain tipis. Hiruplah bungkusan biji jintan tersebut untuk melegakan hidung sementara.

2. Minyak kayu putih
Jika biji jintan belum mampu melegakan pernapasan, Anda dapat mencampurkan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam air panas. Hiruplah uap panas dari campuran tersebut untuk meringankan gejala gangguan sinus.

3. Minyak zaitun
Oleskan minyak zaitun di sekitar hidung dan mata untuk mencegah sinus menjalar ke hidung. Cara ini juga dapat membantu membersihkan penyumbatan pada hidung.

4. Kompres
Jika Anda mengalami gejala pembengkakan karena sinus, terapkanlah kompres panas dan dingin di sekitar hidung untuk mengurangi bengkak.

5. Bawang merah dan bawang putih
Makanan berbau tajam seperti bawang merah dan bawang putih terbukti bermanfaat dalam pengobatan sinus. Anda dapat mengunyah sejumlah kecil bawang mentah dan meningkatkan dosisnya secara bertahap untuk meredakan sinus. Anda juga dapat menambahkan bawang ke dalam masakan.

6. Jus wortel
Jus wortel memiliki manfaat penyembuhan yang sangat bermanfaat dalam pengobatan sinus. Anda dapat meminum segelas jus wortel atau menggabungkan wortel dengan mentimun atau bayam untuk membantu menyembuhkan gejala gangguan sinus.

Untuk memaksimalkan pengobatan terhadap gejala gangguan sinus, hindari keempat hal berikut selama pengobatan:

1. Parfum dan minyak wangi
2. Gorengan dan makanan bertepung seperti kue dan kentang goreng
3. Susu, gula dan alkohol
4. Hindari mandi dengan air dingin, mandilah dengan air hangat untuk melegakan hidung yang tersumbat.

Sumber : onlymyhealth.com

4 Aktivitas Bagus Bagi Otak

Jakarta, SUARA PEMBANGUNAN.

Untuk meningkatkan kemampuan berpikir ternyata tak perlu kegiatan rumit. Beberapa aktivitas ringan berikut ini bisa membantu menyegarkan fungsi otak.

Terlalu lama bekerja sering membuat pikiran buntu dan terasa penat. Jika merasa kemampuan otak menurun, beberapa aktivitas ini bisa membantu Anda.

Duduk tegak
Sepertinya sepele, tapi postur yang baik bisa membantu kemampuan berpikir Anda. Bangun dari duduk yang santai ke posisi tegak. Posisi tegak bisa membantu meningkatkan kesiagaan dan kemampuan berpikir lebih baik. Coba saja duduk santai di sofa dengan posisi malas dan mulut setengah terbuka, lalu lakukan perhitungan matematika sederhana dalam dalam pikiran Anda. Pasti lebih cepat jika dalam keadaan duduk tegak, mata melihat ke depan, dan mulut tertutup.

Olahraga
Olahraga ringan dan teratur bisa membantu meningkatkan kinerja otak. Sebuah studi mengatakan fungsi kognitif meningkat secara drastis setelah melakukan senam aerobik selama 10 menit. Untuk menghilangkan otak yang penat di kantor, berjalan kaki santai sambil menghirup udara segar bisa membantu mengembalikan kesegaran pikiran.

Ketika kita bergerak atau berolahraga, asupan oksigen ke otak pun semakin meningkat. Selain baik untuk menyegarkan otak, olahraga secara teratur setidaknya 30 menit sehari juga bisa membantu meningkatkan kemampuan otak dan melindungi sel otak secara jangka panjang.

Hubungan sosial
Memiliki hubungan baik dengan pasangan, keluarga, atau teman ternyata bermanfaat untuk kesehatan otak. Sebuah studi yang dilakukan Harvard School of Public Health, Amerika, menemukan orang dengan kehidupan sosial yang aktif menunjukkan penurunan memori yang lebih kecil ketimbang orang yang kurang aktif dalam hubungan sosial.

Rahasianya adalah, interaksi yang sehat dengan orang lain. Interaksi dengan teman, pasangan, atau keluarga ternyata merupakan latihan yang baik bagi otak. Dengan sering berinteraksi, otak menjadi lebih aktif dan sehat. Karena itu, jangan ragu untuk selalu menjaga hubungan baik dengan teman atau keluarga. Hubungi mereka secara berkala dan ciptakan interaksi yang menyenangkan. Hubungan yang menyenangkan dengan orang lain membuat hidup bahagia sekaligus menyehatkan otak.

Tertawa
Tertawa merupakan kegiatan menyenangkan yang ternyata bermanfaat bagi otak. Saat tertawa, tubuh melepaskan hormon endorfin yang membantu menurunkan tingkat stres. Mengurangi stres secara jangka panjang baik untuk kesehatan otak. Tertawa juga dipercaya bisa membantu membuat seseorang lebih terbuka terhadap ide dan pendapat baru.

Jika tanggapan emosional lainnya hanya mempengaruhi beberapa area di otak, tertawa memiliki efek lebih besar. Tertawa membuat banyak bagian otak menjadi lebih aktif. Mendengarkan cerita lucu atau melihat sesuatu yang lucu bisa mengaktifkan beberapa bagian otak yang berfungsi untuk meningkatkan kreatifitas dan proses belajar.

Makan buah
Beberapa buah memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan otak. Stroberi atau blueberry memiliki kandungan anti oksidan tinggi yang baik untuk memperbaiki kerusakan sel pada otak. Beberapa buah-buahan lain juga memiliki berbagai kandungan yang bisa membantu meningkatkan fungsi otak. Apa saja buah yang baik untuk otak bisa dibaca selengkapnya di sini (http://id.she.yahoo.com/6-buah-segar-yang-bisa-meningkatkan-kualitas-otak-.html)

Asupan makanan yang baik untuk otak didukung oleh aktivitas yang menstimulasi otak seperti di atas bisa membantu kerja otak menjadi lebih maksimal. Seperti bagian tubuh lainnya otak juga perlu istirahat. Karena itu tidur yang cukup paling tidak 7-8 jam sehari juga bisa membantu memulihkan kembali kondisi otak dan memperbaiki sel-sel otak yang rusak. Selain itu jangan lupa selalu lakukan relaksasi dan kegiatan yang mengurangi stres untuk menjaga kesehatan otak.

Sumber : Yahoonews.com

Manfaat Edelweis Bagi Kesehatan

Jakarta, SUARA PEMBANGUNAN.

Manfaat Edelweis Bagi Kesehatan memang jarang diketahui oleh para pengagumnya. Selama ini Edelweis kita ketahui hanya sebagai bunga langka yang hidup di ketinggian di atas 2000 meter di atas permukaan laut, biasanya tumbuh di wilayah puncak - puncak gunung di Indonesia dan gunung - gunung bersuhu relatif tropis.

Tetapi tahukah anda, bila Edelweis memiliki manfaat bagi kesehatan? Jenis bunga ini memang terlihat rapuh, namun manfaatnya dapat mengencangkan kulit berkeriput, meningkatkan sirkulasi, mengobati iritasi, melindungi kolagen, dan mencerahkan kulit. Bunganya telah terbukti mengandung fitokimia yang mampu menghambat perkembangan radikal bebas.

Edelweis disajikan menjadi teh untuk mengobati sirkulasi yang buruk, kanker payudara, batuk dan difteri. Bahkan dibuat salep untuk melindungi kulit dari sengatan matahari, meringankan rasa sakit rematik dan membantu menyembuhkan luka.

Sumber : seruu.com

Perkembangan Otak Cemerlang Saat Remaja

Jakarta, SUARA PEMBANGUNAN.

"Otak terus berubah sepanjang hidup, tetapi ada lompatan besar dalam perkembangannya selama masa remaja," ujar Sara Johnson dari Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health, yang melakukan review untuk ilmu saraf, seperti dikutip dari Livescience, Senin (9/7/2012).

Dalam hal ini para ilmuwan memeriksa kekusutan saraf yang ada di otak pada remaja, sehingga didapatkan 5 fakta mengenai otak remaja yang selama ini masih menjadi misterius, yaitu:

1. Memiliki kemampuan berpikir baru
Johnson menuturkan karena adanya peningkatan maka otak remaja jadi lebih sering berhubungan dan meningkatkan pengolahan proses atau daya pikir. Remaja mulai memiliki keterampilan komputasi dan pengambilan keputusan seperti orang dewasa jika diberi waktu dan akses informasi.

Namun keputusan yang diambil ini kadang masih dipengaruhi oleh emosi karena otak remaja lebih mengandalkan sistem limbik (bagian di otak yang mengatur emosional) dibandingkan dengan bagian prefrontal cortex yang lebih rasional.


2. Peningkatan intensitas emosi
Pubertas yang dialami juga menyebabkan terjadinya perubahan besar pada sistem limbik, bagian otak yang tidak hanya membantu mengatur detak jantung dan kadar gula darah, tapi juga sangat penting dalam pembentukan kenangan dan emosi.

Selain itu saat remaja juga mengalami perkembangan perubahan hormon yang bisa menimbulkan intensitas emosi seperti kemarahan, kegembiraan, agresi termasuk pada diri sendiri dan juga daya tarik seksual.


3. Dipengaruhi oleh pemikiran rekan atau teman
Remaja lebih baik dalam berpikir abstrak sehingga menggunakan keterampilan ini untuk memikirkan apa yang orang lain pikirkan tentang dirinya, terutama dari temen atau rekan sepermainan.

Anak-anak atau remaja sangat khawatir bagaimana dirinya akan terlihat keren. Namun teman ini juga memberikan kesempatan bagi remaja untuk belajar keterampilan baru seperti negosiasi, kompromi dan perencanaan kelompok.


4. Mengukur risiko
Johnson menuturkan remaja perlu dosis risiko yang tinggi agar sama dengan orang dewasa dalam pengambilan keputusan yang berisiko. Kondisi ini yang mungkin membuat remaja terlibat dalam perilaku berisiko seperti mencoba narkoba, terlibat perkelahian atau gerakan impulsif lain.

Untuk itu diperlukan pengawasan dari orangtua, karena semua anak memiliki kerentanan dalam perkembangan khususnya pada pengambilan keputusan sehingga butuh peran orangtua dalam membatasi perilakunya.


5. Cenderung lebih idealis dan egois
Perubahan hormon pada masa pubertas sangat besar mempengaruhi otak, salah satunya adalah memacu reseptor yang memproduksi oksitosin lebih banyak. Oksitosin ini sering digambarkan sebagai hormon ikatan yang meningkatkan kepekaan terhadap dampak dari sistem limbik di otak.

Hal ini juga memungkinkan remaja tampak egois umumnya dalam pertahanan diri mereka, serta perubahan di otak ini membuat remaja cenderung lebih idealis.

Sumber Data : Detik

Anak "Indigo" Punya Kemampuan Sejak Lahir

Jakarta, SUARA PEMBANGUNAN.

Anak indigo merupakan anak yang memiliki kemampuan istimewa dan perilaku berbeda, yang secara awam diasumsikan sebagai indra keenam. Dari beberapa penelitian yang ada, anak indigo memiliki indra keenam sejak lahir.

"Anak indigo dikategorikan sebagai anak berkebutuhan khusus yang memiliki perilaku berbeda tapi dari segi kognitif, daya pikir dan kecerdasan normal. Ciri khasnya perilaku berbeda, sering juga disebut indra keenam. Biasanya sudah ada sejak lahir," ujar dr Suzy Yusnadewi, Sp.KJ(K), psikiater anak dari RSJ Grogol. (Rabu,3/10/2012)

Menurut dr Suzy, definisi anak indigo secara medis sendiri hingga kini masih kontroversial. Namun melihat fakta sosial yang ada, anak indigo sering dicirikan dengan kemampuan indra keenam, yang bisa melihat peristiwa yang akan datang atau melihat makhluk halus.

Bahkan ada yang menganggap bahwa anak indigo hampir mirip dengan pasien skizofrenia karena sering berhalusinasi.

Dokter yang juga berpraktik di Klinik Talenta Center ini mengatakan, hingga sekarang ada dua anggapan tentang anak indigo, pertama anak indigo termasuk skizofenia karena suka berkhayal dan kedua merupakan faktor genetis yang diturunkan karena orangtuanya memiliki indra keenam.

Namun sekali lagi, indigo memang masih kontroversi secara ilmiah dan belum sepenuhnya dipahami secara ilmu pengetahuan. Bahkan di kalangan ahli pun, fenomena indigo ditanggapi dengan pendapat yang berbeda.

dr Erwin Kusuma SpKJ (K) yang menjabat sebagai penasihat Yayasan Peduli Pendidikan Anak Indigo (YPPAI), mendefinisikan anak indigo sebagai anak yang terlahir dengan kemampuan yang bersifat spiritual dan memiliki kecerdasan yang tinggi.

"Anak indigo terlahir dengan kemampuan yang bersifat spiritual dan memiliki kecerdasan yang tinggi. Kemampuan spiritualnya bisa bermacam-macam dan berbeda dengan dari teman sebayanya," kata dr Erwin Kusuma SpKJ (K), yang juga psikiater dari RSPAD Gatot Subroto.

Lebih lanjut lagi, dr Erwin menerangkan bahwa kemampuan spiritual tersebut meliputi kemampuan untuk melihat masa depan, melihat masa lampau, telepati, membaca pikiran, bahkan melihat hal-hal yang gaib seperti hantu, makhluk halus dan hal-hal supranatural lainnya. Tak jarang orang menyebut orang indigo sebagai orang yang memiliki indera keenam.

Padahal menurut dr Erwin, pemahaman mengenai indigo tidak sedangkal itu. Untuk dapat disebut sebagai indigo, seseorang harus memiliki kecerdasan yang tinggi dan kemampuan spiritual yang baik. Anak indigo memiliki kemampuan pemahaman yang melebihi anak-anak seusianya. Namun ia juga memiliki kemampuan spiritual yang tinggi.

Sedangkan berdasarkan beberapa penelitian, seperti dikutip dari buku 'Misteri Indra Keenam pada Anak' karangan Zen F. Hawka, anak indigo didefinisikan sebagai anak yang memiliki indra keenam sejak lahir, atau bisa dikatakan anak indigo adalah ciri anak yang memiliki indra keenam.

Pada umumnya, manusia memiliki lima indra atau yang sering disebut dengan panca indra, yaitu indra penglihatan (mata), pendengaran (telinga), pengecap (lidah), penciuman (hidung) dan peraba (kulit).

Namun berdasarkan beberapa fakta sosial dan beberapa fenomena ganjil tentang keberadaan diri manusia itu sendiri, para ilmuwan menemukan kenyataan bahwa selain lima indra tersebut, ada satu indra lagi yang dimiliki oleh setiap manusia, yaitu indra keenam (the sixth sense atau Extra Sensory Perception). Sebagian kalangan mengasumsikan hal itu sebagai kekuatan supranatural.

Dengan kemampuan tersebut, anak indigo bisa memiliki kemampuan istimewa yang tidak dimiliki anak lain. Misalnya, telepati yang bisa memancarkan pemikirannya kepada orang lain tanpa harus mengenal batas. Anak indigo biasanya juga memiliki kemampuan untuk melihat makhluk halus atau peristiwa yang akan datang.

"Dengan indra keenam, anak indigo biasanya bisa melihat makhluk halus atau peristiwa yang akan datang. Mereka memiliki kemampuan yang tidak bisa diterima akal sehat. Anak indigo biasanya juga memiliki pikiran sendiri, sering mengkhayal dan diam, tapi dia bisa menceritakan sesuatu secara detail walaupun mereka tidak pernah melihatnya sendiri," tutup dr Suzy.

Sumber : detikhealth.com

Artikel Lainnya...

Follow Us

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday95
mod_vvisit_counterYesterday158
mod_vvisit_counterThis week253
mod_vvisit_counterLast week842
mod_vvisit_counterThis month2421
mod_vvisit_counterLast month3527
mod_vvisit_counterAll days1153624

We have: 55 guests online
Your IP: 54.144.57.183
 , 
Today: Nov 20, 2017