10 akhir Ramadhan menunjukkan tingkat keimanan kita, sudahkah khatam Al Qur'an ? atau Ramadhan kali inipun berlalu seperti tahun lalu..

Lingkungan

Pantai Santolo Garut Selatan

Pantai cantik ini berjarak 80 kilometer dari kota Garut, Jawa Barat. Namanya tentu tidak semasyur Pantai Kuta di Bali, tetapi keheningan dan panorama di pantai ini tentu merupakan kelebihan yang tersendiri.
Bahkan, jika dibandingkan dengan Pantai Pangandaran di Ciamis atau Pelabuhan Ratu di Banten, Pantai Santolo terbilang lengang. Selain Pantai Santolo, terdapat pula Pantai Sayang Heulang yang juga tak kalah indahnya di Garut.
Bisa kita lihat dari keindahannya dan kealamiannya, masih murni belum terjamah oleh siapa pun. Seandainya ada investor yang menanamkan modalnya di sini dan berinvestasi, Pantai Santolo ini akan sama bagusnya seperti Pantai Sanur atau Kuta di Bali.
Belum banyak pencinta pariwisata yang mengenal Pantai Santolo. "Mungkin karena letaknya yang jauh dan perjalanan yang berkelok-kelok, banyak orang enggan datang ke sini. Saya sangat optimistis suatu saat Pantai Santolo ini akan menjadi tujuan wisata baik Jawa Barat maupun nasional dan internasional.
Di Pantai Santolo pun terdapat sebuah tempat peluncuran roket yang merupakan bagian dari institusi Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional. Selain itu, tempat pelelangan ikan lengkap dengan restoran hasil laut bertebaran di sepanjang jalan menuju Pantai Santolo.

Sumber : wisatakotaintan.blogspot.com

9 Cara Mengurangi Plastik Dilingkungan Kita

Jakarta, SUARA PEMBANGUNAN.


Setiap tahunnya, setiap orang Indonesia menggunakan 700 kantung plastik. Tas-tas ini didapat gratis dari saat belanja, jajan, baik di warung, kaki lima, pasar swalayan, sampai pasar tradisional. Total, setiap tahunnya, Indonesia menghabiskan sekitar 100 milyar kantung plastik.
Kantung plastik dalam jumlah sebanyak itu tentu memiliki bahaya. Bukan hanya bertanggungjawab atas kematian 100 ribu hewan laut per tahun, kantung plastik juga bisa membahayakan hutan. Belum lagi jika kita mengingat fakta bahwa butuh 1000 tahun buat plastik terurai di alam.
Kita bisa berperan aktif dalam mengurangi konsumsi tas plastik yang beredar. Salah satunya dengan mengatakan 'tidak' buat kantung plastik. Selain itu, masih ada sembilan cara mengurangi konsumsi kantung plastik.

1. Sebarkan Informasi tentang bahayanya kantong plastik.

2. Bawalah Reusable bag bila berbelanja.

3. Jika tidak membawa Reusable bag, usahakan kurangi kantong plastik dengan cara memasukkan seluruh belanjaan dalam satu kantong.

4. Taruh Reusable bag dekat pintu, agar tidak lupa untuk membawanya jika berbelanja.

5. Gunakan Reusable bag yang bisa dilipat dan ditaruh dalam tas.

6. Sadarkan/ajarkan anak-anak kita untuk menghindari/mengurangi pemakaian kantong plastik.

7. Daur ulang kantong plastik dengan berbagai cara kreatif.

8. Hindari penggunaan kontong plastik khusus sampah, gunakan saja kantong plastik yang tersisa dirumah.

9. Hindari TAKE AWAY, Makanlah ditempat jika bisa.


Posting : This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it

Mengenal Prilaku Kucing Yu...

Jakarta, SUARA PEMBANGUNAN.
Mengapa kucing Mengeong pada sesama kucing? Kucing mengeong sebagai sinyal sosial kepada sesama kucing. Sinyal sosial ini bisa berupa pertanda kalau ia butuh bantuan, merasa senang, atau merasa puas.
Mengapa kucing tidur melulu?
Kucing tidur rata-rata 16 jam sehari. Hal ini untuk mencharge tubuhnya untuk berburu. Ketika berburu, kucing menggunakan energi secara mendadak, besar-besaran, dan cepat agar dapat menangkap buruan secara efisien.
Mengapa kucing membawa binatang mati ke rumah?
Itu pertanda kucing tersebut menganggap pemilik rumah tidak kompeten dalam berburu. Ia menunjukkan kemampuannya berburu dan mencoba mengajarkan pada “majikannya” cara mencari makan yang benar. Namun karena sang “majikan” tidak pandai berburu, sang kucing membawakannya makanan.
Mengapa Kucing mengubur makanan?
Sebagai persediaan makanan. Seperti halnya anjing, ketika kenyang namun masih ada makanan, kucing akan menguburnya agar tidak diambil hewan lain.
Mengapa kucing mengubur kotorannya dan pipis di daerah tertentu?
Hanya kucing inferior yang mengubur kotoran. Dalam dunia hewan, terdapat hewan alpha dan inferior. Hewan alpha adalah penguasa teritorial karena kekuatannya atau kualitas fisik lainnya. Hewan inferior tidak boleh berperilaku seperti hewan alpha karena berarti menantang duel hewan alpha. Kucing alpha boleh Be-A-Be sembarangan tanpa mengubur. Kucing alpha boleh pipis sembarangan. Baik Be-A-Be maupun pipis adalah tanda bahwa daerah tersebut adalah daerah kekuasaannya. Kucing inferior yang Be-A-Be di wilayah tersebut harus mengubur kotorannya agar tidak diketahui oleh alpha. Ia juga harus pipis di wilayah khusus yang diperbolehkan oleh sang alpha. Jadi, jika kucing anda mengubur kotorannya dan pipis di tempat yang itu-itu melulu, kucing anda bukan kucing jagoan.
Mengapa kucing marah pada orang yang tidak dikenal?
Itu tanda dominasi. Kucing menunjukkan eksistensi dirinya sebagai individu. Tindakan menatap matanya langsung adalah tanda konflik dan kucing dapat marah walaupun tatapan itu sebentar. Orang asing yang baunya tidak dikenal kucing harus menghindari kontak mata agar tidak memberi sinyal konflik.
Mengapa kucing berdesis pada burung?
Itu tanda kekalahan. Kucing tidak mampu menangkap sang burung sebagai mangsa sehingga menunjukkan kekesalannya dengan berdesis.
Mengapa kucing memukul lembut dengan kaki depan?
Itu tanda kenyamanan. Kucing memukul lembut pada tubuh anda yang dikiranya payudara ibunya. Sang ibu adalah tempat bernaung dan berlindung bagi sang anak kucing. Dengan memukul lembut payudara ibunya, sang kucing dapat menghisap asi sang ibu. Ini menjelaskan mengapa kucing yang manja umumnya kucing yang masih kecil.
Mengapa kucing memakan rumput?
Kucing memakan rumput sebagai lalapan. Walaupun karnivora, kucing membutuhkan juga protein nabati untuk kelancaran pencernaannya.
Mengapa kucing menggaruk dinding?
Menajamkan kukunya agar dapat mencengkeram mangsa lebih kuat. Jika dilakukan di dekat makanannya atau Be-A-Be nya, tindakan ini untuk mengubur kedua benda kontradiktif tersebut.
Mengapa kucing bersalto?
Hal ini dilakukan untuk memperoleh sudut terbaik untuk mencengkeram mangsa sehingga mangsa efektif tertangkap. Lemparkan gulungan kertas, ia juga akan bersalto.
Mengapa kucing memainkan mangsanya sebelum di bunuh?
Bagi kucing rumahan, mendapat mangsa adalah peristiwa langka. Kucing dapat saja menggigit langsung sehingga mangsanya efektif mati, tetapi hal ini tidak dilakukan. Ia ingin bersenang-senang dan menikmati momen dimana ia memperoleh mangsanya. Bagi ibu kucing, sering ia tidak membunuh sang mangsa, tetapi membawanya hidup-hidup untuk membagi kegembiraan dengan anak-anaknya.
Mengapa kucing mendesis ketika marah?
Ini disebut mimikri ular. Kucing sedang meniru ular karena bagi sang kucing, ular adalah hewan berbahaya. Ia punya taring seperti kucing, tetapi punya bisa. Kucing tidak punya bisa, tetapi dengan meniru desis ular, ia berharap lawannya mengira kalau ia juga punya bisa yang mematikan. Biasanya kucing mengarahkan telinganya menjadi datar ketika mendesis, tebak untuk apa, untuk meniru kobra.
Mengapa kucing suka menggosokkan tubuhnya pada kaki atau benda?
Sama seperti pipis dan Be-A-Be bagi kucing alpha, kucing menggosokkan dirinya pada benda sebagai tanda benda tersebut adalah miliknya. Kucing memiliki feromon dan feromon alias bau khas ini menempel pada benda-benda tersebut. Kucing lain yang ingin menggosokkan tubuhnya di benda yang masih ada feromon dari kucing lain tidak akan berani menggosokkan tubuhnya kecuali ia berani mengambil resiko konflik agraria. Jadi, jika kucing menggosokkan tubuhnya ke kaki anda, itu tandanya ia merasa anda adalah miliknya.
Mengapa kucing mengeong pada manusia?
Beda dengan sesama kucing yang menandakan sosialisasi, kucing mengeong pada manusia, terutama saat lapar, adalah berusaha menipu manusia. Ia mencoba meniru suara bayi agar dikira bayi oleh majikannya sehingga ia mendapatkan perhatian pula dari sang majikan layaknya perhatian yang diberikan sang manusia kepada anaknya.
Mengapa kucing menjilati tubuhnya setelah dipegang?
Kucing punya kelenjar yang terangsang ketika mereka menyentuhkan bulunya. Itulah feromon atau bau khas kucing sebagai penanda individu. Manusia juga punya bau yang dapat dicium kucing. Jika kucing mencium bau manusia di tubuhnya, bau karakteristiknya sendiri dapat tertutupi. Bau manusia begitu tajam sehingga mengalahkan bau sang kucing sendiri. Sang kucing tidak terima ini dan segera menjilati bulunya agar bau manusia hilang dan baunya kembali. Tidak heran begitu anda memeluknya terlalu lama, ia akan segera lari dan membasuh dirinya.

Disarikan dari berbagai sumber oleh : Ekaryana

Warna Warni Danau Linow

Minahasa, SUARA PEMBANGUNAN.

Siapa bilang Sulawesi Utara hanya terkenal dengan pantai dan keindahan bawah lautnya? Provinsi ini juga kaya akan keindahan alam lainnya, salah satunya Danau Linow di Minahasa. Danau ini unik karena terlihat berwarna-warni.

Danau seluas 34 hektar ini merupakan lokasi favorit masyarakat setempat. Selain warna-warni danau yang indah, alam sekitarnya pun cantik. Burung-burung belibis (ada yang menyebutnya itik liar) terbang rendah sambil sesekali berenang di permukaan air.

Lalu apa yang membuat danau ini memiliki beberapa warna yang berbeda? Ternyata danau ini terbagi menjadi dua sisi. Salah satu sisi memiliki kandungan belerang yang tinggi, sementara sisi yang lain tidak. Kandungan belerang ini, ditambah dengan efek cahaya matahari mampu membuat danau seolah-olah memiliki warna yang berbeda.

Sejak tahun 2006 pihak swasta membangun taman di pinggir danau — dengan tiket masuk Rp 25.000 per orang. Harga tersebut sudah termasuk kopi dan kue kelapa yang disediakan pengelola. Taman pinggir danau sebagian besar terdiri dari rumput yang terawat rapi, tempat duduk-duduk, serta kafe.

Sebuah jalan setapak dibangun di pinggiran bagi pengunjung yang ingin berjalan-jalan, maupun untuk mereka yang ingin berolahraga lari.

Para pengunjung biasanya duduk-duduk di pinggir danau sambil menikmati pemandangan Linow yang hijau kebiruan. Di sisi lain terlihat warna biru keputihan. Dari sisi lain warna danau terlihat berbeda, tergantung sudut pandang pemirsa.

Satwa lain yang juga menarik perhatian adalah serangga yang oleh masyarakat setempat disebut sayok atau komo. Serangga bersayap yang hidup di air ini juga sering ditangkap untuk dikonsumsi.

Di sekeliling danau ditumbuhi pohon cemara jarum dan bunga sepatu beraneka warna. Ada juga berbagai bunga lain yang saya tidak tahu namanya.

Satu peringatan, di pinggir danau sering ada gundukan lumpur panas, Anda sebaiknya menjauh. Selain itu, terkadang bau belerang juga tajam. Bila ada angin cukup kencang bau ini tercium dari kejauhan.

Di sisi kanan danau terdapat sebuah bangunan rusak yang tampaknya dimaksudkan sebagai Pusat Informasi Geotermal dan Geowisata Tomohon. Sebenarnya pembangunan kantor semacam itu adalah inisiatif yang bagus, sayangnya bangunan belum selesai dibangun, dan entah kenapa dibiarkan begitu saja.

Danau Linow ini berada di Desa Lahendong, Tomohon. Bila ingin berkunjung ke danau ini paling ideal adalah menyewa mobil karena dapat mengunjungi beberapa objek wisata sekaligus. Bila ingin hemat, Anda dapat naik angkutan umum dari Terminal Tomohon, namun harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sekitar 700 meter.

Dari kota Manado hanya butuh waktu sekitar 45 menit untuk mencapai danau.

Di wilayah tersebut Anda juga beberapa lokasi menarik yang dapat disinggahi. Salah satunya adalah Woloan, di mana Anda dapat melihat pembuatan rumah panggung khas Minahasa. Selain itu ada pula Desa Pulutan, sentra industri gerabah.

Cara Termudah Mengurangi Kantung Plastik

Jakarta, SUARA PEMBANGUNAN.

Volume peredaran kantung plastik yang cukup besar di Indonesia tak jarang membuat benda ini tercecer ada di jalanan, di luar tempat sampah, dan mengotori saluran air.
Kantung plastik yang ringan dan banyak sampah plastik lainnya sering berakhir di laut, menyebabkan kematian 100 ribu hewan laut per tahun. Selain itu, racun-racun dari partikel plastik yang masuk dalam tanah juga akan membunuh hewan-hewan pengurai di dalam tanah seperti cacing. Siklus air juga jadi terganggu jika banyak sampah plastik di tanah.
Tentu cara pertama untuk mengurangi penggunaan kantung plastik adalah dengan berhenti menggunakannya. Mulai bawalah tas sendiri saat berbelanja, gantung di dekat pintu agar tak lupa dibawa, pilih bahan yang cukup tipis sehingga bisa dilipat dan dimasukkan ke ransel atau tas sehari-hari Anda.
Atau jika tidak membawa kantung plastik sendiri, kurangi penggunaan kantung plastik saat berbelanja. Jika misalnya kasir memberikan Anda 2 kantung plastik berbeda untuk barang-barang belanjaan yang sebenarnya muat dalam satu plastik, kenapa harus menggunakan dua kantung plastik tersebut? Setidaknya ada sembilan solusi kurangi kantung plastik yang bisa Anda temukan di sini. 
Jika semua ini masih masih terlalu sulit, ada cara termudah untuk membantu mengurangi kantung plastik. Kumpulkan kantung plastik yang tercecer yang Anda temukan di manapun, lalu buang ke tempat sampah. 
Tetapi jika ini terlalu mudah, maka kumpulkanlah tas-tas plastik yang bisa Anda temukan, lalu serahkan ke pemulung atau tempat pengumpul plastik di kota Anda agar bisa diolah dengan baik. 
Tak mengotori tanah, tak berakhir di lautan dan membahayakan hewan laut, atau meracuni persediaan air kita. 
Apakah Anda sudah melakukannya? Jika iya, tentu kami ingin mendengar ceritanya lewat forum komentar di bawah ini.

Sumber : yahoo.com
Posting : This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it
Artikel Lainnya...

Follow Us

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday245
mod_vvisit_counterYesterday158
mod_vvisit_counterThis week403
mod_vvisit_counterLast week842
mod_vvisit_counterThis month2571
mod_vvisit_counterLast month3527
mod_vvisit_counterAll days1153774

We have: 64 guests online
Your IP: 23.20.162.200
 , 
Today: Nov 20, 2017