10 akhir Ramadhan menunjukkan tingkat keimanan kita, sudahkah khatam Al Qur'an ? atau Ramadhan kali inipun berlalu seperti tahun lalu..

Internasional

Filipina Teken Gencana Senjata dengan MILF

Manila, SUARA PEMBANGUNAN.

Pemerintah Filipina dan kelompok terbesar pejuang muslim telah meneken kesepakatan awal untuk tidak saling serang. Gencatan senjata ini sebagai langkah mengakhiri konflik berkepanjangan dan mulai diberlakukan pada 2016.

Ketua juru runding dari masing-masing pihak menandatangani kesepakatan kerangka kerja pada Senin, 15 Oktober 2012, yang disiarkan oleh televisi secara nasional di Istana Presiden. Penandatanganan kesepakatan dihadiri oleh Presiden Beningno Aquino, Kepala Fron Pembebasan Islam Moro (MILF) Murad Ebrahim, dan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak sekaligus sebagai mediator perundingan.

Dalam kesepakatan kerangka kerja itu dinyatakan bahwa kedua belah pihak sepakat atas berdirinya kawasan otonomi yang disebut dengan Bangsamoro atau bangsa muslim di daerah selatan Mindanao pada 2016.

Peta jalan damai ini disambut baik oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa, Amerika Serikat, dan negara-negara lain setelah selama 15 tahun terjadi tarik ulur soal upaya mengakhiri konflik berdarah antara MILF dan pemegang kekuasaan Filipina yang silih berganti.

Kendati demikian, kepemimpinan MILF, para pengamat independen, dan pemerintahan asing lainnya memperingatkan bahwa peta jalan damai yang diteken pada Senin itu tidak bisa menjadi jaminan konflik bakal berakhir.

"Kami merasa terhormat mendapatkan sambutan yang baik di Manila, tetapi perlu saya tekankan di sini bahwa ini hanyalah permulaan dari upaya perdamaian," kata Ghazali Jaafar, Deputi Urusan Politik Luar Negeri MILF, kepada kantor berita AFP, Senin, sebelum terbang ke ibu kota Manila.

Kelompok pejuang muslim telah melakukan perjuangan senjata untuk kemerdekaan penuh atau memperoleh daerah otonomi sejak 1970 di Mindanao. Kawasan ini mereka sebut sebagai tanah air sebelum dijajah oleh bangsa Spanyol yang menancapkan agama Kristen di negeri itu pada tahun 1500-an.

Diperkirakan jumlah mereka di selatan mencapai empat hingga sembilan juta orang. Sejak masuknya agama Katolik di Mindanao, mereka tergolong minoritas, tetapi untuk di beberapa wilayah di selatan, mereka merupakan kelompok mayoritas. Untuk kawasan yang berpenduduk mayoritas muslim, mereka akan diberikan hak otonomi.

Sumber : tempo.co.id

Namaqualand Padang Bunga Di Afrika Selatan

Cape Town, SUARA PEMBANGUNAN.

Benua Afrika rupanya tidak identik dengan tanah kering kerontang. Di Afrika Selatan, daerah gersang bisa berubah menjadi lautan bunga yang menawan. Penasaran?

Namaqualand membentang sepanjang 970 km di pesisir barat Cape Town, dan memiliki luas area sekitar 440.000 km2. Selama musim panas, dataran tersebut terlihat sangat kering dan gersang. Namun saat musim semi datang, padang yang tandus ini terlihat sangat cantik dan menawan dengan warna-warni beragam bunga.

Sulit memang untuk wisatawan membayangkan, bagaimana mungkin di tanah gersang seperti Namaqualand bisa ada gurun bunga yang cantik. Mengutip situs resmi Namaqualand, Jumat (12/10/2012), setelah hujan musim dingin, warna-warni bunga menghiasi dataran yang tandus ini. Bunga-bunga yang tumbuh liar ini pun menjadi panorama lain yang mengagumkan di Namaqualand.

Ingin melihat cantiknya lautan bunga di daratan Afrika Selatan yang gersang ini? Sebaiknya, wisatawan datang ke destinasi ini pada bulan Juli hingga Oktober setiap tahunnya.

Sekitar 4.000 jenis bunga bermekaran di wilayah tersebut. Keindahan alam yang unik ini pun tersohor hingga ke luar Afrika Selatan. Musim dimana bunga-bunga liar ini bermekaran dikenal dengan sebutan musim bunga aster Namaqualand.

Menempuh perjalanan kurang lebih 5 jam dari Cape Town. Traveler sudah bisa melihat hamparan bunga liar yang cantik mulai dari West Coast National Park di Langebaan. Akan tetapi, panorama sesungguhnya bisa wisatawan lihat saat memasuki Kota Garies, Springbok, Kamieskroon, dan Port Nolloth. Tidak hanya itu, Richtersveld National Park, Goegap Nature Reserve, Skilpad Wild Flower Reserve juga menjadi bagian yang sangat menarik dan 'wajib' dilihat.

Ya, traveler bisa melihat lautan bunga di seluruh area Namaqualand, pesisir barat Cape Town, Olifants River Valley, dan kota-kota seperti Citrusdal, Clanwilliam, Lamberts Bay, Nieuwoudtville serta Vredendal. Masukan beberapa nama destinasi ini dan Anda bisa melihat bunga-bunga yang sangat cantik. Dijamin, perjalanan Anda di Afrika Selatan tidak akan mengecewakan.

Bunga aster oranye putih serta ratusan bunga lainnya, tumbuh dan bermekaran di lahan yang sebelumnya sangat tandus dan gersang ini. Namun, keragaman jenis serta cerahnya warna bunga-bunga ini tergantung pada debit hujan yang turun selama musim penghujan.

Berhenti dan mampir di pusat informasi pariwisata sangat diajurkan dalam perjalanan Anda di Namaqualand. Hal ini bertujuan agar Anda dan traveler lainnya benar-benar bisa melihat panorama tercantik dari lautan bunga ini.

Ketika sampai di Namaqualand, banyak cara yang bisa traveler lakukan untuk menikmati keindahan gurun bunga ini. Tidak melulu harus menggunakan mobil, pelancong juga bisa melakukan hiking atau bersepeda melewati rute yang sudah disediakan.

Serunya lagi wisatawan juga bisa bermalam di area ini. Wisatawan bisa memilih Goegap Nature Reserve yang menyediakan lokasi piknik dan fasilitas untuk bermalam. Jangan berpikir, hanya bisa melihat padang savana atau dataran yang tandus saja. Afrika juga punya padang bunga yang memesona!!!

Sumber : atlasobscura.com

Marty Natalegawa : Serukan Boikot Israel

Jakarta, SUARA PEMBANGUNAN.

Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa menyerukan boikot terhadap Israel saat pertemuan Gerakan Non Blok di Teheran Iran.

"Semua negara Non Blok menyerukan dukungan terhadap Palestina, kalau Indonesia dari puluhan tahun sudah kita sampaikan," kata Marty di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (10/10/2012).

Marty mengatakan bila Israel kembali melakukan pelanggaran hukum internasional, maka diperlukan pertimbangan hubungan diplomatik dengan negara tersebut.

"Negara-negara tidak membeli produk Israel yang dijual di kawasan Palestina," ujarnya.

Marty juga meminta negara gerakan non blok untuk segera mengakui Palestina. Hal itu, kata Marty, merupakan langkah kongkrit Indonesia serta menentukan posisinya di Negara Non Blok.

"Akan kita dorong, tidak ada kendala jika negara sudah punya hubungan diplomatik kemudian tidak punya hubungan dengan Palestina," imbuhnya.

Sumber : Tribunnews.com

Longsoran Kubur 19 Anak Sekolah

Beijing, SUARA PEMBANGUNAN.

Setidaknya 19 orang, 18 di antaranya anak-anak, terkubur di dalam kelasnya ketika tanah longsor menimbun sebuah sekolah di Cina. Selain sekolah, dua rumah juga tertimbun tanah basah bercampur lumpur.

Bencana yang terjadi di sebuah desa di propinsi Yunnan ini terjadi saat anak-anak tengah belajar di dalam kelas.

Bencana ini adalah bencana besar kedua yang menimpa desa itu dalam satu bulan ini. Serangkaian gempa bumi, dengan kekuatan 5,8 pada skala Ritcher, melanda provinsi itu pada tanggal 8 September, menewaskan puluhan orang.

Tanah longsor itu terjadi pada pukul 08.00 waktu setempat. Siswa Sekolah Dasar Youfangtai di desa Zhenhe, tak sempat lari menyelamatkan diri, karena kejadiannya berlangsung cepat.

Li Zhong, kepala biro pendidikan setempat menyatakan, para siswa semestinya libur. Namun, mereka tetap masuk selama libur nasional untuk menebus kekosongan pelajaran akibat sekolah diliburkan saat gempa bumi terjadi. Sebuah keluarga dengan tiga orang berhasil melarikan diri sebelum terkena longsor, lapor Xinhua.

Tim penyelamat sedang dalam perjalanan menjangkau lokasi, kata seorang pejabat. Medan yang sulit menyebabkan mereka tak bisa dengan segera sampai ke desa itu.

Sumber : tempo.com

Uji Nyali Di Tower Baja Tertinggi Dunia

Tokyo, SUARA PEMBANGUNAN.

Dengan ketinggian 333 meter, Tokyo Tower tercatat sebagai bangunan menara baja tertinggi di dunia yang tegak berdiri sendiri. Di ketinggian 150 meter, turis bisa beruji nyali dengan berdiri di atas lantai kaca tembus pandang ke dasar bangunan.

Nama resmi bangunan ini adalah Nippon Denpato. Desain menaranya mirip seperti Menara Eiffel di Paris. Bahkan lebih tinggi hampir 33 meter dibanding Menara Eiffel. Fungsi awalnya juga sama, yaitu sebagai sebagai pemancar radio (dan televisi) hingga jangkauan mencapai radius 100 km. Namun bangunan tersebut sekarang sudah tidak difungsikan seperti fungsi semula, hanya digunakan untuk obyek wisata.

Dengan berat mati 4.200 ton, Tokyo Tower dirancang tahan menahan guncangan gempa hingga kekuatan hingga kekuatan 9,5 SR. Maklum Jepang adalah kawasan rawan gempa berskala besar. Tokyo Tower bagian atas dirancang tahan terhadap hembusan angin kencang berkecepatan 100 m per detik, sedangkan bagian bawah tahan terhadap angin berkecepatan 80 m per detik.

Semula bangunan ini adalah bangunan tertinggi di Tokyo, namun sekarang telah dikalahkan oleh Tokyo Sky Tree yang memiliki ketinggian 634 meter. Namun demikian, Tokyo Tower tidak kehilangan pesonanya. Setiap hari ratusan hingga ribuan wisatawan masih datang berkunjung ke menara yang berada di Taman Shiba, tak jauh dari pusat Kota Tokyo tersebut.

Tokyo Tower terlihat kokoh di tengah Kota Tokyo. Pemerintah Jepang merancang secara khusus untuk menonjolkan bangunan tersebut dengan mengatur bangunan di sekelilingnya lebih rendah, sehingga Tokyo Tower bisa dilihat dari berbagai titik pandang. Menara ini diberi warna oranye dan dipadu warna putih. Selain untuk memenuhi peraturan keselamatan penerbangan, pilihan warna itu juga semakin menonjolkan Tokyo Tower.

Jika cuaca baik, pengunjung bisa naik ke lantai paling atas, setinggi 250 meter. Namun jika cuaca kurang mendukung, pengunjung akan dibawa naik di lantai khusus untuk pengamatan di lantai bawahnya yang berketinggian 150 meter. Sedangkan di lantai bawah, pengunjung akan disuguhi foto-foto yang merekam kejadian tsunami besar yang menimpa Fukushima pada tahun 2011 lalu.

Seluruh dinding lantai ini terbuat dari kaca sehingga sejauh pengunjung berkeliling, akan bisa menikmati Kota Tokyo dari ketinggian. Pengunjung dibebaskan mengambil gambar di lantai ini.

Hal yang cukup mengesankan di lantai 150 meter ini adalah terdapat lantai kaca tembus pandang selebar 100x80 cm. Di lantai tersebut pengunjung dipersilahkan duduk atau berdiri di atasnya sembari melihat pemandang di dasar menara. Meskipun lantai kaca tebal dengan pengaman otot baja tersebut dijamin kuat, namun tak sedikit pengunjung yang tidak berani berada di atasnya.

Sumber : detiktravel.com

Artikel Lainnya...

Follow Us

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday74
mod_vvisit_counterYesterday114
mod_vvisit_counterThis week74
mod_vvisit_counterLast week842
mod_vvisit_counterThis month2242
mod_vvisit_counterLast month3527
mod_vvisit_counterAll days1153445

We have: 6 guests online
Your IP: 54.224.121.67
 , 
Today: Nov 19, 2017