10 akhir Ramadhan menunjukkan tingkat keimanan kita, sudahkah khatam Al Qur'an ? atau Ramadhan kali inipun berlalu seperti tahun lalu..

Suara Rakyat

Pasokan Terganggu karena Cuaca Buruk, Elpiji Langka di Lombok

Mataram - Cuaca buruk mengakibatkan pasokan elpiji di Lombok, terganggu. Sepekan terakhir, stok elpiji kosong. Bahkan sampai di tingkat pengecer.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Lombok Barat, Joko Wiratno, mengatakan kapal pengangkut elpiji tak bisa menyeberang dari Bali ke Lombok karena cuaca buruk. Keberangkatannya ditunda hingga 5 hari ke depan. Satu-satunya jalan, pasokan elpiji dilakukan menggunakan mobil tangki.

"Cuaca tidak mungkin kapal pengangkut elpiji menyeberang," kata Joko kepada wartawan, Kamis (3/2/2012).

Untuk sementara waktu, lanjut Joko, pasokan dilakukan melalui jalur darat. Mobil-mobil tangki dioperasikan untuk mengangkut BBM dari Bali ke Lombok dan sekitarnya.

Pantauan detikcom, di SPPBE Delta Adiguna, Kota Mataram, truk-truk pengangkut elpiji mengular hingga lebih dari 1 km. Kendaraan ini sudah mengantre sejak 8 hari terakhir. Namun, hingga kini, belum jelas kapan pasokan datang.

Seorang agen elpiji, Machsoen Ridwainy, mengatakan pihaknya sudah menghentikan pasokan elpiji ke pangkalan dalam sepekan terakhir. "Elpiji tidak ada. Kami mau distribusikan apa? Kendaraan kami di SPPBE Kota Mataram dan SPPBE Lembar, Lombok Barat, masih ngantre sampai sekarang. Sudah sepekan, belum ada barangnya," katanya.

Kebutuhan harian elpiji di Lombok mencapai 90 metrik ton. Kebutuhan itu hanya dipasok oleh dua SPPBE, yakni SPPBE milik PT OM Agus di Lembar, Lombok Barat dan SPPBE PT Delta Adiguna di Kota Mataram. Dua SPPBE lainnya di Lombok Timur dan Lombok Tengah saat ini masih dibangun.

Tidak kondusifnya cuaca di laut selama sepekan terakhir juga membuat kapal penumpang, tak bisa beroperasi. Berdasarkan informasi, kapal feri Andika Nusantara yang berangkat dari Pelabuhan Padangbai, Bali, menuju Pelabuhan Lembar, Lombok Barat, sempat terdampar di pulau kecil terpencil terhempas gelombang setinggi tiga meter. Beruntung seluruh penumpang berhasil diselamatkan.

(try/vta)

Follow Us

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday266
mod_vvisit_counterYesterday158
mod_vvisit_counterThis week424
mod_vvisit_counterLast week842
mod_vvisit_counterThis month2592
mod_vvisit_counterLast month3527
mod_vvisit_counterAll days1153795

We have: 70 guests online
Your IP: 23.20.162.200
 , 
Today: Nov 20, 2017