10 akhir Ramadhan menunjukkan tingkat keimanan kita, sudahkah khatam Al Qur'an ? atau Ramadhan kali inipun berlalu seperti tahun lalu..

Teknologi

BUAH ANEH BERWARNA MENYILAUKAN DIDUNIA

SUARA PEMBANGUNAN.

Buah menyilaukan yang tumbuh di hutan hujan di belantara Afrika, dinobatkan sebagai spesies alam paling berwarna yang pernah dikenal dalam dunia ilmu pengetahuan.
Ia adalah buah dari Pollia condensata, tanaman yang tumbuh dengan ketinggian kurang dari setengah meter di Ethiopia, Angola, dan Mozambik. Buahnya berbentuk bundar, kecil, dengan warna metalik seperti manik-manik.
Yang istimewa dari kulit buahnya, meski berwarna kebiruan, ia sejatinya tak punya pigmen biru. Riset terbaru yang dimuat di jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences menyebut, alih-alih memiliki struktur warna, kulitnya merefleksikan gelombang cahaya yang ukurannya berbeda-beda.
Tiap individu sel menghasilkan warna beragam, yang membuatnya seperti lukisan pointillism, teknik yang dimiliki pelukis impresionis merangkai titik menjadi sebuah lukisan yang utuh. Saat dilihat di bawah mikroskop, kulitnya terlihat berubah warna tergantung dari sudut mana ia diamati.
Ketebalan lapisan selnya juga menentukan panjang gelombang cahaya yang dipantulkan. Beberapa sel memiliki lapisan tipis yang merefleksikan warna biru, yang lebih tebal menghasilkan warna hijau atau merah.
Dr Beverley Glover dari Department of Plant Sciences, University of Cambridge mengatakan, Pollia condensata telah berevolusi secara cerdas.
"Tanaman kecil ini sungguh fantastis, mampu membuat buahnya mengkilap, gemerlapan, multiwarna, menjadi sinyal yang menarik untuk burung di sekitarnya, tanpa membuang cadangan fotosintesis hanya untuk memberi makan burung," kata dia.
Seperti diketahui, tanaman membutuhkan bantuan mahluk lain, seperti serangga dan burung untuk menebar benih. "Ini evolusi yang sangat cerdas."
Meski buahnya tak punya nilai gizi, burung-burung tertarik pada warnanya yang terang. Mungkin dianggap indah untuk dekorasi sarang, atau untuk membuat pasangan mereka terkesan.
Yang juga mengesankan, warna buah Pollia condensata tak pudar oleh waktu. Para peneliti menemukan sampel buah di koleksi herbarium dari abad ke-19, yang masih mengkilap dan berwarna-warni seperti yang ada di alam.

Sumber : vivanews.com

Kapal Perang Siluman Karya Anak Bangsa

Banyuwangi, SUARA PEMBANGUNAN.

Inilah Kapal Perang Siluman TNI AL Karya Anak Bangsa -Pertahanan Samudera Indonesia kini bakal lebih berwibawa. TNI Angkatan Laut kemarin (31/8) resmi meluncurkan kapal patroli rudal cepat siluman KRI Klewang bernomor lambung 625. Kapal berbahan serat karbon ini merupakan kapal tercanggih milik TNI AL.
Peluncuran dilakukan dari galangan kapal PT. Lundin Industry Invest di pantai Cacalan, Kelurahan Klatak, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi.
Dari Mabes TNI ALhadir Wakil Asisten Logistik KSAL Laksamana Pertama (Laksma) Sayyid Anwar. Dalam peluncuran kapal pesanan Kementerian Pertahanan RI itu juga dihadiri Dirjen Bea Cukai Kementerian Keuangan Agung Kuswandono. Bupati Abdullah Azwar Anas juga ikut menyaksikan peluncuran kapal yang diklaim sebagai kapal perang paling inovatif tersebut.
Kapal itu didorong menuju laut dengan bantalan beberapa gelender karet raksasa berisi angin. Proses menggelender kapal itu juga disaksikan ratusan warga yang memadati pantai Cacalan. Pengadaan KRI Klewang menggunakan APBN 2009 yang dilaksanakan Dinas Pengadaan Mabes TNI AL dan di bangun PT. Lundin Industry Invest Banyuwangi. Kontrak pengadaan dilakukan pada tahun 2009, sedangkan pekerjaan konstruksi kapal itu baru dilakukan mulai tahun 2010 lalu.
KRI Klewang 625yang bernilai Rp. 114 miliar itu baru rampung sekitar 90 persen. Setelah berhasil diluncurkan di Pantai Cacalan, pekerjaan akhir akan dilakukan di dermaga Pangkalan TNI AL (Lanal) Banyuwangi. Saat diluncurkan kemarin, peralatan persenjataan modern kapal itu belum dipasang.
Laksma Sayyid Anwar mengungkapkan, KRI Klewang 625 itu merupakan kapal cepat rudal pertama yang dimiliki TNI AL. Kapal ini tergolong canggih karena tidak mudah dikenal dan tidak bisa dideteksi oleh radar lawan. "Karena itu disebut siluman atau stealth," katanya. Kapal ini, tidak mudah terdeteksi oleh radar karena tidak menggunakan bahan baja melainkan menggunakan bahan serat karbon. Tidak semua negara memiliki kapal jenis ini, hingga saat ini baru Amerika Serikat (AS) dan Indonesia yang memiliki kapal type trimaran ini. AS hanya memiliki empat unit kapal dan Indonesia baru memiliki satu unit saja.
"Kapal cepat rudal ini sudah memiliki pengakuan luar dan dalam negeri," ujar perwira tinggi TNI AL kelahiran Desa Cantuk, Kecamatan Singojuruh, Banyuwangi itu.Dia menambahkan, kapal ini akan dilengkapi dengan empat rudal jenis C.705 dengan jarak tempuh sekitar 120 kilometer. Kapal ini memiliki 27 anak buah kapal (ABK). "Kemungkinan besar KRI Klewang ini akan ditempatkan di Armatim," tambahnya. Setelah berhasil diluncurkan, KRI Klewang melakukan uji berlayar di Selat Bali.Setelah sukses melakukan uji coba, kapal sandar di Dermaga Lanal di Desa Ketapang, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi.
Bentuk lambung KRI Klewang yang radikal memungkinkan kapal ini dapat menembus gelombang sehingga dapat meningkatkan stabilitas. Kapal ini dibangun dengan menggunakan material komposit serat karbon yang memanfaatkan vacuum infusion process dan resin vinylester."Metode ini menghasilkan sebuah struktur yang lebih kuat, tetapi juga memiliki biaya operasional dan pemeliharaan yang efisen," jelas Andi Luqman Contract Manager PT. Lundin Banyuwangi.
Artitrimaransendiri adalahkapal multihull atau berlambung lebih dari satu.Yaitu terdiri dari lambung utama yang disebutVAKAdan dua lambung kecil atau cadik yang menempel di kanan dan kiri lambung utama yang disebutAMAS. Asal kapal trimaran berasal dari kepulauan Pasifik. Jadi memang desain kapal perang Trimaran diambil dari perahu bercadik yang banyak dijumpai di kepulauan Pasifik.
Selama ini kapal perang konvensional selalu berlambung tunggal atau monohull yang sulit bila harus berlayar di perairan dangkal dan mudah tenggelam. Namun tidak dengan desain multihull seperti trimaran.
Kepala Pusat Penerangan Mabes TNI Laksamana Muda Iskandar Sitompul optimistis KRI Klewang akan menjadi ujung tombak pertahanan laut Indonesia.

Sumber : Pusat Penerangan Mabes TNI

Blue Moon Muncul 1 September 2012

Jakarta, SUARA PEMBANGUNAN.

Peristiwa alam yang sangat langka akan terjadi pada akhir minggu ini, yaitu terjadi pada hari Sabtu, 1 september 2012. Fenomena alam yang langka ini adalah berupa bulan biru.

Pada bulan Mei lalu, beberapa orang di daratan Amerika Serikat dapat menikmati Partial Lunar Eclipse yang diperkirakan akan terjadi lagi pada tanggal 26 April 2013 mendatang. Sedangkan, Jumat besok atau Sabtu waktu Indonesia, bulan akan kembali menunjukkan sisi warna birunya.

Langkanya fenomena tersebut melatarbelakangi munculnya ungkapan "once in a blue moon". Dalam arti sebenarnya, fenomena Bulan Biru muncul setiap 3 tahunan. Ini disebabkan oleh lunasi Bulan yang lamanya 29,5 hari sementara satu bulan dalam kalender masehi ada yang 31 hari.

Warna biru memang bukan artian sebenarnya. Bulan pada 1 September mendatang akan diselimuti banyak debu angkasa, saat itu bulan akan terlihat berwana biru jika dilihat dari bumi. Tidak hanya berwarna biru saja, orbit bumi tersebut juga diperkirakan akan tampil penuh atau purnama.

MSN melaporkan, beberapa pakar menyatakan peristiwa 'Bulan Biru' tidak dapat diprediksi waktu kemunculannya. Namun, para peneliti mencatat setiap 2,7 tahun sekali anomali antariksa ini akan selalu muncul dan menghiasi langit.

Bulan purnama berwarna biru ini akan muncul dan dapat dinikmati kembali pada bulan Juli 2015 mendatang. Terakhir kali Blue Moon muncul pada Desember 2009 lalu. Istilah Blue Moon pertama kali digunakan pada 1542 lampau dan dipakai hingga sekarang.

Mau mengamatai Bulan Biru? Keluarlah pada Jumat malam dan cari lokasi yang tepat. Siapa tahu, Bulan nanti akan berwarna biru karena suatu sebab, mewujudkan fantasi tentang Bulan berwarna biru.

Sumber : seruu.com

Berbagai Situs Internet Terkapar, Gara-gara Detik Kabisat

Jakarta, SUARA PEMBANGUNAN.

Mungkin tidak banyak yang menyadari bahwa 30 Juni pukul 23:59 kemarin warga dunia menikmati waktu satu detik lebih lama dari biasanya. Keputusan untuk menyisipkan "bonus" satu detik yang dinamakan detik kabisat (leap second) ini dilakukan untuk menyelaraskan waktu universal terkoordinasi (UTC) dengan rotasi Bumi.

Detik kabisat dilakukan karena rotasi Bumi kerap mengalami fluktuasi, sehingga jam atom yang merupakan penunjuk waktu terakurat di muka Bumi pun perlu "disetel ulang".Namun ternyata penambahan satu detik ini sudah cukup membuat berbagai situs "terkapar" alias mengalami down time. Dikutip dari PC Mag, Senin, 2 Juli 2012, situs populer seperti Reddit, LinkedIn, Mozilla, Pirate Bay, Yelp, dan berbagai situs lain ikut terkena imbasnya.

"Apa kalian pernah berharap mendapat tambahan satu atau dua detik ekstra? Harapan itu bukan untuk saat ini," ujar juru bicara Reddit dalam akun Twitter-nya. Reddit kemudian menjelaskan bahwa pihaknya menghadapi masalah pada Java/Cassandra terkait dengan pemberlakuan detik kabisat.

Gangguan ini dialami oleh situs dengan server Linux yang menjalankan aplikasi Java dan memiliki rujukan waktu pada Network Time Protocol (NTP), dan terjadi saat detik menunjuk pada hitungan ke-61. NTP sendiri berbasis pada UTC yang dihitung menggunakan jam atom. Pada jam atom, detik tersebut dihitung dengan menampilkan hitungan ke-59 sebanyak dua kali.

Google, termasuk satu di antara situs yang selamat dari kisruh detik kabisat ini. Raksasa digital ini diketahui sudah lama mempersiapkan datangnya detik kabisat.

"Kami memodifikasi server NTP internal kami dengan menambah beberapa milisekon secara bertahap pada setiap update," ujar Google Engineer, Christopher Pascoe, dalam blog Google. Karena itu pada saat tahun kabisat terjadi jam di Google telah lebih dulu menyesuaikan dengan penambahan detik tersebut.

Konsep detik kabisat pertama kali diperkenalkan pada 1972, dan sejak saat itu telah terjadi 25 kali detik kabisat. Detik kabisat dapat terjadi di antara dua hari, yaitu 30 Juni dan 31 Desember. Sebelum tahun ini, detik kabisat terakhir terjadi pada 31 Desember 2008.

Sumber : tempo.co

Remaja Sering Kirim SMS "Nakal"

New York, SUARA PEMBANGUNAN.

Ponsel memang merupakan perangkat untuk berkomunikasi. Namun, sebagian remaja malah menggunakan perangkat ini untuk berkirim pesan nakal.
Lembaga riset TxtWatcher telah melakukan pengumpulan data dari ratusan ribu pesan per bulan di seluruh Amerika Serikat. Hasilnya, sekitar 4 persen dari remaja yang disurvei mengirim pesan berisi konten dewasa.
Selain itu, sekitar 2,35% dari seluruh pesan mengandung kata-kata narkoba dan 4% berisi konten vulgar.
Lembaga ini juga merilis rata-rata remaja mengirim 65 pesan setiap hari. Artinya, remaja akan mengirim sekitar 77 pesan "nakal" (konten dewasa) dan 39 pesan tentang narkoba setiap bulannya. Serta lebih dari 1.800 pesan singkat yang tidak penting.
"Konten dewasa ini mengacu pada kata-kata seksual eksplisit atau frasa yang memiliki arti berkonotasi negatif," kata perwakilan TxtWatcher Dan Maier.
Pihak TxtWatcher memiliki kamus berisi kata dan frasa yang sering dipakai oleh remaja dalam mengirim pesan ke temannya.
Untuk bisa mengetahui kata-kata dalam pesan singkat yang dikirim para remaja ini, lembaga TxtWatcher memiliki software untuk ponsel Android yang dapat menganalisa pesan-pesan apa saja, atau kata-kata apa saja yang sering dipakai remaja untuk berkomunikasi.
Software ini langsung bisa di-install di perangkat ponsel si anak. Sehingga, orang tua akan dapat mengawasi perangkat ponsel yang dipakai anaknya.
Layanan ini telah dipakai sejak tiga bulan lalu dan telah di-install di ribuan ponsel remaja di Amerika Serikat.
Namun TxtWatcher juga kesusahan dalam menganalisa pesan yang dikirim oleh remaja. Hal itu disebabkan para remaja ini lebih suka memakai bahasa "slang" untuk mengelabui orang tuanya.
Padahal, kata-kata "slang" tersebut bisa jadi adalah kata sandi untuk konten-konten dewasa. Salah satunya adalah kata "slang" angka 8. Jika diartikan dalam bahasa "slang", angka 8 itu berarti oral seks.

Editor : Soegeng Haryadi
Sumber :Kompas.com
Artikel Lainnya...

Follow Us

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday224
mod_vvisit_counterYesterday158
mod_vvisit_counterThis week382
mod_vvisit_counterLast week842
mod_vvisit_counterThis month2550
mod_vvisit_counterLast month3527
mod_vvisit_counterAll days1153753

We have: 56 guests online
Your IP: 23.20.162.200
 , 
Today: Nov 20, 2017