10 akhir Ramadhan menunjukkan tingkat keimanan kita, sudahkah khatam Al Qur'an ? atau Ramadhan kali inipun berlalu seperti tahun lalu..

Teknologi

Rusia Hidupkan Kembali Tanaman Berusia 32 Ribu Tahun

Kalau ternyata benar, ini akan menjadi tanaman paling tua yang pernah dibangunkan kembali dan merupakan pertanda arah baru penelitian mengenai mahluk hidup pra-sejarah.

Buah, biji dari tanaman campion itu, ditemukan dalam lobang binatang di tundra Rusia, beku dan terbungkus rapat di bawah 38 meter batu dan es. Biji pohon itu disimpan disana oleh seekor tupai, beserta lebih dari 600 ribu biji dan buah kuno.

Para ilmuwan mengambil sel-sel dari placenta buah itu, bagian tanaman yang menum-buhkan biji, dan merawatnya untuk meng-hasilkan biji baru. Beberapa tahun kemudian, biji tersebut telah tumbuh menjadi tanaman berbunga kuno yang sangat baru.

Campion pra-sejarah itu kelihatan sangat serupa dengan jenis keturunannya pada zaman moderen ini, tetapi dengan daun yang lebih lebar.

Tim ilmuwan Rusia itu menggunakan carbon dating untuk menentukan usia biji pohon itu, tetapi penelitian lebih jauh untuk mengukuhkan temuan mereka kemungkinan akan dilakukan.

Para ilmuwan di masa lampau pernah membuat klaim serupa, tetapi kemudian terbukti salah mengenai bunga mekar dari biji yang berusia ribuan tahun. Dalam satu contoh, biji itu ternyata biji moderen yang tadinya menyusup ke tempat sampel biji kuno. (voa)

posting: This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it

5 HACKER PALING CANTIK DAN SEKSI DI DUNIA

Jakarta (suarapembangunan.net)

Apa yang ada dalam benak Anda jika mendengar kata hacker? Orang berpenampilan layaknya kutu buku dengan kacamata tebal? Singkirkan dulu bayangan tersebut. Karena ternyata, 5 hacker wanita ini mungkin bisa mengubah pandangan Anda.

1. Kristina Svechinskaya

Ia adalah seorang mahasiswi di New York University. Kristina sempat populer karena keberhasilannya membobol jutaan dolar dari beberapa bank di Inggris dan Amerika Serikat.

Bersama dengan 9 orang lainnya, Kristina menyedot uang dari ribuan akun bank sebelum akhirnya tertangkap pada November 2010. Hacker cantik ini menggunakan virusZeus Trojan Horseuntuk menyerang akun-akun tersebut. Banyak orang sepakat bahwa ia merupakan salah satu hacker terseksi yang pernah ada.

2. Ying Kracker

Wajahnya yang manis dan terlihat polos membuat orang tak mungkin berpikir bahwa Ying adalah seorang hacker. Ying sendiri berprofesi sebagai guru di Shanghai, China.

Ia mengajarkan langkah-langkah dasar dari proses hacking, seperti bagaimana mengganti IP Address dan bagaimana memanipulasi password. Ying juga merupakan seorang ahli dalam membuat software khusus hacker.

3. Joanna Rutkowska

Joanna adalah wanita asal Polandia yang sangat tertarik dengan dunia hacking. Namun bedanya, ia lebih memfokuskan diri pada bagaimana membangun sistem keamanan untuk mencegah terjadinya kejahatan tersebut.

Wanita cantik ini pertama kali dikenal saat acara Black Hat Briefings di Las Vegas pada Agustus 2006. Saat itu ia mempresentasikan diri dengan membobol sistem keamanan di Windows Vista. Tidak hanya itu, Joanna juga berhasil menerobos Intel System Management Mode dan Trusterd Execution Technology.

Sejak itu, Joanna sering diundang oleh berbagai perusahaan software untuk memberi saran soal sistem keamanan mereka.

4. Raven Adler

Gadis bergayagothic ini menjadi wanita pertama yang melakukan presentasi di DefCon Hacker Conference. Namun ia berpendapat bahwa dirinya tidak ingin dikenal hanya sebagai seorang hacker wanita.

Raven lebih senang jika populer karena kemampuannya sebagai hacker diakui oleh orang lain. Belakangan, ia cukup aktif mendesain, mengetes, dan mengaudit pendeteksi keamanan di berbagaiagency.

5. Xiao Tian

Hacker berwajah oriental ini tampil elegan dan modis. Penampilannya yang feminim berbanding terbalik dengan kemampuannya membobol sistem keamanan. Xiao Tian memang mengaku sangat tertarik pada dunia fashion.

Ia pertama kali dikenal saat berumur 19 tahun. Salah satu korbannya tidak lain adalah perusahaan pemiliksearch engine terbesar di dunia, Google. Saat itu, Xiao Tian bersama timnya menyerang sistem infrastruktur dari Google China.

Dari berbagai sumber

posting: This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it

Indonesia urutan tujuh dunia pengguna software ilegal

Indonesia menempati urutan ketujuh dari 32 negara di dunia dalam hal penggunaan software ilegal atau tanpa lisensi berdasarkan riset Business Software Alliance (BSA) dan Ipsos Public Affairs pada 2010.

"Riset ini dilakukan berdasarkan sisi perilaku pengguna dan kekurangan penegakan hukum dalam hal penggunaan software ilegal," kata Sekretaris Jenderal Masyarakat Indonesia Anti-Pemalsuan (MIAP), Justisiari P Kusumah, di Jakarta, Kamis.

Kusumah yang juga Kuasa Hukum BSA Indonesia itu mengatakan, BSA melakukan survei kepada 400-500 responden di 32 negara.

Hasil lain menunjukkan secara global, berdasarkan hasil riset BSA sebanyak 47 persen pengguna komputer pribadi di dunia menggunakan software ilegal.

"Lebih jauh lagi, saat ini Indonesia menduduki peringkat ke-11 dengan jumlah pemakaian software ilegal atau bajakan sebesar 87 persen," katanya.

Hal itu berdasarkan tingkat pemakaian software ilegal/bajakan, IDC (International Data Corporation), dalam 2010 Piracy Study yang dirilis pada Mei 2011.

Sementara itu, beberapa studi lain pada pada 2010 menyatakan produk software palsu menjadi salah satu produk yang banyak digunakan konsumen Indonesia sepanjang 2010, yakni sebesar 34,1 persen.

Menurut dia, argumen yang mengatakan kegiatan pemalsuan dan pembajakan telah menolong perekonomian negara dan menciptakan lapangan kerja merupakan argumen yang tidak valid.

"Hal itu karena jelas dari hasil studi justru kegiatan tersebut telah membawa dampak negatif yang lebih luas," demikian Sekjen MIAP, Justisiari P. Kusumah.

Pukulan baru bagi pembuat BlackBerry RIM

Peran BlackBerry akan tergeser, menyusul keputusan badan pengadaan utama pemerintah federal AS yang akan membeli iPhone dan perangkat berbasis Android sebagai sarana kerja bagi sekitar 17.000 pegawainya.

Selama ini, sebagian besar pegawai di lingkungan pemerintah federal AS menggunakan BlackBerry sebagai platform komunikasi mereka. Dan, langkah lembaga pemerintah AS itu seolah menjadi pukulan baru bagi pembuat BlackBerry, Research In Motion, ditengah kian terdesaknya oleh iPhone dan perangkat Android di pasar ponsel pintar.

Sementara the General Services Administration/GSA (Administrasi Layanan Umum), mengatakan tidak akan memaksakan keputusan pembelian itu di lembaga-lembaga pemerintah lainnya, meskipun syarat dan kondisi yang dinegosiasikan dapat digunakan sebagai cetak biru bagi instansi lain, kata Reuters dalam laporannya.

"Kami aktif berusaha progresif dalam mengadopsi teknologi baru jadi kami akan mempelajari itu dengan akan menginformasikan kepada instansi-instansi klien dan pelanggan kami karena mereka juga berupaya untuk mengambil langkah yang sama," kata kepala kantor informasi GSA, Casey Coleman, kepada Reuters.

GSA, yang mengelola 500 miliar dolar aset pemerintah termasuk telekomunikasi, teknologi informasi, dan perumahan, juga menguji smartphone dan tablet yang digunakan pegawai mengenai keamanan jaringan yang mereka gunakan.

Coleman mengatakan BlackBerry tetap menjadi smartphone paling banyak digunakan di GSA, dengan perangkat Apple dan perangkat lain yang ber-software Android Google mengambil peran 5 persen dari seluruh armana di instansi itu.

Perangkat baru itu untuk melengkapi dan bukan menggantikan, katanya, dan GSA tidak mempunyai rencana untuk meninggalkan server RIM, yang mengatur lalu lintas komunikasi BlackBerry dengan aman.

RIM mengenakan fee untuk penggunaan server dan pusat datanya, yang mengompres dan mengenkripsi email dan data sensitif lainnya.

Langkah GSA ini hanya rintangan terbaru yang dihadapi RIM yang bermarkas di Waterloo, Ontario.

Badan AS lainnya, National Oceanic and Atmosphire Administration (NOAA), pekan lalu mengatakan akan meninjau server-server yang menjalankan BlackBerry mereka pada Juni karena pemangkasan biaya.

Perusahaan ladang minyak Halliburton berencana untuk mengganti 4.500 BlackBerry karyasannya dengan iPhone, dan mengatakan perangkat itu lebih cocok dengan kebutuhannya. Beberapa bank juga menyambut baik perangkat saingan BlackBerry itu.

Langkah NOAA itu dimungkinkan setelah mereka mengalihkan software berbasis-desktop ke aplikasi-aplikasi Google untuk pemerintah.

Coleman mengatakan, GSA sudah beralih ke aplikasi-aplikasi Google pada Juni lalu, memangkas setengah biaya mereka dibanding dengan perangkat lunak desktop yang digunakan sebelumnya.

GSA berencana menyawarkan satu layanan agar lembaga-lembaga lain bisa dengan cepat memesan email berbasis-Web.

"Ini sebuah area yang berubah dan berkembang pesat, sebagaimana perkembangan pasar kami akan melanjutkan untuk berusaha memberikan karyawan perangkat-perangkat terbaik untuk pekerjaan terbaik mereka," tutup Coleman.

BPPT-Jepang kerjasama kembangkan turbin angin

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) bekerja sama dengan Jepang untuk mengembangkan teknologi turbin angin Tomonokaze yang mampu membangkitkan listrik dengan baik dari kondisi kecepatan angin yang rendah seperti di Indonesia.

"Berbeda dengan Eropa yang rata-rata kecepatan anginnya sampai 12 meter per detik, di Indonesia kecepatan anginnya hanya 3-6 m/detik," kata Kepala BPPT Dr Marzan A Iskandar seusai Penandatangana nota kesepahaman (MoU) kerja sama dengan Jepang mengembangkan turbin angin Tomonokaze di Jakarta, Rabu.

Dengan kecepatan angin rendah, lanjut dia, turbin angin sulit berputar, atau kalaupun bisa berputar daya listrik yang dihasilkan sedikit, namun teknologi Tomonokaze mampu membuat turbin bisa berputar cepat meski dengan kecepatan angin 3-6 m/detik dan memberi daya yang juga lebih besar.

Karena itu pihaknya bersama Tomo Wind Energy akan menguji kelaikan teknologi tersebut di Taman Teknologi Terbarukan di pantai Baron Yogyakarta sebanyak satu unit dengan kapasitas 4 kW. Saat ini di taman tersebut sudah ada pembangkit listrik tenaga bayu/angin (PLTB) 15 kW, surya 36 kW dan biofuel 25 kW.

"Jika sudah dikembangkan sesuai dengan kondisi di Indonesia, Jepang berminat membangun industri turbin angin di Indonesia dengan material yang juga berasal dari Indonesia," katanya.

Selama ini, ujarnya, untuk memenuhi kebutuhan energi yang dibangkitkan dari angin, Indonesia mengimpor turbin, karena BPPT (laboratorium aerogasdinamika dan getaran) dan Lapan hanya memenuhi pesanan-pesanan kecil saja dimana investasi yang diperlukan 8 dolar AS per Watt.

Saat ini Indonesia baru memanfaatkan energi angin sebesar kurang dari 2 MW, padahal potensinya 9.300 MW. Hanya saja potensi itu diakuinya tersebar di lokasi-lokasi terpencil misalnya di tepi pantai selatan Jawa dan Indonesia timur.

Sementara itu Deputi teknologi informasi energi dan material BPPT Dr Unggul Priyanto mengatakan keunggulan teknologi Tomonokaze terletak pada disainnya yang dilihat dari "blade" dan motornya, serta terletak pada materialnya yang ringan dan kuat dari bahan yang seluruhnya komposit.

Sementara itu, CEO Tomo Wind Energy Kazuki Nomoto mengatakan, pihaknya sudah mengembangkan teknologi turbin angin sejak 20 tahun lalu, sedangkan teknologi terbaru Tomonokaze adalah yang keempat.

"Teknologi ini sudah dicoba dan terpasang di Kyusu yang kondisi kecepatan anginnya sangat rendah, hanya 1 meter/detik, setinggi 6 meter. Namun turbin ini bisa berputar dengan cepat," katanya sambil memperlihatkan foto.

Daya listrik yang dihasilkan dari PLTB ini, jelasnya, tergantung dari kecepatan anginya. Jika kecepatan angin hanya 4-5 m/ detik daya yang dihasilkan sekitar 10 kW per hari.

Follow Us

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday222
mod_vvisit_counterYesterday158
mod_vvisit_counterThis week380
mod_vvisit_counterLast week842
mod_vvisit_counterThis month2548
mod_vvisit_counterLast month3527
mod_vvisit_counterAll days1153751

We have: 55 guests online
Your IP: 23.20.162.200
 , 
Today: Nov 20, 2017