10 akhir Ramadhan menunjukkan tingkat keimanan kita, sudahkah khatam Al Qur'an ? atau Ramadhan kali inipun berlalu seperti tahun lalu..

Teknologi

10 Kebiasaan Buruk Pengguna Teknologi (Bagian 1)

Jakarta - SUARA PEMBANGUNAN

Sibuk dengan pekerjaan, mengurus anak dan keluarga, sekolah, atau kegiatan lainnya, terkadang membuat kita lupa dengan hal-hal kecil dan sepele saat menggunakan perangkat teknologi dan telekomunikasi. Apakah Anda termasuk orang yang melakukan 10 kebiasaan buruk ini?

1. Kerja dengan Posisi Tidak Ergonomis

Duduk berjam-jam di depan komputer, baik itu di kantor atau di rumah, adalah kebiasaan buruk yang banyak dilakukan pengguna teknologi. Misalnya, jarak pandang monitor yang tidak pas, kursi yang tidak menyokong punggung dengan baik, atau meja yang terlalu kecil/tidak sesuai dengan perawakan. Hal itu bisa menyebabkan beberapa bagian tubuh cedera kecil. Nah, bagaimana bekerja dengan komputer yang sehat? Berikut tipnya.

* Gunakan kursi yang secara dinamis dapat diatur tinggi-rendah dan senderan punggungnya.
* Atur posisi monitor bagian paling atas setidaknya setinggi 5-8 sentimeter di atas arah pandang mata.
* Untuk menghindari efek silau dari layar monitor, gunakan filter atau pelindung anti-silau.
* Duduklah dengan jarak sekitar satu rentangan tangan dari monitor.
* Kaki harus dapat menjejak pada lantai atau pada pijakan kaki yang stabil.
* Jika menggunakan alat pemegang/penjepit dokumen, samakan tingginya dengan layar monitor.
* Antara siku dan pergelangan tangan sejajar dan lurus saat menggunakan keyboard/mouse.
* Lengan dan siku berada dalam posisi santai dekat dengan tubuh Anda.
* Posisikan monitor dan keyboard di tengah hadapan Anda.
* Gunakan keyboard yang memiliki bagian pengungkit di bawahnya untuk mengatur posisi.
* Gunakan alas kerja atau meja yang stabil dan tidak goyah.
* Sesekali lakukan istirahat dengan berdiri, perenggangan dan melihat ke arah lain.

2. Membiarkan Gadget Kotor

Jangan biarkan perangkat komputer/telekomunikasi Anda kotor. Menurut sebuah penelitian, 16 persen dari sampel ponsel yang pernah disurvei ternyata terkontaminasi dengan bakteri E.coli, bakteri yang ada pada kotoran manusia dan umumnya ditemukan dalam usus besar manusia. Survei ini mencoba mengungkapkan bahwa orang tidak mencuci tangan dengan benar setelah ke toilet. Bayangkan jika setelah itu Anda memegang gagang pintu, makanan, atau ponsel, bakteri tersebut bisa pindah ke orang lain atau masuk ke dalam tubuh.

Sementara itu keyboard ternyata mengandung kuman 60 kali lebih banyak dari dudukan toilet umum. Karena itu biasakan membersihkan perangkat komputer/telekomunikasi Anda sekali sehari, atau setidaknya seminggu sekali dengan bahan pembersih yang tepat untuk mengurangi pertumbuhan virus dan bakteri yang bisa membuat Anda sakit.

3. Terobsesi dengan Ponsel

Bagaimanapun, perangkat telekomunikasi seperti smartphone telah banyak membantu kita dalam kehidupan sehari-hari untuk berkomunikasi. Namun ingat, gara-gara gadget tersebut hubungan kita dengan teman dan anggota keluarga bisa retak. Karena itu, pakailah smartphone di saat yang tepat. Jangan sibuk chatting-an/berjejaring sosial terus saat sedang makan dengan keluarga/teman, jangan chatting saat sedang berbicara dengan orang, dan pelankan suaramu ketika berbicara di tempat umum.

4. Tidak Memback-up Data

Sebagian besar dari Anda mungkin masih banyak yang belum memback-up isi komputer secara teratur. Back-up data Anda ke hard drive eksternal dan pastikan bahwa dokumen dan data-data penting yang Anda butuhkan telah diback-up dan disimpan dengan aman.

5. Nge-game Terlalu Lama

Anda maniak game? Jika iya, jangan sampai keasyikan nge-game dan lupa waktu. Apalagi sampai lupa makan dan istirahat. Duduk dalam jangka waktu yang lama bisa berbahaya buat jantung dan muncul gumpalan darah yang fatal. Sementara itu, kebanyakan duduk diam (kurang beraktivitas) juga dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Karena itu, cobalah untuk istirahat sejenak dan melakukan peregangan otot setiap 15 menit untuk memperlancar peredaran darah dan mengistirahatkan mata.

(Sumber: Internetsehat/DOR)
Posting: This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it

Mobil Nano Segera Meluncur

Jakarta, SUARA PEMBANGUNAN

Akhir tahun ini jalan-jalan di Jakarta akan terlihat berseliwerannya Mobil mungil buatan India yang bernama Nano. Rencananya mobil ini akan di bandrol seharga Rp.30 juta saja!. Maka bisa diprediksi bahwa mobil ini akan banyak menghiasi jalan-jalan di Jakarta.

Di India sendiri saat pertama kali diluncurkan pada 2008 mobil ini dijual seharga Rp 23 jutaan. Dengan label mobil termurah sejagat, popularitas Nano semakin terdongkrak. Mobil ini menurut pendiri Tata Motors merupakan untuk masyarakat yang menggunakan motor.

Dan kini, Nano pun makin mendunia, bukan hanya India saja, pasar Eropa pun dirambah Nano, tentunya dengan penambahan spesifikasi untuk memenuhi standar yang tinggi. Dengan emisi yang lebih bersih dan perangkat keamanan yang lebih tinggi. Negara tetangga India pun sudah mendapatkan Nano.

Di Indonesia, Tata Motors mendirikan PT Tata Motors Indonesia yang dipimpin oleh CEO (Indonesia Operations) B Sengupta. Brosur Nano pun sudah disebarkan Tata Motors, ada 3 varian yakni Nano standar (tanpa AC dan power window), Nano CX (pakai AC), dan varian tertinggi LX.

Berikut spesifikasi Mesin Nano:

Tipe: 624 cc, 2 silinder, MPFI

Daya maksimum 35 Ps pada 5.200 RPM

Torsi maksimum 48 Nm pada 3.000-3.500 RPM

Kecepatan maksimum 105 km per jam

Konsumsi BBM 23,6 km per liter

Sumber : Internet
Posting : This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it

Cara gampang kendalikan amarah

Jakarta. SUARA PEMBANGUNAN

Anda yang gampang naik darah bisa berlatih cara yang sangat gampang untuk mengendalikan diri.

Kiatnya cuma gunakan tangan yang keliru untuk kegiatan sehari-hari.

Orang yang biasa menggunakan tangan kanan, biasakanlah untuk memakai tangan kiri alias jadi kidal saat menggunakan mouse komputer, mengaduk gula teh atau kopi, membuka pintu dan ha-hal lain yang tidak membahayakan.

Bagi yang kidal, gunakan tangan kanan.

Setelah dua pekan latihan, anda sudah mampu mengendalikan emosi agar tidak "meledak".

Menurut Dr Thomas Denson dari University of New South Wales, melatih pengendalian diri sama seperti melatih keterampilan main piano atau golf.

Dalam studi yang dilakukan Dr Denson itu,  orang yang mulai menggunakan tangan yang "keliru"  atau non-dominan, dalam dua pekan akan lebih mampu mengendalikan emosi.

Penelitian Dr Denson dimuat di jurnal Current Directions in Psychological Science.

Menurut dia, menggunakan tangan non-dominan untuk "mengendalikan mouse, mengaduk kopi, membuka pintu, membuat orang melatih pengendalian diri karena nalurinya selalu ingin menggunakan tangan dominan."

Dr Denson dan para koleganya mengutip kesimpulan para kriminolog dan sosiolog yang menyebut bahwa kasus kekerasan terjadi ketika ada kesempatan dan kurangnya kemampuan mengendalikan diri.

"Orang yang agresif pastinya ingin mengendalikan diri, tapi mereka kurang mampu. Coba saja pasang monitor untuk melihat aktivitas otaknya lalu hina mereka, maka yang bagian otak mereka yang mengatur pengendalian diri justru lebih aktif dibandingkan orang yang tidak agresif."

Dr Denson juga memberi nasihat bahwa pada awalnya latihan menggunakan tangan non-dominan justru akan memancing emosi.

"Tapi jika berlatih terus dalam jangka waktu lama, anda akan punya kemampuan untuk mengendalikan diri. Ini sama seperti latihan untuk semua hal, awalnya selalu sulit, namun selanjutnya akan semakin mudah."

sumber: www,antaranews.com

posting: This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it

Anak 14 Tahun Bobol Jaringan Komputer, Dikeluarkan dari Sekolah

London. SUARA PEMBANGUNAN

Seorang anak berusia 14 tahun dikeluarkan dari sekolahnya karena telah membobol (hacking) dan masuk ke sistem komputer sekolah. Padahal, sebelumnya ia menuai pujian dan dikenal sebagai pengembang aplikasi smartphone termuda di Eropa.

Anak itu bernama Aaron Bond asal Inggris. Ia berhasil mengakses informasi rahasia tentang murid dan guru di sekolah, termasuk informasi soal keuangan wakil kepala sekolah. Dia juga mengubah sistem pemesanan ruang komputer sekolah.

Sebelum dikeluarkan, polisi setempat telah melakukan penyelidikan dengan mengambil sampel DNA dan sidik jari Aaron. "Kami mengeluarkan Aaron karena melakukan pelanggaran serius," kata kepala sekolah Kate Mason.

Menurut beberapa pengamat, langkah sekolah mengeluarkan Aaron adalah tindakan yang berlebihan. Sebagian pihak menyayangkan mengapa sekolah tidak mendidik seorang anak dengan bakat komputasi luar biasa melebihi anak seusianya.

Aaron menyatakan bahwa dirinya menyesal telah melakukan hacking jaringan komputer sekolah. "Jika saya tahu konsekuensinya, saya tidak akan pernah melakukan hal itu," sesal Aaron.

Ibunda Aaron tampak tidak bisa menerima keputusan sekolah. Ia pun menyayangkan sekolah tidak mau memberi kesempatan kedua kepada anaknya.

Di Eropa, Aaron pertama kali menarik perhatian publik pada tahun 2011 lalu, ketika ia berumur 13 tahun. Si anak jenius ini berhasil membuat game smartphone bertajuk Spud Run, yang kini menjadi game untuk perangkat iOS (iPhone, iPad, dan iPod Touch) dan dibanderol dengan harga 0,99 dollar AS.

Atas prestasi itu, Aaron dijuluki sebagai pengembang aplikasi termuda di Eropa. Dia mempelajari sendiri teknik mengembangkan aplikasi dengan cara menonton tutorial-tutorial di internet. Aaron juga telah membuat situs web sebuah perusahaan ketika ia berumur 6 tahun.

Bagaimana nasib Aaron selanjutnya? Semoga kejadian ini tidak membuatnya kehilangan semangat mengembangkan aplikasi.

sumber: www.kompas.com

posting: This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it

Hacker Kalahkan Keamanan Google Chrome

Kanada. SUARA PEMBANGUNAN

Hacker berhasil mengalahkan peramban milik Google, Chrome, dalam sebuah kompetisi tahunan. Pada kompetiti Pwn2own di Kanada, sekelompok hacker Prancis berhasil melewati fitur kebanggan keamanan Google untuk mengambil kontrol dari Windows PC hanya dalam waktu kurang dari lima menit.

Meski tahun ini Chrome kalah dalam kompetisi yang menguji keamanan web browser, sebaliknya pada tahun lalu Chrome berhasil bertahan hingga akhir kompetisi. Sementara itu dengan hasil yang dicapai, secara keseluruhan peretas memenangkan 32 poin dalam kompetisi Pwn2own.

Tahun ini Chrome dikalahkan oleh Vupen, sebuah perusahaan prancis yang kontroversial di kalangan keamanan untuk menjual kerentanan perangkat lunak dan menemukan agen mata-mata pemerintah.

“Kami ingin menunjukkan bahwa Chrome bisa diatasi. Tahun lalu, kami melihat banyak berita utama, tidak ada yang bisa meretas Chrome dan kami ingin memastikan itu akan terjadi tahun ini,” ujar Chaouki Bekrar, Head of Research perusahaan tersebut pada ZDNet, seperti dilansir dari Telegraph, Jumat (9/3/2012).

Vupen menggunakan dua kerentanan yang sebelumnya tidak diketahui untuk mengalahkan Chrome, yang dianggap lebih kuat ketimbang rivalnya Firefox dan Internet Explorer karena penggunaan ‘sandboxing’. Perangkat lunak tersebut yang kini menjadi browser kedua paling popular di dunia, secara efektif berjalan terpisah ke seluruh sistem operasi, sehingga jika terjadi peretasan maka penyerang tidak bisa mendapatkan kontrol penuh dari mesin.

Bekrar mengungkapkan, timnya telah bekerjasama selama enam pekan menjelang Pwn2own untuk mengungkapkan kerentanan. Mereka juga menemukan cara untuk meretas Firefox dan Internet Explorer, tapi sebelumnya ingin menunjukkan bahwa Chrome merupakan yang pertama bisa dikalahkan.

Meski telah memenangkan kompetisi, tapi Bekrar memuji Chrome sebagai salah satu browser paling aman yang pernah ada.

“Ini bukanlah tugas yang mudah untuk mengeksploitasi secara penuh dan memotong semua perlindungan. Saya bisa mengatakan bahwa Chrome merupakan salah satu browser paling aman,” puji Bekrar.

sumber: www.okezone.com

posting: This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it

Artikel Lainnya...

Follow Us

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday92
mod_vvisit_counterYesterday158
mod_vvisit_counterThis week250
mod_vvisit_counterLast week842
mod_vvisit_counterThis month2418
mod_vvisit_counterLast month3527
mod_vvisit_counterAll days1153621

We have: 53 guests online
Your IP: 54.144.57.183
 , 
Today: Nov 20, 2017