10 akhir Ramadhan menunjukkan tingkat keimanan kita, sudahkah khatam Al Qur'an ? atau Ramadhan kali inipun berlalu seperti tahun lalu..

Teknologi

Cara Merawat Flash Disk Biar Awet

Jakarta, SUARA PEMBANGUNAN

Masih ingat dengan benda kecil tempat menyimpan data/file, mungil dan terkadang suka bikin lupa naronya dimana? Yaps itulah flashdisk. Alat itu sekarang sudah merajalela dimana-mana, selain bentuknya yang evisien, muatannyapun banyak.

Nah jangan mentang-mentang sekarang harga flashdisk sudah semakin murah, akhirnya kita tidak memperhatikan gimana cara merawatnya. Coba kenali terlebih dahulu karakter flashdisk secara umum berikut ini.

Sebagaimana kita tahu kegunaan dari flashdisk adalah media untuk menyimpan data-data yang bisa kita bawa kemana-mana,yang bila kita pasang di komputer layaknya seperti hardisk mini yang isinya mencapai ratusan bahkan ribuan data,tapi belum banyak yang tahu kalau flashdisk itu berumur seperti lampu TL.

Beberapa hal yang perlu diketahui tentang flashdisk (USB flashdisk murni,bukan MP3/MP4) diantaranya :

- USB flashdisk hanya bisa aktif bila ada arus listrik yang diperoleh dari port USB, dibeberapa flashdisk memerlukan arus listrik yang lebih besar dan kadang-kadang diharuskan untuk langsung ditancapkan di port motherboard biar terdeteksi,
- kabel yang terlalu panjang membuat flashdisk tak bisa dibaca karena kurangnya arus.
- flashdisk biasanya mempunyai ketahanan sampai 10 th.
- Di flashdisk kecepatan membaca lebih cepat daripada menulis, Flasdisk menggunakan Memory tipe Random akses yang tidak berpengaruh di kecepatan akses dan defragment File tidak diperlukan.
- File sistem yang digunakan flashdisk adalah FAT/FAT32 yang bisa diakses dimanapun, meskipun bisa di format dengan tipe system operasi seperti NTFS.
- Data-data di flashdisk bisa kita amankan dengan satu cara yaitu dengan meng-enkripsi data yang ada di flashdisk meskipun setiap membeli flashdisk disertakan software yang bisa mengunci, tapi tetap bisa dibuka di komputer yang tidak terdapat software tersebut.
- Kemungkinan USB flashdisk tidak rusak bila kena air atau terendam sekalipun asal dikeringkan dulu sebelum dipakai.

TIPS MENGGUNAKAN FLASHDISK BIAR LEBIH AWET :
1).Jangan terlalu banyak menyimpan file di flashdisk kalau bisa lebih baik zip.
2).Hindari mengedit langsung dari flashdisk dengan alternatif copy data di komputer, kemudian edit setelah selesai, baru di copy ke flashdisk.
3).Lepas flashdisk bila tidak digunakan.
4).Sebisa mungkin melepas flashdisk melalui safety remove hardware, hindari melepas langsung bila masih dalam proses membaca/menulis karena bisa rusak akibat arus listrik.
5). Tambahan :Bila membeli flashdisk, jangan melihat harganya tapi lihat garansinya, mahal sedikit tapi garansinya lebih lama

Demikian semoga bermanfaat.

Posting : This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it

Laba-laba Aneh di Pakistan

Karachi, SUARA PEMBANGUNAN

Jutaan laba-laba di Pakistan melakukan sesuatu hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Mereka mengungsi ke atas pohon dan ramai-ramai membuat sarang yang menyelubungi seluruh pohon.

Kejadian ini pertama kali diabadikan oleh seorang fotografer yang berasal dari provinsi Sindh di sebelah tenggara Pakistan, dekat Karachi, di mana pohon-pohon di sana dibaluti oleh sarang laba-laba seperti layaknya kepompong.

Banyak yang mengaitkan peristiwa ini dengan banjir Pakistan yang terjadi tahun lalu, yang merupakan banjir terburuk yang dialami oleh Pakistan sejak 10 tahun terakhir.

Pada banjir ini, sekitar 20 juta warga Pakistan kehilangan tempat tinggal dan menurut data Department for International Development pemerintah Inggris, banjir masih meninggalkan genangan air seluas wilayah Inggris.

Peristiwa ini sendiri belum pernah terjadi sebelumnya. Namun, penduduk melaporkan bahwa kehadiran jaring-jaring laba-laba di pohon-pohon memiliki kontribusi dalam mengurangi jumlah nyamuk di tempat itu, yang populasinya semakin menjadi-jadi akibat adanya genangan air.

Seperti dikutip dari situs DailyMail, resiko penyakit malaria juga menurun karena diperkirakan jaring-jaring tadi menjebak nyamuk-nyamuk malaria yang berseliweran di sekitar tempat itu.

Sumber : vivanews.com
Posting : This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it

Pohon Jambu Berbuah Cengkeh

Padang, SUARA PEMBANGUNAN

POHON jambu dengan pucuk cengkih berhasil dipersatukan sehingga memproduksi buah cengkeh. Demikian hasil penelitian dari Kantor Ketahanan Pangan Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat, Rasmi R, S.St. M.Si.

"Teknologinya cukup sederhana. Antara lain, jambu yang sudah relatif besar dipotong dahannya. Setelah bertunas muda langsung disambungkan dengan pucuk cengkeh. Setelah 21 hari entris akan menyatu, maka akan muncul sebatang cengkeh yang siap berbuah cengkeh," kata Rasmi R, di Padang, belum lama ini.

Menurut dia, penyambungan pohon jambu (yang dimanfaatkan sebagai batang bawah) dengan pucuk cengkeh akan memproduksi cengkeh tanpa repot?repot menanam dari awal. "Cengkeh atau `Eugenia aromatica` merupakan tanaman yang berasal dari pulau Zanzibar ini pernah menjadi primadona pada hasil perkebunan di Indonesia," kata Rasmi, seperti dilansirKompas.com.

Namun, kini pamor cengkeh relatif menurun karena monopoli tata niaga, kuota dan serangan hama atau penyakit tanaman. Dengan merosotnya komoditi cengkeh, penelitian tentang cengkeh menjadi tidak menarik.

Rekayasa budidaya cengkeh ini dilakukan untuk meningkatkan lagi minat penelitian cengkeh sehingga nilai ekonomisnya bisa dilihat kalangan luas. Penyambungan cengkeh dan jambu bisa dilakukan sebab keduanya termasuk dalam satu genus, yakni Eugenia. Jambu sendiri memiliki beberapa spesies, antara lain jambu keling dan jambu air.

"Sebagai dasar dalam ilmu budidaya tanaman dan ilmu biologi menjelaskan bahwa tanaman yang satu genus bisa dilakukan penyambungan (enten ), tempelan (okulasi ), susuan dan lain?lain," papar Rasmin.

Diketahui, jambu paling baik ketahanannya adalah jambu keling. Di wilayah Sumatera Barat, jambu ini tumbuh di Solok. Walau bagian batang bawahnya tetap terbakar, jambu ini tetap hidup.

Rekayasa budidaya harus mempertahankan ketahanan kedua jenis tanaman yang akan disilangkan.

Sumber : antaranews.com
Posting : This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it

Kupu-Kupu Ternyata Miliki Telinga Super

London, SUARA PEMBANGUNAN

Tahukah Anda? Kupu-kupu sebenarnya memiliki telinga kecil yang terletak pada sepasang sayapnya. Meski ukurannya sangat kecil, telinga ini memiliki kemampuan yang sangat hebat. Dengan telinga ini kupu-kupu mampu membedakan suara tinggi dan rendah, serta mengetahui keberadaan burung yang ada di dekatnya.

Dulu, belum banyak orang yang tahu bahwa kupu-kupu memiliki sepasang telinga. Para peneliti menganggap mereka tuli. Namun pada 1912, untuk pertama kalinya dunia sains menemukan bahwa kupu-kupu memiliki telinga.

Seperti dilansirLiveScience, Selasa (3/10/2009), Kathleen Lucas dan timnya dari University of Bristol kemudian mengadakan penelitian untuk mengetahui lebih dalam tentang bentuk unik membran pendengaran yang terletak di dasar sayap biru morfo atau bagian dalam sayap. Dari penelitian ini terungkaplah kemampuan super telinga kupu-kupu.

Untuk mencari tahu bagaimana membran itu membantu kupu-kupu mendengar, Lucas melakukan eksperimen, memperdengarkan suara dengan frekuensi yang berbeda.

Tim peneliti memulainya dengan memutarkan suara yang masih bisa didengar oleh kupu-kupu, yaitu suara dengan frekuensi 1.000 sampai 5.000 Hz.

Sebagai pembanding, kupu-kupu itu pun diperdengarkan pula suara dengan rentang frekuensi pendengaran manusia pada frekuensi 20 hingga 20.000 Hz, meski umumnya ucapan manusia berada pada pada rentang 100 hingga 4.000 Hz.

Selama uji coba tersebut, Lucas dan timnya menggunakan laser mungil untuk memindai permukaan membran dari beberapa kupu-kupu. Mereka menemukan bahwa bunyi dengan frekuensi yang lebih rendah antara 1.000 hingga 5.000 Hz menyebabkan getaran berfokus pada sebuah titik di bagian luar membran. Sementara bunyi dengan frekuensi yang lebih tinggi di atas 5.000 Hz menyebabkan seluruh membran bergetar.

Sumber : berbagai blogger
Posting : This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it

Ilmuwan Peringatkan "Keadaan Darurat Kemanusiaan"

London, SUARA PEMBANGUNAN

Ilmuwan terkemuka pada Kamis menyerukan KTT Rio mendatang akan bergulat dengan penyakit lingkungan yang kata mereka menunjuk ke "keadaan darurat kemanusiaan dalam skala global."

Dalam sebuah deklarasi "State of the Planet" yang dikeluarkan setelah konferensi empat hari, para ilmuwan mengatakan Bumi sekarang menghadapi tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya, dari air, polusi dan hilangnya spesies dalam rantai makanan.

Mereka meminta tindak lanjut KTT Bumi 1992 pada 20-22 Juni untuk merombak tata kelola lingkungan dan menyapu sebuah fiksasi dengan PDB (Produk Domestik Bruto) sebagai barometer tunggal kesejahteraan.

"Fungsi berkelanjutan dari sistem Bumi telah telah kesejahteraan peradaban manusia di abad-abad terakhir yang berisiko," kata pernyataan yang dikeluarkan di Konferensi "Planet Under Pressure".

"Ancaman-ancaman ini berisiko pada intensifikasi ekonomi, krisis ekologi dan sosial, menciptakan potensi untuk darurat kemanusiaan dalam skala global."

Konferensi ini mengumpulkan hampir 3.000 ilmuwan lingkungan, ekonom, eksekutif bisnis dan pembuat kebijakan dalam Konferensi PBB tentang Pembangunan Berkelanjutan di Rio.

Dalam pesan yang direkam, Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon mengatakan ia menyambut deklarasi, dan mengatakan bahwa "waktu yang ... tidak bisa lebih baik."

"Perubahan iklim, krisis keuangan dan pangan, air dan energi keamanan mengancam kesejahteraan manusia dan peradaban seperti yang kita tahu," katanya.

Ban menambahkan bahwa ia sedang mempertimbangkan menunjuk sebuah badan ilmiah atau penasihat ilmiah utama untuk menasihatinya dan organ PBB lainnya.

Deklarasi konferensi mengatakan dampak manusia di Bumi sekarang begitu besar sehingga era baru - "yang disebut Anthropocene", sebuah istilah yang berasal dari kata Yunani untuk manusia - telah muncul.

Globalisasi telah menunjukkan bahwa ekonomi dan masyarakat sekarang "sangat saling berhubungan dan saling tergantung," katanya.

Perubahan ini telah membawa stabilitas dan inovasi tetapi menciptakan sebuah sistem yang rentan terhadap stres mendadak, seperti krisis keuangan global dan lonjakan harga pangan yang telah ditampilkan.

Sumber : antaranews.com
Posting : This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it
Artikel Lainnya...

Follow Us

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday73
mod_vvisit_counterYesterday158
mod_vvisit_counterThis week231
mod_vvisit_counterLast week842
mod_vvisit_counterThis month2399
mod_vvisit_counterLast month3527
mod_vvisit_counterAll days1153602

We have: 35 guests online
Your IP: 54.144.57.183
 , 
Today: Nov 20, 2017