10 akhir Ramadhan menunjukkan tingkat keimanan kita, sudahkah khatam Al Qur'an ? atau Ramadhan kali inipun berlalu seperti tahun lalu..

Teknologi

CARA AMAN BELANJA ONLINE

Dengan banyaknya pengguna internet yang melakukan transaksi jual beli secara online, semakin banyak pula kekhawatiran pengguna internet dengan keamanan bertransaksi online. Ditambah, setiap hari kasus penipuan karena berbelanja online semakin marak dikabarkan melalui mediasosial. Padahal, dengan belanja online, pengguna dapat menghemat waktu lebih banyak jika dibandingkan dengan berbelanja di mall, bisa mendapatkan harga lebih murah karea si penjual tidak ada biaya sewa toko.

Jika kamu membutuhkan tips aman berbelanja online, berikut beberapa cara yang dapat kamu terapkan:

1. Tidak menggunakan komputer bersama dan tidak melakukan transaksi online di sembarang gadget

Hati-hati jika kamu bertransaksi di komputer yang digunakan banyak orang, misalnya di warnet, kantor, kampus, atau menggunakan laptop teman. Karena segala aktivitas internet kamu, termasuk berbelanja online, dapat terlihat oleh orang lain melalui history atau riwayat browser yang kamu gunakan. Data-data pribadi seperti alamat email, password, nomor kartu kredit, dll adalah hal-hal yang berhubungan dengan belanja online sehingga kamu perlu menjaga data tersebut tidak tersebar luas. Jika kamu hanya dapat berbelanja online dengan menggunakan komputer publik, maka pastikan untuk menghapus riwayat setelah selesai. Hal ini untuk menjaga data kamu tetap aman sehingga kamu dapat berbelanja dengan nyaman.

2. Update semua password secara berkala

Selalu update semua password yang kamu gunakan secara berkala, misalnya setiap satu bulan sekali. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, setiap aktivitas internet kamu dapat dilihat melalui riwayat. Sehingga kamu perlu untuk melakukan update agar tidak memberikan kesempatan orang lain untuk 'membajak' akun kamu. Nggak mau kan, tagihan bulanan 'jebol' karena orang lain dapat belanja dengan akun kamu.

3. Hati-hati mengklik setiap email yang tidak dikenal

Semakin banyak situs belanja online yang kamu ikuti, semakin banyak pula email penawaran dan diskon yang akan masuk ke inbox kamu. Hati-hati setiap meng-klik email yang masuk. Sebelum membuka email tersebut, pastikan bahwa pengirim email adalah toko online yang kamu kenal dan memang kamu ikuti. Hal ini semakin memperkecil kemungkinan terjadi pembajakan data atau penyebaran link yang tidak bertanggung jawab yang dapat merugikan kamu.

4. Cari toko online atau e-commerce yang keamanan data dan transaksinya terjaga

Ini adalah yang paling penting: kamu harus belanja ditempat yang terpercaya! Pastikan website tempat kamu berbelanja adalah tempat yang terpercaya untuk berbelanja online. Seperti di www.saya.pro yang memiliki domain sendiri, sistem pembayaran yang jelas, customer service yang mudah dihubungi, pelayanan yang baik dan ramah. Jika sempat, cari rekomendasi dari pengalaman belanja orang lain. Sehingga kamu dapat memastikan website tersebut aman untuk berbelanja.

Selamat berbelanja online dengan aman

www.saya.pro

Bahayanya Sepeda Motor Di Jalan Layang

Jakarta, SUARA PEMBANGUNAN.
Jalan Layang Non Tol baru-baru ini memakan korban. Padahal rambu larangan bagi sepeda motor sudah jelas terpampang. Kenapa dilarang ? nah ini penjelasannya. Mengemudikan motor di jalan layang pada ketinggian yang cukup memang sangat beresiko. Tentu ada alasan mengapa itu dikatakan berisiko bagi pengendara motor. Pembuatan jalan layang atau jembatan sudah memperhitungkan berbagai faktor, salah satunya beban angin.

Heru Sowondo, Kepala Seksi Simpang Tak Sebidang Dinas PU DKI Jakarta, Kamis 30 Januari 2013 menjelaskan, selain beban angin, pembuatan jalan layang dan jembatan juga memperhitungkan faktor beban struktur bangunan juga beban kendaraan yang melaju di atas jalan pada ketinggian sampai koefisien gempa.
Ia mengatakan, pada ketinggian, beban angin tergolong besar. "Memang sebaiknya motor nggak di situ, karena anginnya besar dan berbahaya," jelas Heru Sowondo, Kepala Seksi Simpang Tak Sebidang Dinas PU DKI Jakarta, Kamis 30 Januari kepada wartawan.

Heru menambahkan, semua faktor itu dimasukkan dalam perhitungan pembangunan jalan layang dan jembatan dari awal. Ia mengakui perhitungan beban itu rumit dan detail, tidak sembarangan.
"Saat dibuat, ada pertimbangan beban angin, beban kendaraan, sampai bangunan sehingga kuat. Koefisien angin, kami memakai beban angin maksimum supaya tidak goyang," katanya.
Perhitungan berbagai beban itu biasanya dilakukan oleh konsultan pembangunan. "Beban dihitung dari atas ke bawah sehingga kami bisa memasukkan fondasi jalan layang. Tentu di sana kami melibatkan beberapa ahli," kata dia.

*Sumber : vivanews.com

VW Siap Luncurkan Mobil Sport

Jerman, SUARA PEMBANGUNAN.

Raksasa otomotif Jerman, Volkswagen, punya rencana ambisius, yakni mengembangkan mobil sport ringan atau mobil balap dengan menggunakan mesin motor superbike Ducati Panigale.

Melansir Visordown, Rabu 2 Oktober 2013, proyek baru ini telah diumumkan bos VW, Ferdinand Piech, yang merupakan miliarder asal Austria. Dia diketahui baru melakukan akuisisi terhadap Ducati melalui anak perusahaannya, Audi, sebagai hadiah ulang tahun ke-75.

Model ini didasarkan pada mobil hibrida super mahal XL1 dengan bodi dari serat karbon, mesin dengan produksi terbatas, serta konsumsi bahan bakar yang sangat ekonomis.

Model yang disebut VW, XL Sport itu akan dibekali mesin berkapasitas 800cc twin-silinder diesel yang dikombinasikan teknologi hibrida elektrik paling mutakhir. 

Konsumsi bahan bakar pun ekonomis hingga 313 mpg (meter per galon). Mesin itu dikawinkan dengan transmisi ganda (dual-clutch).

Nantinya, XL Sport diklaim lebih ringan dibanding XL1, sekitar 794 kilogram. Saat ini, mobil dengan desain mirip XL1 itu masih dalam tahap pengembangan awal. Diproyeksikan harganya mulai 111.000 euro atau sekitar Rp1,7 miliar.*sumber :vivanews.com

Bulan Depan Youtube Bisa diakses tanpa Internet

Jakarta, SUARA PEMBANGUNAN.

Akses ke video streaming YouTube memang mengesankan. Per bulan, total durasi akses video streamingdi situs itu mencapai enam miliar jam.

Tapi, YouTube tidak lantas puas. Layanan video milik Google itu siap memperluas akses YouTube. Jadi, bagi Anda yang memiliki ponsel tapi tak setiap hari tersambung dengan Internet, mungkin akan sangat gembira. 

Pasalnya, dilansir AllThingsD, 19 September 2013, YouTube mengumumkan, mulai bulan depan akan membiarkan pengguna menyimpan video streaming pada ponsel maupun perangkat lain selama 48 jam alias dua hari. Lalu pengguna bisa menjalankan konten itu saat mereka offline atau terputus dari Internet. Asyik bukan?

"Kami selalu mencari cara untuk membawa lebih banyak pemirsa untuk konten Anda. Fitur yang akan datang memungkinkan orang untuk menambahkan video ke perangkat mereka untuk menonton jangka pendek saat koneksi Internet tak tersedia," tulis juru bicara YouTube dalam blog.

"Ini adalah bagian dari pembaharuan berkelanjutan kami untuk memberikan kesempatan lebih banyak orang guna menikmati video dan saluran YouTube pada ponsel," tambahnya.

YouTube dikatakan menggratiskan video yang disimpan itu, tapi Google akan menjalankan iklan dalam video ini. Selain itu, video juga akan tersedia dalam aplikasi mobile.

Langkah ini menjadi revolusi besar di badan perusahaan yang berusia delapan tahun itu. Sebab, untuk akses konten, pengguna selama ini disyaratkan harus online alias terhubung dengan Internet. 

Manfaat menonton YouTube offline ini pun dirasakan langsung oleh pengguna, bisa melihat video di manapun, saat berkendara atau saat berada dalam perjalanan, yang mana jumlahnya mencapai seperempat dari total view video di YouTube. Atau lebih dari satu miliar view video per hari diakses melalui perangkat mobile.

*sumber : vivanews.com

Sejarah Kebohongan Agama

Cuplikan film “Innocent of Muslims” baru-baru ini menyebabkan kerusuhan gara-gara menggambarkan Nabi Muhammad sebagai seorang cunihin, penganiaya anak dan penjahat. Beberapa orang Amerika, termasuk duta besar Amerika Serikat untuk Libya, Chris Stevens, tewas dalam aksi protes terhadap film tersebut.

Tetapi di balik kemarahan tersebut, masih belum jelas apakah film itu benar-benar ada. Yang baru ada hanyalah cuplikannya. Investigasi terhadap “film” anti-Islam tersebut sedang dilakukan, tapi masih belum ditemukan bukti apakah film itu ada atau hanya sebuah kebohongan.

Orang membuat kebohongan karena banyak alasan, tapi ketika penipuan dipadukan dengan hal yang berhubungan dengan agama hasilnya bisa menjadi menjadi sesuatu yang lucu hingga menjadi hal yang mematikan.

Berikut adalah tujuh sejarah kebohongan tentang agama:

1. Protokol tetua Zion
Mungkin ini adalah kebohongan tentang agama yang paling terkenal dan jahat dalam sejarah, “The Protokol of the Learned Elders of Zion” adalah sebuah buku yang seharusnya mengungkapkan sebuah rahasia konspirasi orang Yahudi untuk menguasai dunia.

Buku itu pertama kali muncul di Rusia pada 1905, dan meskipun buku tersebut telah dicap sebagai pemalsuan, buku itu masih terus dicetak dan tetap beredar. Banyak orang menudukung kebohongan tersebut, termasuk aktor Mel Gibson, Adolf Hitler, dan pemilik perusahaan mobil Henry Ford, yang pada 1920 membiayai penerbitan setengah juta kopi buku itu.

2. Kain kafan dari Turin (Shroud of Turin) dan relik suci lainnya

Meskipun banyak orang percaya bahwa Shroud of Turin Italia adalah kain kafan pemakaman Yesus, Ada bukti menarik bahwa kain kafan tersebut faktanya adalah sebuah kebohongan, termasuk surat pada 1389 dari Uskup Prancis Pierre d’Arccisto French Bishop Pierre d'Arcisto Pope Clement yang menyatakan bahwa seorang pelukis mengaku bahwa dia menulis surat tersebut.

Memang, bukti dari uskup tersebut sangat meyakinkan bahkan Pope Clement mengakui hal itu sebagai sebuah pemalsuan — salah satu peninggalan suci palsu yang tidak terhitung jumlahnya yang terus beredar saat itu. Usia karbon yang terdapat pada shroud of Turin ternyata tidak sama dengan saat penguburan Kristus tetapi dibuat 14 abad kemudian — tepatnya ketika seorang pemalsu mengaku membuat kain kafan itu. Bahkan yang lebih meragukan lagi, tidak ada catatan keberadaan kain kafan tersebut sebelumnya.

Jika itu adalah benar kain kafan penguburan Yesus Kristus, hal tersebut terlihat meragukan karena tidak ada satu orang pun yang mengetahui tentang kain itu selama 1300 tahun. Meskipun masih banyak orang percaya keasliannya, bukti sejarah dan ilmiah menunjukkan Shroud of Turin mungkin adalah sebuah kebohongan. Seperti ditulis peneliti Joe Nickell di dalam bukunya “Relics of the Jesus” (The University Press of Kentucky, 2007), kain kafan yang ditampilkan di Turin hanya salah satu dari lebih dari 40 kain kafan Yesus yang semua diklaim asli.

3. Raksasa Cardiff

Ketika para petani sedang mencangkul di Cardiff, New York, mereka menemukan sebuah fosil orang pada 1869 yang dianggap sebagai sesuatu yang luar biasa. Cardiff Giant, nama populer fosil itu, adalah sebuah figur yang nyata dengan dimensi seperti manusia — kecuali tingginya yang hampir mencapai 3 meter. Itu sangat unik tapi figur tersebut menjadi perdebatan publik.

Sebagian orang percaya itu adalah ukiran batu, tapi siapa yang akan membuat ukiran batu itu beberapa tahun lalu yang dikubur sangat dalam di bawah tanah? Sebagian orang lainnya, termasuk pastor lokal, yakin bahwa figur tersebut adalah bukti dari kebenaran harfiah dari kitab Injil, terutama pada Genesis 6:4 (“Ada raksasa di bumi pada saat itu” KJV).

Akhirnya, salah satu dari raksasa yang disebutkan di dalam kitab tersebut, ditemukan di lahan pertanian desa di New York! Itu adalah kebohongan yang cerdas yang dibuat seorang laki-laki bernama George Hull yang telah menanam batu ukiran yang kemudian ditemukan para petani, yang membuktikan bahwa apa yang dijelaskan ahli literatur kitab Injil salah.

4. Permainan sulap guru India Sai Baba

Salah satu pemimpin spiritual paling berpengaruh di India, Satya Sai Baba meninggal tahun lalu pada usia 84 tahun. Selama lebih dari lima dekade guru kharismatik tersebut memesona dan membuat para pengikutnya tertegun dengan menunjukkan keajaiban kecil, termasuk membuat abu suci, jam tangan, patung, kalung dan cincin yang terlihat keluar dari udara.

Namun, para penyelidik yang meragukan keajaiban tersebut termasuk Basava Premanand dari Federation of Indian Rationist Associations menuduh Sai Baba menggunakan trik-trik sulap, dan mengatakan semua benda kecil tersebut mudah disembunyikan di dalam tangan dan jubah dengan lengan yang panjang.

Setidaknya dalam satu kasus Sai Baba terlihat dalam film yang dibuat penyelidik Professor Richard Wiseman yang secara rahasia menarik benda-benda kecil dari pengikutnya sambil berpura-pura benda tersebut entah datang dari mana.

5. Penemuan bahtera Nabi Nuh
Usaha menemukan bukti sejarah dan arkeologi dari kejadian tersebut di Injil sering dilakukan dan sebagian mengklaim menemukan bahtera nabi Nuh. Meskipun banyak orang mengatakan penemuan kapal tersebut adalah sebuah kebohongan, pada 1993 seorang pria membuat kebohongan di CBS TV dia acara yang berjudul “The Incredible Discovery of Noah's Ark”.

Acara tersebut menampilkan seorang pria bernama George Jammal, yang mengatakan telah menemukan kapal di sebuah pegunungan di Turki. Sebagai bukti dari penemuannya tersebut, dia dengan bangga menampilkan potongan kayu dari kapal tersebut. Kayu tersebut faktanya adalah kayu pinus yang diasinkan dalam saus kecap, dan Jammal adalah seorang aktor yang bahkan tidak pernah pergi ke Turki.

6. Makam James, Saudara Yesus

Pada 2002 seorang penjual barang-barang antik di Israel mengatakan telah menemukan sebuah kuburan dari batu kapur (digunakan untuk menahan tulang orang yang sudah meninggal) dengan sebuah prasasti dalam bahasa Aramik di salah satu sisi kotak yang mengidentifikasi isinya (kosong) sebagai “James, putra dari Yusuf, Saudara Yesus.”

Penemuan tersebut menjadi pemberitaan internasional karena jika itu benar, mungkin bisa memberikan bukti arkeologi untuk Yesus Kristus. Namun, banyak arkeolog merasa ragu karena beberapa alasan, termasuk karena tidak jelas asal (sejarah) benda tersebut dan karena pola ukiran mawar pada makam di sisi lain telah rusak termakan waktu, sementara tulisan di sekitar prasasti yang masih terlihat jelas menunjukkan bahwa tulisan tersebut baru saja ditambahkan.

Pembersih kapur juga terlihat digunakan pada tulisan tersebut agar terlihat lebih tua dari yang sebenarnya. Pada 2003 pihak otoritas barang antik di Israel menerbitkan laporan yang menyimpulkan bahwa prasasti tersebut adalah pemalsuan ukiran modern di makam tua.

7. Tuhan Bicara kepada Peter Popoff Melalui Radio Gelombang Rendah
Salah satu “televangelis” paling terkenal pada 1980-an adalah Peter Popoff, yang selama khutbah dan kesaksiannya, akan menyebut nama dan alamat rumah penonton yang belum pernah dia temui sebelumnya. Dia bahkan mengetahui detail profil orang seperti penyakit yang diderita anggota keluarga atau nama orang-orang yang telah meninggal. Tampaknya Popoff mendapat pesan tersebut dari Tuhan atau malaikat, dan hal itu membuat penonton dan pengikutnya sangat terkesan.

Pada 1986, pesulap James “The Amazing” Randi mendengar tentang kemampuan menawan Popoff dan memutuskan untuk melakukan penyelidikan. Randi mencatat setiap hal kecil yang mungkin tidak diperhatikan orang lain: Popoff memakai alat bantu dengar atau earphone. Dengan sebuah scanner radio, Randi menemukan bahwa Popoff sebenarnya mendapat informasi biografi tentang penonton dari istrinya (yang berbicara lebih dulu kepada penonton) menggunakan radio. Skandal tersebut menodai jabatannya sebagai pendeta, tapi dia akhirnya berhasil bangkit dan tetap aktif sampai sekarang.

Sumber : benjaminradford.com
Benjamin Radford adalah wakil editor majalah ilmu pengetahuan Skeptical Inquirer.

Artikel Lainnya...

Follow Us

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday104
mod_vvisit_counterYesterday62
mod_vvisit_counterThis week250
mod_vvisit_counterLast week1041
mod_vvisit_counterThis month1465
mod_vvisit_counterLast month4129
mod_vvisit_counterAll days1156797

We have: 38 guests online
Your IP: 107.20.120.65
 , 
Today: Des 12, 2017