10 akhir Ramadhan menunjukkan tingkat keimanan kita, sudahkah khatam Al Qur'an ? atau Ramadhan kali inipun berlalu seperti tahun lalu..

Pendidikan

Menko Kesra serahkan bantuan untuk siswa miskin Sulbar

Menko Kesra Agung Laksono akan menyerahkan bantuan beasiswa miskin kepada 5.796 orang pelajar di Provinsi Sulawesi Barat.

Gubernur Sulbar Anwar Adnan Saleh di Mamuju, Rabu, mengatakan, Menkokesra akan berkunjung ke daerah itu pada Sabtu (18/2), dalam rangka memberikan beasiswa yang sangat dibutuhkan siswa untuk keberlanjutan pendidikan mereka.

Ia mengatakan, selain memberikan beasiswa miskin Menkokesra juga akan memberikan bantuan biaya operasional sekolah kepada 28.678 orang siswa di Sulbar untuk meningkatkan pelayanan pendidikan.

Menurut dia, Menkokesra ke Sulbar juga dalam rangka memantau sejumlah keberhasilan program pemerintah pusat di Sulbar yang berkaitan dengan upaya peningkatan kesejahteraan rakyat diantaranya program nasional pemberdayaan masyarakat (PNPM).

Selain itu kata dia, meninjau program usaha agrobisnis pedesaan (PUAP) yang berkaitan dengan upaya pemberdayaan petani dalam meningkatkan pembangunan di sektor pertanian.

Menkokesra juga kata dia, akan menyerahkan sejumlah bantuan kendaraan sosial sebanyak tiga unit mobil yang diantaranya adalah mobil rescue komando, yang akan digunakan para petugas penanggulangan bencana BPB Sulbar melakukan penanggulangan bencana.

Kemudian bantuan truk serbaguna untuk mengangkut kebutuhan pangan bagi korban bencana serta mobil ambulans untuk mengangkut korban bencana.

Ia mengatakan, bantuan tersebut diharapkan nantinya dapat dimanfaatkan dalam rangka semakin meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat Sulbar dan mengurangi dampak sosial seperti kemiskinan.
(T.KR-MFH/M027)

Belanda tawarkan beasiswa master bisnis terkeren

Ingin mendapatkan gelar MBA bisnis di Belanda dengan biaya murah tapi keren banget? Cobalah Beasiswa Orange Tulip.

Beasiswa ini diselenggarakan oleh tiga kampus bisnis terbaik di Belanda dan satu perusahaan multinasional terkemuka yang mendunia, Air France-KLM.

Ketiga kampus bisnis ini adalah Nyenrode Business Universiteit, TiasNimbas Business School dan Amsterdam Business School.

Program beasiswa yang diprakarsai Nuffic Neso Indonesia ini dibentuk untuk membantu siswa Indonesia dalam mewujudkan ambisinya memperoleh pendidikan bisnis kelas dunia, sekaligus menjadi profesional kreatif dan berkoneksi luas.

"Belanda adalah salah satu tempat terbaik di dunia untuk belajar program bisnis," kata Direktur Nuffic Neso Indonesia Mervin Bakker kepada sejumlah wartawan tadi siang.

Tahun ini untuk kali pertama Indonesia ditawari beasiswa yang sebelumnya ditawarkan dan sukses di China, Taiwan, Korea Selatan dan Meksiko ini.

"Kelebihan dari beasiswa ini dari beasiswa-beasiswa lain yang disediakan Belanda adalah semua orang bisa melamarnya, tak tergantung kepada jurusan dan latar belakang pelamar," sambung Bakker.

Bakker menyebut skema beasiswa ini penting dalam menghubungkan dunia bisnis dari dalam dan luar kelas untuk mempersiapkan seseorang dalam menerjuni lingkungan kerja global yang kompetitif.

Program master berlama studi satu tahun ini menawarkan total paket dana beasiswa sebesar 85.250 euro, ditambah tiket pesawat Jakarta - Belanda pp 2.000 euro. Kalau dirupiahkan dengan asumsi 1 euro = Rp12.000, maka nilainya setara Rp1,047 miliar.

Aplikasi untuk beasiswa ini dibuka mulai 20 Februari sampai 30 April nanti.

Para peserta program beasiswa ini nantinya akan memperoleh gelar MBA dan MSc Administrasi Bisnis, serta MBA dan MSc Manajemen. (*)

Publikasi karya ilmiah jadi syarat lulus sarjana

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh menegaskan publikasi karya ilmiah dalam jurnal menjadi syarat kelulusan mahasiswa perguruan tinggi termasuk program sarjana.

"Memang kami menerima masukan dan keberatan terkait itu (publikasi karya ilmiah, red.). Kami menangkap berbagai pandangan, baik yang setuju dan tidak," katanya di Semarang, Rabu (15/2) malam.

Hal itu disampaikannya usai Rapat Koordinasi Terpadu "Penguatan Pelaksanaan Penjaminan Mutu Pendidikan dan Deklarasi Ujian Nasional (UN) Jujur Berprestasi, dan Pendidikan Antikorupsi" di Gedung Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Jawa Tengah, Semarang.

Ia menjelaskan, kebijakan publikasi karya ilmiah bagi mahasiswa yang diterapkan pada lulusan setelah Agustus 2012 itu memang dimaksudkan untuk menggenjot budaya menulis di kalangan perguruan tinggi yang selama ini masih sangat minim.

"Indonesia saat ini memiliki setidaknya 5,3 juta mahasiswa. Dari jumlah (mahasiswa, red.) sebanyak itu, ternyata hasil karya ilmiahnya sedikit. Berarti ada sesuatu yang tidak masuk akal, bagaimana mungkin mahasiswa sebanyak itu hanya menghasilkan sedikit artikel ilmiah," katanya.

Perguruan tinggi, kata dia, menghasilkan dua komponen, yakni lulusan (orang) dan karya ilmiah yang tentunya harus dipublikasi agar bisa dibaca semua orang dan menciptakan dialektika keilmuan yang nantinya berimplikasi positif terhadap kualitas perguruan tinggi.

Artikel atau karya ilmiah yang dipublikasikan dalam jurnal, kata dia, merupakan rangkuman dari apa yang dibahas dalam skripsi atau tugas akhir mahasiswa sehingga tidak sulit untuk melakukannya, apalagi jika nantinya penulisan dan publikasi karya ilmiah sudah menjadi tradisi akademik di Indonesia.

"Mahasiswa menempuh pendidikan program strata 1 (S1) selama empat tahun, `masak` tidak bisa menulis artikel atau karya ilmiah. Kalau sudah jadi (karya ilmiah, red.) tinggal memasukkannya dalam jurnal, boleh yang bersifat `hardcopy` atau jurnal `online`," katanya.
(KR-ZLS)

UGM, ITB , UI termasuk dalam daftar 100 perguruan tinggi terbaik Asia

Semarang (Suara Pembangunan) - Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Universitas Indonesia tetap berada dalam daftar 100 perguruan tinggi (PT) terbaik Asia dan masuk pula dalam kelompok 500 PT terbaik dunia versi Webometrics.

Menurut laporan pemeringkatan yang dikutip dari webometrics.com, Selasa, per Januari 2012, UGM menempati posisi 30, disusul ITB di urutan 33, dan UI peringkat 53.

Di jajaran PT elite dunia, menurut Webometrics, ketiga PTN tersebut juga masuk dalam kelompok 500 perguruan tinggi terbaik dunia, meskipun peringkatnya masih ratusan. UGM menempati posisi 249, disusul ITB (277), dan UI di urutan 365.

Sejak 2004, Webometrics melakukan pemeringkatan PT dan sampai kini tercatat sudah 20.300 PT di dunia yang diperingkat. Setahun dua kali (Januari dan Juli) Webometrics mengumumkan hasil pemeringkatannya.

Selama bertahun-tahun, UGM, ITB, dan UI masuk dalam daftar 100 PT terbaik Asia, setidaknya menurut versi Webometrics.

Rektor Universitas Diponegoro Semarang, Prof Sudharto Prawata Hadi, mengatakan Undip sudah menegaskan komitmennya menjadi universitas berkelas dunia, karena itu akan terus berbenah diri untuk mencapai prestasi puncak.

Lima besar PT terbaik Asia didominasi Taiwan. Menurut Webometrics per Januari 2012, National Taiwan University berada di posisi puncak dengan posisi dunia di urutan ke-42. Posisi kedua diduduki Tokyo University dan berada di peringkat ke-46 dunia.

National Cheng Kung University Taiwan (3 dan 63), National Chiao Tung University (4 dan 72), dan Kyoto University (5 dan 77). (ANT)

Follow Us

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday242
mod_vvisit_counterYesterday158
mod_vvisit_counterThis week400
mod_vvisit_counterLast week842
mod_vvisit_counterThis month2568
mod_vvisit_counterLast month3527
mod_vvisit_counterAll days1153771

We have: 63 guests online
Your IP: 23.20.162.200
 , 
Today: Nov 20, 2017