10 akhir Ramadhan menunjukkan tingkat keimanan kita, sudahkah khatam Al Qur'an ? atau Ramadhan kali inipun berlalu seperti tahun lalu..

Politik

Angel Lelga Menantang Puan Maharani

Jakarta, SUARA PEMBANGUNAN.

Dapil V Jateng merupakan dapil neraka, karena di tahun 2009 PPP tidak mendapatkan kursi disana dan untuk tahun ini ada inkumben yang maju yakni Puan dan Aria Bima dari PDIP. Namun caleg mualaf Angel Lelga tak gentar untuk bersaing di dapil ini.

Wanita berdarah Kalimantan–Tionghoa ini mengaku memilih sendiri dapilnya karena tertantang untuk berupaya sungguh-sungguh.

“Ketua umum saya ingin menempatkan saya di dapil yang sudah ada dua suara, artinya tanpa kerja keras pun saya yakin akan mudah ke Senayan. Tapi saya tanya di mana dapil yang belum ada kursi, dia bilang dapil V Jawa Tengah, jadi saya bilang mau di sana,” kata Angel kepada wartawan, Selasa (28/1) pekan lalu di Kuningan, Jakarta Selatan.

Alasan lainnya, Angel ingin proses berpolitiknya di wilayah tersebut sekaligus menjadi ajang untuk mendalami keislamannya. Menurut dia gagalnya PPP mendapat suara di Jawa Tengah V, karena umat Islam di daerah tersebut tidak bersatu.

Dia berani nekat meskipun terbilang pendatang baru dalam bidang politik. Menurutnya ini adalah satu perjuangan tersendiri sebagai seorang mualaf. “Saya memilih partai Islam dari sekian banyak partai yang mengajak saya, karena bagi saya ini juga jadi perjuang tersendiri sebab untuk jadi mualaf itu tidak gampang,” kata wanita yang kini sudah berhijab itu.

Duit yang digunakan Angel untuk bertarung merebut suara dari Dapil V Jateng lumayan besar meski ia enggan merinci jumlahnya. Dia berkilah, banyak dan kecil jumlah uang yang ia gelontorkan bukanlah suatu ukuran jika dilakukan dengan ikhlas.

Angel mengaku hingga kini uang yang dia gelontorkan selama blusukan di Jawa Tengah V berasal dari kantungnya sendiri. Dia belum mau menerima sumbangan dari donatur, karena khawatir kelak terjerat korupsi.

Apalagi sebagai seorang public figure, ia mengaku memiliki modal selain uang. Salah satunya mendekati konsituen yakni dengan cara menyanyi.

“Misalnya hadir di pesta perkawinan dan nyanyi tanpa dibayar, itu kan sudah sosialisasi. Jadi saya punya cara-cara mendekati masyarakat agar mereka senang dengan saya, sehingga budget kampanye saya tidak luar biasa,” kata perempuan kelahiran Sragen, 1 Januari 1984 itu.

*sumber : detik.com

Mukernas PPP di Bandung, 7-9 Februari

Jakarta, SUARA PEMBANGUNAN.

Partai Persatuan Pembangunan akan menetapkan calon presiden 2014 dalam musyawarah kerja nasional pada 7-9 Februari 2014 di Bandung.

"Karena empat bulan terakhir di internal dinamikanya terus menerus," kata Wakil Ketua Umum PPP Lukman Hakim Saifuddin, di Gedung DPP PPP, Jakarta Pusat, Senin 3 Februari 2014.

Menurutnya, dalam mukernas itu akan didengarkan masukan peserta terkait calon presiden yang akan diusung partai.

Pandangan di internal, kata Lukman, ada beragam nama yang muncul. Namun, yang paling kuat adalah Ketua Umum Suryadharma Ali. "Bahkan menjadi satu-satunya kandidat, tetapi ada juga nama lain," ujar dia.

Selain itu, kata Lukman, agenda mukernas ini juga akan membahas soal persiapan Pemilu 2014. Sehingga, wajib dihadiri oleh seluruh kader, pimpinan majelis partai, pakar, ketua DPP dan seluruh pengurus DPW, serta anggota fraksi.

"Kita akan mendengar laporan dari DPW dan mereka juga akan menyampaikan terkait persiapan Pemilu 2014" tutup Lukman Hakim Saifuddin.

Koalisi LSM Desak SBY Batalkan Dana Saksi Parpol

Jakarta, SUARA PEMBANGUNAN.
Koalisi untuk Akuntabilitas Keuangan Negara (KUAK) mendesak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tidak mengeluarkan kebijakan yang melegalkan pemberian dana saksi partai politik sebesar Rp 658,03 miliar yang berasal dari anggaran APBN 2014.

"Presiden selaku pemegang otoritas pengelolaan keuangan negara berkewajiban menjaga dan mengawal akuntabilitas APBN agar tidak dihambur-hamburkan dan dikorupsi," kata peneliti Indonesia Budget Center (IBC), Apung Widadi, dalam sebuah diskusi di Jakarta, Minggu (2/2/2014).

Selain itu, KUAK juga meminta KPK menyikapi rencana pemberian dana saksi dari APBN tersebut. "Hal itu penting untuk mencegah timbulnya korupsi anggaran pada pemilu dan agar bisa dideteksi lebih awal para pihak yang bertanggung jawab atas dana tersebut," ungkapnya.

Sementara Direktur Eksekutif Lima, Ray Rangkuti, mengatakan dana saksi parpol tidak jelas dasar hukumnya, baik UU Parpol maupun UU Pemilu.
"Hal ini harus dicegah demi demokrasi. Sudah cukuplah kita memiliki sederetan partai korup, jangan ditambah lagi dengan sederatan partai perampok yang akan semakin menggerus citra politik dan demokrasi," timpal Ray.

KUAK adalah organisasi lintas LSM yang terdiri dari ICW, Lingkar Madani untuk Indonesia (Lima), Transparansi Internasional Indonesia (TII), IBC, Komite Pemilih Indonesia (TePI), Yayasan Penguatan Partisipasi, Inisiatif dan Kemitraan Masyarakat Indonesia (Yappika), dan Perkumpulan Pemilu dan Demokrasi.

*sumber : liputan6.com

Parpol Tak Lapor Dana Kampanye Digugurkan

Jakarta, SUARA PEMBANGUNAN.

Setelah melaporkan sumbangan dana kampanye pada 27 Desember 2013, parpol kembali diwajibkan melaporkan penerimaan dan penggunaanya ke KPU hingga 2 Maret 2013. Parpol yang terlambat, kena sanksi tegas dibatalkan sebagai peserta pemilu.

"Paling lambat 2 Maret, keterlambatan melaporkan akan dibatalkan sebagai peserta Pemilu pada tingkatannya," kata Kepala Biro Hukum KPU, Nursyarifah, di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakpus, Sabtu (1/2/2014).

"Kalau DPP maka seluruh caleg DPR dibatalkan sebagai peserta pemilu, kalau DPW tidak melaporkan ke KPU provinsi maka seluruh caleg DPRD provinsi dibatalkan," ujarnya.

Menurut Nursyarifah, dua hal yang harus diserahkan ke KPU yaitu laporan penerimaan dan pengeluaran (penggunaan) dana kampanye, serta rekening khusus dana kampanye.

"Rekening khusus dana kampanye itu salah satu bagian dalam pelaporan, karena catatan peneriman dan pengeluaran itu ada di buku tabungan yang jadi lampiran," ujarnya.

Ketentuan pembatalan itu diatur dalam Undang-undang nomor 8 tahun 2012 dan diturunkan dalam Peraturan KPU nomor 17 tahun 2013 tentang dana kampanye.

Bagaimana dengan transaksi dana kampanye yang cash tidak melalui rekening? "Dalam Undang-undang, dana kampanye yang berbentuk uang (cash) harus ditempatkan dalam rekening khusus (dana kampanye)," kata dia.

"Kita tidak bicara itu (transaksi cash-red), tapi nanti auditor bisa melihat pada kepatuhan dan prosedur pelaporan dana kampanye yang telah disepakati," imbuh Nursyarifah.

Gita Mundur Bagian Dari Strategi PD

Jakarta, SUARA PEMBANGUNAN.

Keputusan Gita Wirjawan melepas jabatannya sebagai menteri perdagangan dicurigai bukan hanya sebagai langkah politik pribadi. Lebih luas lagi, langkah Gita itu diduga bagian dari kepentingan politik Partai Demokrat (PD) untuk mendongkrak popularitas dan elektabilitas.


Menurut Direktur Eksekutif Political Communication Institute, Heri Budianto, keputusan Gita mundur merupakan bagian dari desain politik bagi dirinya sendiri maupun PD. Heri pun menyebut untung rugi langkah Gita sudah dihitung betul.

Heri mengatakan, dampak positif dari keputusan Gita adalah mendongkrak popularitas dan elektabilitasnya dalam konvensi calon presiden (capres) PD. Gita memang sampai saat ini kalah bersaing dengan peserta konvensi lainnya.

Di sisi lain, kata Heri, keputusan ini juga memberikan pengaruh bagi PD. Yaitu menarik perhatian publik akan konvensi capres partai pimpinan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu. Karenanya Heri yakin SBY selaku presiden akan menyetujui keinginan Gita mundur dari jabatan mendag.

"Saya melihat Presiden SBY akhirnya menyetujui Gita Wirjawan mundur karena bisa jadi akan menguntungkan Demokrat," kata Heri kepada JPNN, Jumat (31/1).

Sedangkan sisi negatifnya, keputusan Gita mundur itu dari segi pemilihan waktu (timing) kurang tepat. Pasalnya, Gita mundur saat ramai polemik terkait impor beras Vietnam yang diduga melibatkan Kementerian Perdagangan. "Nah, akhirnya mundurnya Gita diplesetkan karena soal impor beras," ujar Heri.

Karenanya Heri menyebut langkah Gita akan menjadi blunder di tengah apresiasi yang muncul karena secara gentlemen bersedia mundur. "Negatif karena akan dikaitkan dengan soal impor," tandasnya

*sumber :plasa.msn.com

Artikel Lainnya...

Follow Us

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday226
mod_vvisit_counterYesterday158
mod_vvisit_counterThis week384
mod_vvisit_counterLast week842
mod_vvisit_counterThis month2552
mod_vvisit_counterLast month3527
mod_vvisit_counterAll days1153755

We have: 57 guests online
Your IP: 23.20.162.200
 , 
Today: Nov 20, 2017