10 akhir Ramadhan menunjukkan tingkat keimanan kita, sudahkah khatam Al Qur'an ? atau Ramadhan kali inipun berlalu seperti tahun lalu..

Bahayanya Sepeda Motor Di Jalan Layang

Jakarta, SUARA PEMBANGUNAN.
Jalan Layang Non Tol baru-baru ini memakan korban. Padahal rambu larangan bagi sepeda motor sudah jelas terpampang. Kenapa dilarang ? nah ini penjelasannya. Mengemudikan motor di jalan layang pada ketinggian yang cukup memang sangat beresiko. Tentu ada alasan mengapa itu dikatakan berisiko bagi pengendara motor. Pembuatan jalan layang atau jembatan sudah memperhitungkan berbagai faktor, salah satunya beban angin.

Heru Sowondo, Kepala Seksi Simpang Tak Sebidang Dinas PU DKI Jakarta, Kamis 30 Januari 2013 menjelaskan, selain beban angin, pembuatan jalan layang dan jembatan juga memperhitungkan faktor beban struktur bangunan juga beban kendaraan yang melaju di atas jalan pada ketinggian sampai koefisien gempa.
Ia mengatakan, pada ketinggian, beban angin tergolong besar. "Memang sebaiknya motor nggak di situ, karena anginnya besar dan berbahaya," jelas Heru Sowondo, Kepala Seksi Simpang Tak Sebidang Dinas PU DKI Jakarta, Kamis 30 Januari kepada wartawan.

Heru menambahkan, semua faktor itu dimasukkan dalam perhitungan pembangunan jalan layang dan jembatan dari awal. Ia mengakui perhitungan beban itu rumit dan detail, tidak sembarangan.
"Saat dibuat, ada pertimbangan beban angin, beban kendaraan, sampai bangunan sehingga kuat. Koefisien angin, kami memakai beban angin maksimum supaya tidak goyang," katanya.
Perhitungan berbagai beban itu biasanya dilakukan oleh konsultan pembangunan. "Beban dihitung dari atas ke bawah sehingga kami bisa memasukkan fondasi jalan layang. Tentu di sana kami melibatkan beberapa ahli," kata dia.

*Sumber : vivanews.com

Follow Us

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday113
mod_vvisit_counterYesterday114
mod_vvisit_counterThis week113
mod_vvisit_counterLast week842
mod_vvisit_counterThis month2281
mod_vvisit_counterLast month3527
mod_vvisit_counterAll days1153484

We have: 45 guests online
Your IP: 54.224.121.67
 , 
Today: Nov 19, 2017